PENGARUH PERKEMBANGAN PEMASUKAN DAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

Authors

  • Nailatuz Zahro Universitas Negeri Semarang
  • Irza Annisa Zahra Universitas Negeri Semarang
  • Yulianis Satul Faidhah Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.61722/jipm.v2i6.493

Abstract

Abstract. This research analyzes the influence of income and dividend policy on company value using a qualitative approach through literature study. Increasing company value is the main focus to attract investor interest and improve shareholder welfare. The research results show that profitability plays a significant role in determining company value, where stable income reflects positive performance that supports investor confidence. Apart from that, a consistent dividend policy also acts as an indicator of the company's stability and growth potential. In conclusion, an effective strategy in managing profitability and dividend policy can increase the company's attractiveness and value in the eyes of investors and contribute to the company's sustainability in the long term

Keywords: Income, Dividends, Company Value

 

Abstrak. Penelitian ini menganalisis pengaruh kebijakan pemasukan dan dividen pada Perusahaan nilai menggunakan pendekatan kualitatif melalui studi literatur. Meningkatkan nilai Perusahaan merupakan fokus utama untuk menarik minat investor dan meningkatkan kesejahteraan pemegang saham. Itu hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas memegang peranan penting dalam menentukan nilai perusahaan, dimana pendapatan stabil mencerminkan kinerja positif yang mendukung kepercayaan investor. Selain itu, kebijakan dividen yang konsisten juga bertindak sebagai indikator stabilitas perusahaan dan potensi pertumbuhan. Kesimpulannya, sebuah strategi yang efektif dalam mengelola profitabilitas dan kebijakan dividen dapat meningkatkan daya tarik dan nilai perusahaan di dalamnya mata investor dan berkontribusi pada keberlanjutan perusahaan dalam jangka panjang.

Kata Kunci: Pendapatan, Dividen, Nilai Perusahaan

References

Book

Aprilyanti, R., & Sugiakto, C. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Financial Distress, Reputasi Kap Terhadap Opini Audit GingConcern Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018. Jurnal Ilmia Akuntansi Dan Teknologi, 12(1).

Kasmir. (2020). Analisis Laporan Keuangan. Cetakan ke-7. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Myers, S. C., Marcus, A. J., danBrealey, R. A. (2008). Dasar-dasar manajemen keuangan perusahaan (5th ed.). (H. W. Hardani, A. Maulana, D. Bernadi, Eds., danY. A. Zaimur, Trans.) Jakarta: Erlangga.

Journal

Anisa, N., Hermuningsih, S. dan Maulida, A. (2022). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Kebijakan Dividen, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Region Education Social Laa Roiba Journal, 4(2), 321-335.

Anindya, K. N., & Muzakir, M. F. (2023). Pengaruh Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur di Indonesia. Jurnal UII.

Areta, E. A., & Setijaningsi, H. T. (2024). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Moderasi. Cakrawala Repositori IMWI, 7(1), 329-340.

Dirvi, D. S. A. (2020). Pengaruh Growth Opportunity, Nwc, Cash Conversion Cycle, Ios Dan Leverage Terhadap Cash Holding. Jamasi: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 16(1).

Maryamah, A., & Mahardhika, A. S. (2021). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Food And Beverages Yang Terdaftar Di Bei Periode 2017- 2019. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (Jimmba), 3(4).

Melisa, M., Tundjung, H., & Indrajati, D. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Asset Tangibility, Firm Size, Dan Growth Opportunity Terhadap Financial Leverage. Jurnal Paradigma Akuntansi, 4(4).

NILAI PERUSAHAAN. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi.

Paat, S. K., Pelleng, F. A. O., & Walangitan, O (2021) Pengaruh Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan yang Terdaftar di Sub Sektor Makanan dan Minuman pada Bursa Efek Indonesia 2016-2018. E-Jurnal UNSRAT, 2(3), 234–239.

Rahma, A. I. El, & yahya. (2021). Pengaruh Leverage Pertumbuhan Penjualan Dan Profitabilitas Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Food and BeverageYang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 10(4), 1–20.

Waldemi, I. (2020). Analisis Pengaruh Kebijakan Deviden Terhadap Nilai Perusahaan. Jjurnal Kompetif.

Downloads

Published

2024-11-11

How to Cite

Nailatuz Zahro, Irza Annisa Zahra, & Yulianis Satul Faidhah. (2024). PENGARUH PERKEMBANGAN PEMASUKAN DAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN. JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA, 2(6), 68–75. https://doi.org/10.61722/jipm.v2i6.493

Issue

Section

##section.default.title##