Krisis Identitas dan Tantangan Pendidikan Islam di Era Digital: Analisis Perspektif Sosiologi Pendidikan

Authors

  • Zhahira Zahrotunnisa Universitas Negeri Jakarta
  • Dimas Surya Bekti Utama Universitas Negeri Jakarta
  • Yauma Wulida Farhana Universitas Negeri Jakarta
  • Suci Dwi Aprillia Universitas Negeri Jakarta
  • Abdul Fadil Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.61722/jipm.v3i4.1126

Abstract

Artikel ini mengeksplorasi tantangan yang dihadapi pendidikan Islam dalam menangani krisis identitas di kalangan pelajar Muslim di era digital. Dengan mengacu pada teori perkembangan psikososial Erikson dan perspektif sosiologi pendidikan, tulisan ini menganalisis bagaimana era digital, dengan pengaruh media sosial dan komersialisasi konten keagamaan, mempengaruhi pembentukan identitas keagamaan. Artikel ini menyoroti perlunya pendidikan Islam beradaptasi dengan mengintegrasikan teknologi ke dalam metode pengajaran sambil mempertahankan nilai-nilai inti Islam. Tulisan ini juga membahas peran pendidik dalam membimbing pelajar menghadapi kompleksitas dunia digital. Teks ini mengusulkan pendekatan transformatif yang kontekstual agar pendidikan Islam dapat membentuk identitas keagamaan yang kuat dan relevan di tengah dinamika era digital.

Kata kunci: Krisis Identitas,  Pendidikan Islam, Era Digital, Sosiologi Pendidikan

References

Ahmad Muflihin & Toha Makhshun. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Literasi Digital Siswa sebagai Kecakapan Abad 21. Tadibuna, 3(1), 1-12

Dawa, A., & Amas, D. (2024). PERAN PENDIDIKAN DALAM PEMBENTUKAN IDENTITAS SOSIAL. ejournal.warunayama.org. https://doi.org/10.9644/sindoro.v3i6.2214

Devita Putri Maharani, Adinda Sekar Suryaningrum, & Diva Amalia Nuraini. (2025). Integrasi Nilai-nilai Islam dalam Pemanfaatan Teknologi Digital oleh Generasi Z di Era Modern. Dirasah: Jurnal Studi Islam, 2(1), 93-109.

Fitriyani, S., Maulana, R., & Hidayatullah, F. (2024). Transformasi Identitas Remaja dalam Era Digital: Telaah Sosiologis dan Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Sosial dan Pendidikan Islam, 12(1), 45–60.

Kelola: Jurnal Ilmu Sosial. (2024). Peran Pendidikan Islam dalam Penguatan Kesadaran Digital Berbasis Nilai-nilai Keislaman, 7(2), 45-60.

Khairuddin, A. (2022). Reformulasi Pendidikan Islam di Tengah Perubahan Sosial Digital. Jurnal Pendidikan Islam Kontemporer, 8(2), 97–110.

Minorrahman.sch.id. (2024, 29 Mei). Peran Literasi Digital dalam Pengembangan Pendidikan Islam di Era Teknologi

Nasrullah, R. (2015). Media sosial: Perspektif komunikasi, budaya, dan sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2016, 2017.

Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan. (2024). Peran Guru dalam Menjaga Pendidikan Nasional dan Nilai-nilai Agama di Era Digital, 3(1), 1-15.

Rahmadania, S, Sitika, A. amd Darmayanti, A. (2021) Peran Pendidikan Agama Islam Dan Keluarga dan Masyarakat. Edumasput: Jurnal Pendidikan, 5 (2), 221-226.

Rahman, H., dan Patilaiya, H.La. (2018). Peningkatan Kualitas Kesehatan Masyarakaat Dan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pemberian Perilaku Hidup Bersih Dan: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 251.

Yusuf, M. (2024). Psikologi Remaja dan Krisis Identitas: Implikasi dalam Pendidikan Keagamaan. Jurnal Psikologi Islam dan Pendidikan, 14(1), 25–40.

Downloads

Published

2025-06-21

How to Cite

Zhahira Zahrotunnisa, Dimas Surya Bekti Utama, Yauma Wulida Farhana, Suci Dwi Aprillia, & Abdul Fadil. (2025). Krisis Identitas dan Tantangan Pendidikan Islam di Era Digital: Analisis Perspektif Sosiologi Pendidikan. JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA, 3(4), 483–494. https://doi.org/10.61722/jipm.v3i4.1126

Issue

Section

##section.default.title##