Dampak pengembangan praktik teori akuntansi syariah di Indonesia dalam meningkatkan kualitas pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.61722/jemba.v1i2.143Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan penerapan praktik dan teori akuntansi syariah di Indonesia dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mempelajari berbagai masalah dan situasi yang berkaitan dengan penerapan akuntansi syariah dalam konteks pendidikan. Berdasarkan kajian literatur dari berbagai sumber sekunder seperti jurnal, majalah, dan internet, penelitian ini mengembangkan model konseptual yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan akuntansi syariah tidak hanya memberikan informasi keuangan yang transparan dan akurat, tetapi juga mendukung pembentukan karakter dan moralitas siswa melalui nilai-nilai spiritual dan etika Islam. Temuan ini diharapkan dapat menjadi dasar untuk perumusan kebijakan pendidikan yang lebih baik dan peningkatan kualitas pembelajaran akuntansi syariah di Indonesia.
Kata kunci: Akuntansi Syariah, Kualitas, Pendidikan, Indonesia.
References
Apriyanti, H. W. (2017). Akuntansi Syariah: Sebuah Tinjauan Antara Teori Dan Praktik. Jurnal Akuntansi Indonesia, 132.
Basriyani, A., Panggabean, N. Z., & Tanjung, A. (2023). Akuntansi Syariah: Konsep, Historis dan Implementasi. 2(1).
Budiyono. (2020). Peluang Dan Tantangan Pelaporan Keuangan Islam Ditengah Dominasi Pelaporan Keuangan Konvensional. Proceeding Seminar Nasional & Call For Papers, 31-42.
Hadi, D. A. (2018). Pengembangan Teori Akuntansi Syariah di Indonesia. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 106-123.
Harnofinsah, Anasta, L., & Sopanah, A. (2023). Teori Akuntansi Konsep dan Praktis (A. Sopanah (ed.); 1st ed.). Scopindo Media Pustaka.
Hasibuan, M. R., & Salman, M. (2022). Peta Riset Akuntansi Syariah. 9(2), 57–64.
Ikhsan, A., & Suprasto, H. B. (2008). Teori Akuntansi & Riset Multiparadigma (1st ed.). Graha Ilmu.
Ilyas, R. (2020). Akuntansi syariah sebagai sistem informasi. 4(2), 209–221.
Jailani, A. Q. (2024). PERKEMBANGAN AKUNTANSI SYARIAH DAN IMPLEMENTASI DI INDONESIA ABDUL KADIR JAILANI. 1(3), 118–123.
Jenita, Harefa, A. T., Pebriani, E., Hanafiah, Rukiyanto, B. A., & Sabur, F. (2023). PEMANFAATAN TEKNOLOGI DALAM MENUNJANG PEMBELAJARAN : PELATIHAN INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN. 4(6), 13121–13129.
Kasim, A. (2021). Penerapan Sistem Akuntansi Syariah Dalam Asuransi Syariah Di Indonesia. Al-'Aqdu: Journal of Islamic Economics Law.
Khaddafi, M., Siregar, S., Noch, M. Y., Nurlaila, Harmain, H., & Sumartono. (2016). Akuntansi syariha meletakkan nilai-nilai syariah islam dalam ilmu akuntansi. Medan: MADENATERA.
Kurniati, P. (2023). Teori Akuntansi Syariah (p. 76).
Pratama, B. C., Setiawiani, I. G., Fatimah, S., & Felani, H. (2017). Penerapan Praktek Dan Teori Akuntansi Syariah Berdasarkan Prinsip Syariah. Akuisisi| Journal of Accounting & Finance, 87.
Rabiahaladawiyah, & Wirman. (2023). Pengembangan Teori dan Praktek Akuntansi Syariah di Indonesia. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan.
Said, H. S., Khotimah, C., Ardiansyah, D., Khadrinur, H., & Putri, M. I. (2022). Teori agensi : Teori agensi dalam perspektif akuntansi syariah. 5(5), 2434–2439.
Sitorus, A. P., & Siregar, S. (2022). Pengembangan Penerapan Praktek dan Teori Akuntansi Syariah di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam.
Yuliani, W., & Siliwangi, I. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling. QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan, 83-91.
Yuni, I. D., Insani, F., & Nurlaila. (2023). Pentingnya akuntansi syariah di era modern. 5, 19–36.
Zuniarti, M., & Rochmawati. (2021). Pengaruh pembelajaran akuntansi keuangan, pendidikan keuangan keluarga, kontrol diri terhadap manajemen keuangan mahasiswa dengan literasi keuangan sebagai moderating. 18(3), 479–489.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.