Krisis Identitas dan Tantangan Pendidikan Islam di Era Digital: Analisis Perspektif Sosiologi Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.61722/jipm.v3i4.1126Abstract
Artikel ini mengeksplorasi tantangan yang dihadapi pendidikan Islam dalam menangani krisis identitas di kalangan pelajar Muslim di era digital. Dengan mengacu pada teori perkembangan psikososial Erikson dan perspektif sosiologi pendidikan, tulisan ini menganalisis bagaimana era digital, dengan pengaruh media sosial dan komersialisasi konten keagamaan, mempengaruhi pembentukan identitas keagamaan. Artikel ini menyoroti perlunya pendidikan Islam beradaptasi dengan mengintegrasikan teknologi ke dalam metode pengajaran sambil mempertahankan nilai-nilai inti Islam. Tulisan ini juga membahas peran pendidik dalam membimbing pelajar menghadapi kompleksitas dunia digital. Teks ini mengusulkan pendekatan transformatif yang kontekstual agar pendidikan Islam dapat membentuk identitas keagamaan yang kuat dan relevan di tengah dinamika era digital.
Kata kunci: Krisis Identitas, Pendidikan Islam, Era Digital, Sosiologi Pendidikan
References
Ahmad Muflihin & Toha Makhshun. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Literasi Digital Siswa sebagai Kecakapan Abad 21. Tadibuna, 3(1), 1-12
Dawa, A., & Amas, D. (2024). PERAN PENDIDIKAN DALAM PEMBENTUKAN IDENTITAS SOSIAL. ejournal.warunayama.org. https://doi.org/10.9644/sindoro.v3i6.2214
Devita Putri Maharani, Adinda Sekar Suryaningrum, & Diva Amalia Nuraini. (2025). Integrasi Nilai-nilai Islam dalam Pemanfaatan Teknologi Digital oleh Generasi Z di Era Modern. Dirasah: Jurnal Studi Islam, 2(1), 93-109.
Fitriyani, S., Maulana, R., & Hidayatullah, F. (2024). Transformasi Identitas Remaja dalam Era Digital: Telaah Sosiologis dan Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Sosial dan Pendidikan Islam, 12(1), 45–60.
Kelola: Jurnal Ilmu Sosial. (2024). Peran Pendidikan Islam dalam Penguatan Kesadaran Digital Berbasis Nilai-nilai Keislaman, 7(2), 45-60.
Khairuddin, A. (2022). Reformulasi Pendidikan Islam di Tengah Perubahan Sosial Digital. Jurnal Pendidikan Islam Kontemporer, 8(2), 97–110.
Minorrahman.sch.id. (2024, 29 Mei). Peran Literasi Digital dalam Pengembangan Pendidikan Islam di Era Teknologi
Nasrullah, R. (2015). Media sosial: Perspektif komunikasi, budaya, dan sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2016, 2017.
Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan. (2024). Peran Guru dalam Menjaga Pendidikan Nasional dan Nilai-nilai Agama di Era Digital, 3(1), 1-15.
Rahmadania, S, Sitika, A. amd Darmayanti, A. (2021) Peran Pendidikan Agama Islam Dan Keluarga dan Masyarakat. Edumasput: Jurnal Pendidikan, 5 (2), 221-226.
Rahman, H., dan Patilaiya, H.La. (2018). Peningkatan Kualitas Kesehatan Masyarakaat Dan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pemberian Perilaku Hidup Bersih Dan: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 251.
Yusuf, M. (2024). Psikologi Remaja dan Krisis Identitas: Implikasi dalam Pendidikan Keagamaan. Jurnal Psikologi Islam dan Pendidikan, 14(1), 25–40.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.