PENGARUH IKLAN MEDIA SOSIAL DAN PERSEPSI KUALITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA HOUSE BEAUTY DAN PARFUME LANGSA
DOI:
https://doi.org/10.61722/jemba.v2i4.1105Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan media sosial dan persepsi kualitas terhadap keputusan pembellian pada Housel Beauty dan Parfume Langsa. Sampel dalam penellitian ini berjumlah 90 respondeln. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t, uji F dan uji koefisien determinasi. Persamaan regresi dalam penellitian ini yaitu Y = 3,665 + 0,440X1 + 0,184X2. Iklan media sosial berpelngaruh signifikan terhadap keputusan pembellian pada House Beauty dan Parfume Langsa, dimana diperoleh nilai sig. 0,035 < 0,05. Persepsi kualitas berpengaruh signifikan telrhadap keputusan pembelian pada Housel Beauty dan Parfume Langsa, dimana diperoleh nilai sig. 0,020 < 0,05. Dari uji F dapat dijelaskan bahwa iklan meldia sosial dan persepsi kualitas secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada House Beauty dan Parfume Langsa, dimana diperoleh nilai sig. 0,020 < 0,05. Dari uji koelfisien determinasi dapat dijelaskan bahwa iklan media sosial dan persepsi kualitas mempengaruhi keputusan pembellian pada House Beauty dan Parfume Langsa sebesar 58,4% sedangkan sisanya 41,6% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model penelitian ini
References
Aldalm, Muhalmmald. (2021). Malnaljelmeln Pelmalsalraln Jalsal. Allfalbeltal, Balndung.
Alrikunto, Suhalrsimi. (2017). Proseldur Pelnellitialn: Sualtu Pelndelkaltaln Pralktik, Rinelkal Ciptal, Jalkalrtal.
Dalltallboks, (2023). Produksi Kopi Indonelsiall Melningkallt, Callpalli 794 Ton palldall 2022. https://dalltallboks.kalltalldalltall.co.id/dalltallpublish/2023/03/13/produksi-kopi-indonelsiall- melningkallt-callpalli-794-ribu-ton-palldall-2022,
Falltimallh., Falluzi, All., & Hidallyallyt, K. (2015). Pelngallruh Storel Alltmosphelrel (Suallsallnall Toko) Telrhalldallp Kelputusalln Pelmbellialln”. Jurnalll Alldministrallsi Bisnis (JAllB) 28(2).
Firmalnsyalh. (2018). Pelngalruh iklaln meldial sosiall, ellelctronic word of mouth, daln pelrselpsi kuallitals telrhaldalp kelputusaln pelmbellialn di Toko Albaldi Mallalng. Jurnall Aldministralsi Bisnis, 2(1), 18-24.
Ghozallli, I. (2013). Allplikallsi Allnalllisis Multivallrialltel delngalln Prograllm IBM SPSS21 Updalltel PLS Relgrelsi. Balldalln Pelnelrbit Univelrsitalls Diponelgoro, Selmallrallng.
Kotlelr, P. & Kelllelr, K, L. (2016). Mallnalljelmeln Pelmallsallralln Jilid I. Elrlallnggall, Jallkallrtall. Kusumallwallti, All. (2014). Pelngallruh Storel Alltmosphelrel telrhalldallp Kelputusalln Pelmbellialln dalln Kelpuallsalln Pellallnggalln (Studi palldall Monopoli Callfel allnd Relsto Soelkallrno Hallttall Malllallng). Jurnalll Alldministrallsi Bisnis (JAllB), 15(2).
Kotlelr, Philip daln Kelllelr, Kelvin Lalnel. (2018). Malnaljelmeln Pelmalsalraln, Elrlalnggal, Jalkalrtal.
Lelel, Monlel daln Calrlal Johnson. (2021). Prinsip-Prinsip Pelriklalnaln Dallalm. Pelrspelktif Globall. Kelncalnal, Jalkalrtal.
Mallhotral, Nalrelsh K. (2021). Riselt Pelmalsalraln (Malrkelting Relselalrch). Indelks, Jalkalrtal.
Schiffmaln daln Kalnuk. (2018). Pelrilalku Konsumeln. Indelks, Jalkalrtal.
Sugiyono, (2014). Meltodel Pelnellitialln Pelndidikalln Pelndelkalltalln Kuallntitalltif, Kualllitalltif, dalln R&D,Alllfallbeltall, Ballndung.
Sugiyono, (2016). Meltodel Pelnellitialln Pelndelkalltalln Kuallntitalltif, Kualllitalltif, dalln R&D, Celtallkalln kel-24. Ballndung: Alllfallbeltall.
Sugiyono, (2018). Meltodel Pelnellitialln Kuallntitalltif, Kualllitalltif, dalln R&D, Alllfallbeltall, Ballndung. Tjiptono, F. (2015), Stralltelgi Pelmallsallralln, Eldisi 4, Pelnelrbit Allndi, Yogyallkallrtall.
Tjiptono, Falndy. (2018). Straltelgi Bisnis Pelmalsalraln. Alndi, Yogyalkalrtal.
Zallhrowallti, S. F., & Supallrwallti, (2018). Kualllitalls pellallyallnalln, hallrgall dalln pelngallruhnyall telrhalldallp kelpuallsalln pellallnggalln palldall klinik walljallh del lovelly di Surallballyall. Jurnalll Bisnis Indonelsiall, 9(2), 131-139.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL ILMIAH EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










