PERKEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTsN 10 AGAM SUMATERA BARAT
DOI:
https://doi.org/10.61722/jipm.v1i2.11Abstract
Madrasah Tsanawiyah merupakan salah satu lembaga pendidikan keagamaan yang secara komprehensif mengajarkan pendidikan agama Islam kepada peserta didik dan pelaksanaan pembelajarannya dilakukan dari pagi hingga siang. Salah satu lembaga pendidikan Islam dalam penelitian ini adalah MTsN 10 Agam yang beralamat di kecamatan Baso Kabupaten Agam. Penelitian ini tentang perkembangan pendidikan agama Islam di MTsN 10 Agam. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menjelaskan sistem pendidikan agama Islam yang dilaksanakan di MTsN 10 Agam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan naturalistik dan dengan metode deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan pendidikan agama Islam di MTsN 10 agam sesuai dengan sistem pendidikan agama Islam pada umumnya di madrasah, penempatan guru yang mengajar sesuai dengan keilmuannya dan kurikulum yang diterapkan merupakan kurikulum KMA Nomor 183 tahun 2019. Pada tahun 2023 akan diterapkan kurikulum merdeka.
References
Abdillah, R. M., Sitika, A. J., & Fauziah, D. N. (2022). Lembaga Pendidikan Madrasah Diniyah Riyadul Athfal sebagai Alternatif Pendidikan Islam di Desa Mulangsari Kecamatan Pangkalan Kabupaten Karawang. ISLAMIKA.
Aliva, A., & Andi, A. P. (2021). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam pada Madrasah Berbasis Riset di Yayasan Madrasah Pendidikan Islam (YMPI) Tanjung Balai. … (JURNAL PENDIDIKAN DAN ….
Chairiyah, Y. (2021). Sejarah Perkembangan Sistem Pendidikan Madrasah Sebagai Lembaga Pendidikan Islam. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam.
Daulay, H. P. (2012). Pendidikan Islam dalam sistem Pendidikan Nasional di Indonesia. Kencana Prenada Media Group.
Imam Tabroni, Erawati, D., Maspiah, I., & Sa’adatunnisa, H. (2022). Pendidikan Agama Islam Dalam Sorotan. Pendidikan Agama Islam Dalam Tuntunan Syari’At Rasulullah Saw., 2(1), 229–248.
Indonesia, K. A. R. (n.d.). Nomor 369 Tahun 1993. Tentang Madrasah Tsanawiyah Bab I, KetentuanUmumPasal, 1.
Istikomah, R. (2021). Pengembangan Sistem Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Islam, Vol.02.
Jo Shan Fu. (n.d.). ICT in Education: A Critical Literature Review and Its Implications,” International J (IJEDICT). Ournal of Education AndDevelopment Using Information and Communication Technology, 112.
Madrasah, K. (2022). Surat Keputusan Pembagian Tugas Guru Dalam Kegiatan Proses Pembelajaran (100/MTs.03.6.10/PP.00.5.07/2022).
Mahmudah, I., & Hidayat, N. (2022). Pengaruh Pendidikan Agama Islam Terhadap Karakter Siswa pada Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 859–868. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2014
Masrida. (2022). Metode Pembelajaran.
Masykur, M. R. (2018). Sejarah perkembangan madrasah di Indonesia. Jurnal Al-Makrifat, 3(2).
Muhaimin. (2007). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam,. PT Raja Grafindo Persada.
Muhammad Nur Hadi, Syaifullah, & Wiwin Fachrudin Yusuf. (2022). Inovasi Pendidikan Agama Islam. Jurnal Mu’allim, 4(1), 53–66. https://doi.org/10.35891/muallim.v4i1.2948
Nashir, H. (1999). Agama dan krisis Kemanusiaan Moderen. Pustaka Pelajar.
Nurriqi, A. (2021). Karakteristik Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Prespektif Kebijakan Pendidikan. BINTANG.
Putra, M. E. (2022). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi Covid-19. Permata : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 45. https://doi.org/10.47453/permata.v3i1.640
Rohima, S. (2020). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Era Industri 4.0. Ittihad, 4(1), 62–71.
Santi, E. (2022). Evaluasi Pembelajaran.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.