TANGGUNG JAWAB LINGKUNGAN DALAM BISNIS: STRATEGI BERETIKA UNTUK MASA DEPAN HIJAU
DOI:
https://doi.org/10.61722/jemba.v1i4.524Keywords:
Tanggung Jawab Lingkungan, Etika Bisnis, KeberlanjutanAbstract
Abstrak: Saat ini, sejumlah negara telah mewajibkan bisnis untuk mematuhi etika bisnis dan secara teratur memasukkan keberlanjutan serta tanggung jawab sosial dan lingkungan ke dalam operasi mereka. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengidentifikasi praktik bisnis yang mempromosikan tanggung jawab lingkungan dan penciptaan bisnis yang etis untuk masa depan yang lebih hijau. Studi ini mengumpulkan data menggunakan pendekatan kualitatif, termasuk tinjauan pustaka menggunakan dokumen, situs web, atau penelitian sebelumnya yang relevan. Reduksi data, penyajian data, dan perumusan kesimpulan adalah langkah selanjutnya dalam metodologi penelitian. Temuan studi menunjukkan bahwa bisnis harus mempertimbangkan dampak sosial dan lingkungan dari operasi mereka selain dampak finansial.
Kata Kunci: Tanggung Jawab Lingkungan, Etika Bisnis, Keberlanjutan.
Abstract: Presently, a number of nations have mandated that businesses adhere to business ethics and regularly incorporate sustainability and social and environmental responsibility into their operations. The purpose of this study is to identify business practices that promote environmental responsibility and ethical business creation for a greener future. This study collects data using a qualitative approach, including literature reviews using documents, websites, or pertinent prior research. Data reduction, data presentation, and conclusion formulation are the next steps in the research methodology. The study's findings demonstrate that businesses must consider the social and environmental effects of their operations in addition to the financial ones.
Keywords: Environmental Responsibility, Business Ethics, Sustainability.
References
Agung, A. S., Eko Yudiandri, T., Ernawati, H., & Adianto. (2022). Literasi Digital Pelaku Umkm Dalam Upaya Menciptakan Bisnis Berkelanjutan. Jurnal Komunikasi Pemberdayaan, 1(2), 87–103. https://doi.org/10.47431/jkp.v1i2.197
Bengu, H., Kelin, S. P., & Hadjon, R. P. (2024). Penerapan Etika Bisnis Dalam Kegiatan Umkm Di Era Digital. TIMOR CERDAS – Jurnal Teknologi Informasi, Manajemen Komputer Dan Rekayasa Sistem Cerda, 2(1), 1–7.
Dharma Nurhalim, A. (2023). Pentingnya Etika Bisnis Sebagai Upaya dalam Kemajuan Perusahaan. Jurnal Ilmu Komputer Dan Bisnis, 14(2a), 11–20. https://doi.org/10.47927/jikb.v14i2a.536
Handoko, J., & Santoso, V. (2023). Pengaruh Akuntansi Hijau dan Kinerja Lingkungan terhadap Kinerja Keuangan dengan Tanggung Jawab Sosial sebagai Pemediasi. Nominal Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 12(1), 84–101. https://doi.org/10.21831/nominal.v12i1.56571
Hasda, M., Winario, M., Hidayat, H., & Zaim, M. (2024). Penerapan Strategi Bisnis Berkelanjutan Sesuai Dengan Prinsip Syariah Di Dhuafa Mart. Journal of Community Service and Empowerment, 1(1), 23–29.
Judijanto, L., Fajariana, D. E., Harsono, I., & Sutanto, H. (2024). Eksplorasi Penelitian Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dengan Pendekatan Bibliometrik. Sanskara Manajemen Dan Bisnis, 2(02), 115–123. https://doi.org/10.58812/smb.v2i02.369
Kusumaningrum, A. D., & Safitra, D. A. (2020). Era Ekonomi Berkelanjutan: Studi literatur tentang Gerakan Bisnis Berkelanjutan. Majalah Ilmiah Bijak, 17(1), 10–17. https://doi.org/10.31334/bijak.v17i1.821
Maulida, Novita, & Siti Femilivia Aisyah. (2024). Etika Bisnis Islam: Implementasi Prinsip Keadilan Dan Tanggung Jawab Dalam Ekonomi Syariah. El-Iqthisadi Jurnal Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Hukum Dan Syariah, 6(1), 49–61. https://doi.org/10.24252/el-iqthisady.vi.46740
Ni Putu Manik Julythiawati, & Putu Agus Ardiana. (2023). Pengaruh Pelibatan Pemangku Kepentingan dan Tanggung Jawab Sosial Pada Reputasi Perusahaan. Public Service and Governance Journal, 4(2), 239–246. https://doi.org/10.56444/psgj.v4i2.1016
Pratika, N. suci, Ningsih, S., & Pardanawati, S. L. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Perataan Laba. Jurnal Ilmiah Keuangan Akuntansi Bisnis, 1(3), 110–117. https://doi.org/10.53088/jikab.v1i3.20
Rahayu, I., Suwarna, A. I., Wahyudi, E., Asfahani, A., & Jamin, F. S. (2024). Pendidikan Lingkungan Hidup dengan Membentuk Kesadaran Lingkungan dan Tanggung Jawab Sosial di Kalangan Pelajar. Global Education Journal, 2(2), 101–110. https://doi.org/10.59525/gej.v2i2.344
Raodah, P., & Qindy, F. H. Al. (2024). Aspek Hukum Mengenai Tanggung Jawab Lingkungan Oleh Pelaku Usaha Di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science …, 4(1), 12297–12308. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/8737%0Ahttps://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/download/8737/6439
Satia Nur Maharani. (2020). SUSTAINABILITY REPORTING SEBAGAI MEDIA PERUSAHAAN DALAM MENGEMBANGKAN DAN MELAPORKAN KEBIJAKAN BISNIS BERKELANJUTAN. Universitas Islam Negeri AR-Raniry, 1(1), 85–125.
Sjioen, A. E., Amaludin, Rukmana, A. Y., Syamsulbahri, & Wahyudi, I. (2023). Bisnis Berkelanjutan dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan: Studi tentang Dampak dan Strategi Implementasi. Jurnal Bisnis Dan Manajemen West Science, 2(03), 239–248. https://doi.org/10.58812/jbmws.v2i03.557
Suprapto, Y., & Alvina, J. (2023). Peran Etika , Keberlanjutan , dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dalam Bisnis Internasional. SEIKO : Journal of Management & Business, 6(1), 598–607. https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.3966
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.