Penerapan ICT Dalam Proses Pembelajaran PAI Di SMP Negeri 2 2x11 Kayutanam

Authors

  • Ade Adnin UIN Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi
  • Muhiddinur Kamal UIN Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.61722/jipm.v1i2.10

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwasanya kebiasaan siswa dalam mengikuti mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 2x11 Kayutanam mengalami penurunan jika dibandingkan daripada tahun-tahun sebelumnya. Siswa yang biasanya selalu bersemangat dalam mengikuti mata pelajaran apapun terutama mata pelajaran PAI mulai mengalami penurunanJenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang datanya diperoleh dari observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran PAI dengan menggunakan ICT semangat dan motivasi belajar siswa mulai tumbuh dan mengalami peningkatan yang lebih baik dari sebelumnya. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya siswa yang mengacungkan tangan ketika guru memberikan pertanyaan, kemudian banyak juga diantara siswa yang bertanya tentang materi pembahasan yang diberikan oleh guru.

References

Abdulhak, I, “Penerapan ICT dalam Pembelajaran di Madrasah”, dalam Bahan Ajar Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis ICT Bagi Guru Madrasah Se-Indonesia. Bandung: Yayasan Idea Cendekia, 2012.

AECT, Definisi Teknologi Pendidikan, Terj: Yusufhadi Miarso dkk., Jakarta: Pusat Antar Universitas di UT dan CV. Rajawali, 1986.

Ahmad Rohani, Pengelolaan Pengajaran (Edisi Revisi), Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Akbar, Ali, Panduan Cepat Menguasai Teknologi Informasi dan Komunikasi, Semarang: PT. Gava Media, 2006.

Ananda Setyo G. Anti Kaget Internet. Jakarta: Creative Media. 2006.

Chaeruman, Uwes A., Mendorong Penerapan E-Learning di Sekolah, Jurnal Teknodik, Vol. 12 No 1 Juni 2008, Jakarta: Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2008.

Cynthia, R., “Hakikat Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran”, dalam Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran. Bandung: Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, 2009.

Fatah Syukur, Teknologi Pendidikan, (Semarang: Rasail Media Group, 2008)

Gafur, Abdul. 2001. “Pendidikan dalam Tantangan Teknologi ICT”. CakrawalaPendidikan: Majalah Ilmiah Kependidikan. Mei 2001 Th. XX.No.2. pp. 90 – 95.

http://Rukun iman.com

Iin Karmila Yusri and Robert Goodwin, “Mobile Learning for ICT Training: Enhancing ICT Skill of Teachers in Indonesia,” InternationalJournal of e- Education, eBusiness, e-Management and e-Learning, Vol. 3, No. 4, (August 2013): 293.

Irpan Abdul Ghafar dan Muhammad Jamil, Reformulasi Rancangan Pembelajaran PAI, (Jakarta: Nur Insani, 2003)

Jamal Ma’mur Asmani, Tips Efektif Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Pendidikan, (Jogjakarta : Diva Press, 2011). h. 135-138.

Pribadi, A Benny. Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. 2019. Jakarta: Prenadamedia Group

Sudjana, Nana, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung, Sinar Baru Olgesindo, 2001.

Suparman, M. Atwi dan Aminudin Zuhri, Pendidikan Jarak Jauh: Teori dan Praktek, Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka, 2004.

Sutopo, Ariesto Hadi, Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan, Jakarta: Ghara Ilmu, 2012

Wawancara dengan Auxilia Azura Endria salah seorang siswa di SMP Negeri 2 2x11 Kayutanam, senin 3 April 2023

Wawancara dengan Rades Sadewa salah seorang siswa di SMP Negeri 2 2x11 Kayu Tanam, senin, 10 April 2023

Wawancara dengan Silvia Nora salah seorang siswa di SMP Negeri 2 2x11 Kayutanam , senin 3 April 202

Wawancara dengan Syukri Farman Guru PAI SMP Negeri 2 2x11 Kayutanam, senin 30 Januari 2023

Downloads

Published

2023-08-03

How to Cite

Ade Adnin, & Muhiddinur Kamal. (2023). Penerapan ICT Dalam Proses Pembelajaran PAI Di SMP Negeri 2 2x11 Kayutanam. JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA, 1(2), 8–17. https://doi.org/10.61722/jipm.v1i2.10

Issue

Section

##section.default.title##