PERAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DALAM MENINGKATKAN TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS PERUSAHAAN
DOI:
https://doi.org/10.61722/jipm.v2i6.492Abstract
Abstract. As public, government, and other stakeholders' expectations for responsible business practices increase, Corporate Social Responsibility (CSR) has become an important instrument in building corporate transparency and accountability. Basically, CSR not only aims to meet the interests of shareholders but also to provide a positive impact on society, the environment, and the economy. Stakeholder involvement in CSR programs allows companies to strengthen their credibility through transparency and active participation, which serves as an external oversight mechanism. However, the implementation of CSR faces various challenges such as the complexity of socio-environmental issues, regulatory uncertainty, and internal obstacles within the company. Nevertheless, through innovative strategies and collaboration with various parties, the company can strengthen the implementation of CSR and enhance its positive image in the eyes of the public. Effective CSR can enhance customer loyalty, attract investor interest, and reduce long-term costs through sustainable practices. This research uses a literature review method to compile a comprehensive analysis of the role of CSR in enhancing corporate reputation and its impact on transparency and accountability, which ultimately creates shared value for both the company and society.
Keywords: Company, CSR, Public
Abstrak. Seiring dengan meningkatnya ekspektasi masyarakat, pemerintah, dan pemangku kepentingan lainnya terhadap praktik bisnis yang bertanggung jawab, Corporate Social Responsibility (CSR) telah menjadi instrumen penting dalam membangun transparansi dan akuntabilitas perusahaan. Pada dasarnya, CSR tidak hanya bertujuan untuk memenuhi kepentingan pemegang saham tetapi juga memberikan dampak positif bagi masyarakat, lingkungan, dan ekonomi. Keterlibatan pemangku kepentingan dalam program CSR memungkinkan perusahaan untuk memperkuat kredibilitasnya melalui transparansi dan partisipasi aktif, yang berfungsi sebagai mekanisme pengawasan eksternal. Namun, implementasi CSR menghadapi berbagai tantangan seperti kompleksitas masalah sosial-lingkungan, ketidakpastian regulasi, serta hambatan internal di dalam perusahaan. Meskipun demikian, melalui strategi yang inovatif dan kolaborasi dengan berbagai pihak, perusahaan dapat memperkuat pelaksanaan CSR dan meningkatkan citra positifnya di mata publik. CSR yang efektif mampu meningkatkan loyalitas pelanggan, menarik minat investor, dan mengurangi biaya jangka panjang melalui praktik yang berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan pustaka untuk menyusun analisis komprehensif terkait peran CSR dalam meningkatkan reputasi perusahaan serta pengaruhnya terhadap transparansi dan akuntabilitas, yang pada akhirnya menciptakan nilai bersama bagi perusahaan dan masyarakat.
Kata Kunci: Perusahaan, CSR, Masyarakat
References
Nopriyanto, A. (2024). Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility (Csr) Terhadap Nilai Perusahaan. Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen, 5(2), 2-3.
Heriansyah, D. (2024). Pengaruh Corporate Governance, Profitabilitas, Likuiditas Dan Solvabilitas Terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) Disclosure: Literatur Review. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 5(2), 5063-5064.
Wuryan Andayani, T, S., Ikbal, M., Wuryantoro, M., & Sidarta, A. L. (2024). STUDI LITERATUR ASPEK EKONOMI, SOSIAL DAN LINGKUNGAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN PT BUKIT ASAM TBK. Jurnal Riset Terapan Akuntansi, 184-185.
Bayu Subekti and Nunung Parlinah, “SOCIAL RESPONSIBILITY PADA HUTAN TANAMAN INDUSTRI : SEBUAH ANALISIS YURIDIS (Opporrtunity and Challenge of Corporate Social Responsibility in Implementation on Forest Plantation Industries : A Judicial Analysis) ,” Jurnal Analisis Kebijakan Kehutanan 6, no. 2 (2009): 103–20.
Retnaningsih, Hartini. “Permasalahan Corporate Social Responsibility (CSR) Dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat.” Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial 6, no. 2 (2015): 177–88.
Suastuti, Eny. “BEBERAPA KENDALA DALAM PENERAPAN CSR (ANALISIS PASAL 74 UUPT).” Jurnal Ilmiah Penerapan CSR 9 (2014): 1–20.
Erbhasan, Resty Amanda, and Lucy Pujasari Supratman. “Tantangan Implementasi Corporate Social Responsibility Perusahaan Saat Pandemi Covid-19 Tahun 2020-2022.” WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi 22, no. 1 (2023): 166–77. https://doi.org/10.32509/wacana.v22i1.3014.
Nopriyanto, Anjar. “Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility (Csr) Terhadap Nilai Perusahaan.” Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen 5, no. 2 (2024): 1–12. https://doi.org/10.15575/jim.v5i2.37655.
Erbhasan, R. A., & Supratman, L. P. (2023). Tantangan Implementasi Corporate Social Responsibility Perusahaan Saat Pandemi Covid-19 Tahun 2020-2022.
Nopriyanto, A. (2024). Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility (Csr) Terhadap Nilai Perusahaan. Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen, 5(2), 1-12.
LUTFIA, A., Amaluddin, A., & Muttaqin, A. (2021). Peran Corporate Social Responsibility Dalam Meningkatkan Citra Perusahaan Pt. Gunung Verbeck Karebbe Luwu Timur. RESPON JURNAL ILMIAH MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI, 2(2).
Gultom, R. H., Matondang, K. A., Silalahi, S. M., & Sirait, J. A. (2024). Implementation of Corporate Social Responsibility and its Impact on the Company's Reputation Agincourt Resources PT Martabe. AURELIA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(1), 356-365.
Natari, S. U., & Sitio, N. M. (2023). Penerapan CSR (Corporate Social Responsibility) PT Sahid Group. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen, 2(4), 411-420.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.