Analisis Penerapan Perencanaan Sekolah Luar Biasa Negeri jember Berdasarkan Permendikbudristek Nomor 47 Tahun 2023
DOI:
https://doi.org/10.61722/jemba.v1i4.522Keywords:
Pendidikan Inklusif, Sekolah Luar Biasa (SLB), Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan perencanaan Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Jember berdasarkan Permendikbudristek Nomor 47 Tahun 2023, dengan fokus pada identifikasi faktor-faktor yang mendukung dan menghambat implementasi kebijakan pendidikan inklusif. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif melalui observasi dan dokumentasi, yang bertujuan untuk memahami fenomena sosial dalam konteks pendidikan anak berkebutuhan khusus (ABK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa SLB Negeri Jember menghadapi berbagai kendala, termasuk kurangnya guru terlatih, fasilitas yang tidak memadai, dan stigma negatif terhadap ABK. Meskipun terdapat upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, rekomendasi diberikan untuk memperbaiki sistem pendidikan inklusif agar semua anak dapat memperoleh pendidikan yang berkualitas.
References
Abe, A. (2021). Perencanaan dan penganggaran: Suatu pendekatan sistematik. [PDF].https://gemaperencana.id/index.php/JIGP/article/download/41/41/1162.
Ariastuti, R., & Herawati, V. D. (2019). Asuhan Mandiri Tanaman Obat Keluarga (TOGA) dalam Upaya Peningkatan Kesehatan Masyarakat Kecamata Banyudono Boyolali. Journal of Pharmaceutical and Medicinal Sciences, 4(2), 5-12.
Aqilah, N. (2015). Nur Aqilah, Astri Shepia, Fadila Tunnisa Basri, Muhammad Alwi, Ismail Latif. Ilmu Pendidikan, 8(1), 62-79.
Fatmariyanti, Y., Qurtubi, Q., & Bachtiar, M. (2024). Peran Pengawas Sekolah Selaku Pelaku Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Manajemen Pendidikan. Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 6(01), 47-58.
Hallahan, D. P., & Kauffman, J. M. (2006). Exceptional learners: An introduction to special education (10th ed.). Boston, MA: Allyn and Bacon.
HARAHAP, M. S. (2024). PELAKSANAAN STANDAR PENGELOLAAN PENDIDIKAN Di MADRASAH ALIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU).
Karima, N., & Midi, U. C. Implementasi Kurikulum Merdeka di Jenjang SD/SMP/SMA.
Kaka, P. W., & Dhiu, M. (2024). UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI SEKOLAH DASAR INPRES MALANUZATAHUN PELAJARAN 2023/2024. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(2), 527 540.
Maisaroh, A. A., & Untari, S. (2024). Transformasi Pendidikan Karakter Melalui Kebijakan Pemerintah Di Indonesia Menuju Generasi Emas 2045. Jurnal kebijakan pemerintahan, 18-30.
Mangunsong, F. (1998). Psikologi dan Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: LP3ES UI.
Narimawati, U., Sarwono, J., Sos, S., Affandi, H. A., & Priadana, H. S. (2020). Ragam Analisis dalam Metode Penelitian: untuk Penulisan Skripsi, Tesis, & Disertasi. Penerbit Andi.
Republik Indonesia. (2005). Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.
Republik Indonesia. (2008). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 33 Tahun 2008 tentang kriteria minimum ruang kelas pada Sekolah Luar Biasa. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
Republik Indonesia. (2021). Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Republik Indonesia. (2023). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 47 Tahun 2023 tentang Pendidikan Inklusif. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.