PENINGKATAN MINAT BACA ANAK MELALUI POJOK LITERASI PRA-BACA DI DESA DERSALAM

Authors

  • Syeh Priyadi Universitas Muria Kudus
  • Faizatus Salwa Universitas Muria Kudus
  • Ayu Cahyaningrum Universitas Muria Kudus
  • Ruth Natalia Susanti Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.61722/jipm.v2i6.489

Keywords:

Pre-Reading Literacy Corner, children's interest in reading, rattan weaving crafts

Abstract

Abstract. Dersalam village is a village located in Kudus Regency which has achieved advanced status but has not yet achieved the title of independent and intelligent village. Children's interest in reading and reading ability in Dersalam village is still relatively low when compared to surrounding villages. So there needs to be a solution to increase interest and enthusiasm for reading even higher. Therefore, the PPK ORMAWA UKM Muria Kudus University Debate Team held the program "Implementing GARASI (Generation Awareness of Literacy) through KAPTENT through the Pre-Reading Literacy Corner". This literacy corner program is carried out over a period of 6 months starting from July to November 2024 with 16 meetings held once a week on Saturdays at 15:00 WIB. with a learning curriculum to foster interest in reading and reading skills in children in Dersalam Village. As well as creating a new economy in the form of woven rattan crafts to create sustainable business opportunities accompanied by parents or adults.

Keywords: Pre-Reading Literacy Corner, children's interest in reading, rattan weaving crafts. 

Abstrak. Desa dersalam adalah desa yang terletak di kabupaten kudus yang mencapai status maju tetapi belum mencapai predikat sebagai desa mandiri dan cerdas. Minat baca dan kemampuan membaca anak-anak di desa Dersalam masih terbilang rendah jika dibandingkan dengan desa-desa sekitarnya. Maka perlu adanya solusi untuk meningkatkan minat dan semangat membaca lebih tinggi lagi. Maka dari itu Tim PPK ORMAWA UKM Debat Universitas Muria Kudus mengadakan program “Penerapan GARASI (Generasi Sadar Literasi) melalui KAPTENT melalui Pojok Literasi Pra-Baca”. program pojok literasi ini dilakukan dalam waktu 6 bulan yang dimulai bulan Juli sampai November 2024 dengan 16 kali pertemuan yang dilaksanakan seminggu sekali pada hari sabtu pada pukul 15:00 wib. dengan kurikulum pembelajaran untuk menumbuhkan minat baca dan kemampuan membaca anak-anak di Desa Dersalam. Serta pembuatan ekonomi baru berupa kerajinan anyaman dari rotan untuk menciptakan peluang usaha yang berkelanjutan dengan didampingi oleh orang tua atau orang dewasa. 

Kata Kunci: Pojok Literasi Pra-Baca, Minat Baca anak, Kerajinan Anyaman Rotan.

References

Afifah, S. N., Rosowati, A., Laila, R., Nadziroh, F. N., & Amanatin, H. (2023). Pengaruh Pengenalan Huruf Abjad Melalui Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Tarbiyatul Islamiyah. IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education, 3(2), 141-149.

Andina, E. (2017). Pentingnya literasi bagi peningkatan kualitas pemuda. Majalah Info Singkat Kesejahteraan Sosial, 9(21), 9-12.

Erlangga, R., Putri, F. P., Wardana, B. A., Noviana, R., Kiyato, P. L., & Al Fathin, H. (2022). Upaya Peningkatan Minat Baca Anak Usia Dini di Kelompok Belajar Jasmin Assalam Desa Gilirejo, Kabupaten Sragen melalui Metode SAS (Stuctural, Analythic, Syntatic) Media Bergambar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4).

Fitriani, D. R., Salasah, D. A. I., Handayani, N., Nurkamil, M. R., Saputri, B. C., Fuadiyan, L. A., ... & Hermana, W. (2024). Pelatihan Pembuatan Jamu Kunyit Serbuk di Desa Sinarsari Guna Mendukung Desa Cerdas dan Sehat. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 4(1), 259-266.

HAYATI, U., Daud, I., Ramadani, A. D., & Izzati, A. F. (2024). Edukasi Edukasi pada anak dalam upaya pencegahan Dermatitis MIM 3 Al-Furqon Banjarmasin. DIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 73-77.

Perangin-Angin, D. E., Thesalonika, E., & Purba, N. A. (2023). Pengaruh Kegiatan Literasi Dasar Terhadap Minat Baca Siswa Kelas V SD Negeri 094155 Rambung Merah. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 5941-5954.

Putri, W. A., Herlina, H., & Dalilan, D. (2019). Upaya Peningkatan Minat Baca Anak-Anak Desa Lubuk Mumpo Melalui Rumah Baca Di Desa Lubuk Mumpo Kecamatan Gunung Megang. Kreativitas: Jurnal PKM Ilmu Perpustakaan, 1(2), 51-60.

Santi, F. U., & Setyaningsih, N. (2023). Implementasi Pembuatan Pojok Baca sebagai Upaya Peningkatan Literasi Siswa SD Muhammadiyah Sambeng. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(7), 1007-1013.

Sulaiman, F., Wulandari, S. E., Ayuningsih, E., Husna, A., & Sari, D. P. (2023). Upaya Peningkatan Minat Baca dan Kreatifitas Anak dan Remaja Melalui Kegiatan Pengabdian di Rumah Baca, Kota Medan. Multidisiplin Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(01), 15-19.

Syarqawi, A., Fahira, A., Khalid, H. I., Kharismaylinda, J., & Nurhidayah, N. (2022). Upaya Peningkatan Minat Membaca melalui Rumah Baca pada Anak di Desa Stabat Lama. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2148-2153.

Downloads

Published

2024-11-09

How to Cite

Syeh Priyadi, Faizatus Salwa, Ayu Cahyaningrum, & Ruth Natalia Susanti. (2024). PENINGKATAN MINAT BACA ANAK MELALUI POJOK LITERASI PRA-BACA DI DESA DERSALAM. JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA, 2(6), 30–37. https://doi.org/10.61722/jipm.v2i6.489

Issue

Section

##section.default.title##