PENGARUH CIRCLE PERTEMANAN TERHADAP SOCIAL COGNITIVE PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 16 JAKARTA

Authors

  • Muhammad Rahmat Alwafi Universitas Negeri Jakarta
  • Budiaman Budiaman Universitas Negeri Jakarta
  • Nandi Kurniawan Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.61722/jipm.v3i4.1132

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh circle pertemanan terhadap social cognitive pada peserta didik di SMP Negeri 16 Jakarta. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kejadian-kejadian yang melibatkan circle pertemanan yang ada di SMP Negeri 16 Jakarta di kalangan peserta didik baik yang positif maupun yang negatif. Metode pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling dengan jumlah responden sejumlah 168 peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 16 Jakarta. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh antara circle pertemanan terhadap social cognitive. Hal ini didasari oleh uji regresi sederhana yang menunjukan nilai 0,000 yang lebih kecil dari 0,005 dengan korelasi sedang. Dalam perhitungan regresi linear sederhana menunjukan hal yang demikian dengan penambahan pengaruh circle pertemanan terhadap social cognitive. Pembuktian pada uji statistika atau t-test memiliki hasil yang serupa yaitu nilai sig. menunjukan 0,000 lebih kecil dibanding 0,005 dan Thitung 6,444 lebih besar dibandingkan Ttabel yaitu 1,654. Circle pertemanan mempengaruhi social cognitive sebesar 20% yang ditunjukan oleh perhitungan uji koefisien determinasi.

References

Arini, T., & Amalia, R. N. (2019). Peran keluarga dalam pembentukan konsep diri anak untuk menentukan karakter. Prosiding Seminar Nasional Poltekkes Karya Husada Yogyakarta, 20–30.

Athiyyah, J., & Ridwan, A. (2024). Social Studies in Education Dimensi Sosial Psikologis Sholat Dhuha dalam Membentuk Interaksi dan Penguasaan Lingkungan Sosial di Sekolah. Social Studies in Education, 02(02), 173–190. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15642/sse.2024.2.2.173-190

Aziz, A. N., Rahmatullah, A. S., Anjasari, T., & Janti, S. A. (2023). Efek Psikologis Pembelajaran Homeschooling dalam PenerapanTeori Sosial Kognitif dan Konstruktivisme. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 09(1), 113–128. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara

Bandura, A. (1991). Social cognitive theory of self-regulation. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 248–287. https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90022-L

Crafts, L. W., & Rotter, J. B. (1955). Social Learning and Clinical Psychology. The American Journal of Psychology, 68(4), 698. https://doi.org/10.2307/1418818

Erzad, A. M. (2018). Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Sejak Dini Di Lingkungan Keluarga. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(2), 414. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i2.3483

Handayani, M. (2016). Peran Komunikasi Antarpribadi Dalam Keluarga Untuk Menumbuhkan Karakter Anak Usia Dini. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 11(1), 57–64. https://doi.org/10.21009/jiv.1101.8

Harnanda, L., Hadiwinarto, & Sinthia, R. (2018). HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGHASILAN ORANG-TUA DENGAN RELASI PERTEMANAN SISWA DI SMP NEGERI 01 KELAS VIII ARGAMAKMUR. Consila : Jurnal Ilmiah BK, 1(2), 20–28. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/consilia.1.2.29-38

Lesilolo, H. J. (2019). Penerapan Teori Belajar Sosial Albert Bandura Dalam Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi, 4(2), 186–202. https://doi.org/10.37196/kenosis.v4i2.67

Marhayati, N., Chandra, P., & Fransisca, M. (2020). Pendekatan Kognitif Sosial pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. DAYAH: Journal of Islamic Education, 3(2), 250. https://doi.org/10.22373/jie.v3i2.7121

Mario Mario. (2023). Followers dengan Kualitas Hubungan Pertemanan. TUTURAN: Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial Dan Humaniora, 1(1), 29–37. https://doi.org/10.47861/tuturan.v1i2.235

Oxianus Sabarua, J., & Mornene, I. (2020). Komunikasi Keluarga dalam Membentuk Karakter Anak. International Journal of Elementary Education, 4(1), 83. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24322

Purwaningsih, C., & Syamsudin, A. (2022). Pengaruh Perhatian Orang tua, Budaya Sekolah, dan Teman Sebaya Terhadap Karakter Religius Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2439–2452. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2051

Putri, W. (2021). Peran Keluarga Dalam Pembentukan Karakter Perspektif Islam. Instruktur, 1(1), 10–20. https://doi.org/10.51192/instruktur.v1i1.149

Ramadhani, N. S., Navasa, L. Z., & Hasani, M. R. (2023). HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN PERTEMANAN DAN AKTIVITAS BERIBADAH. Journal Islamic Education, 1(No.3), 604–609. https://maryamsejahtera.com/index.php/Education/index

Rindawan, I. K., Purana, I. M., & Kamilia Siham, F. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Pada Anak Dalam Lingkungan Keluarga. Jurnal Pacta Sunt Servanda, 1(2), 53–63. https://doi.org/10.23887/jpss.v1i2.361

Rolina, N. (2018). Keluarga: Sebagai Sumber Belajar Pada Pendidikan Anak Usia Dini (Suatu Tinjauan Menurut Teori Sosial Kognitif Bandura). Majalah Ilmiah Pembelajaran, 2(2), 212.

Sisiliaudra, T. (2023). Hubungan Lingkungan Pertemanan dengan Motivasi belajar Mahasiswa kelas 2021 B universitas Riau. Osf.Io, 2105134629. http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/4eszt

Syafitri, B. P., & Suprayitno, I. J. (2019). PENGARUH LINGKUNGAN PERTEMANAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. EDUSAINTEK, X, 681–687.

Tarsidi, D. (2010). TEORI KOGNITIF SOSIAL ALBERT BANDURA. Journal of Child Psychology and Psychiatry, 25(2), 173–179. https://doi.org/10.1111/j.1469-7610.1984.tb00142.x

Yanuardianto, E. (2019). Teori Kognitif Sosial Albert Bandura (Studi Kritis Dalam Menjawab Problem Pembelajaran di Mi). Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 94–111. https://doi.org/10.36835/au.v1i2.235

Yasin, M., & Habibah, N. (2023). Prinsip - prinsip dasar keluarga dalam membentuk karakter anak. SINOVA: Jurnal Ilmu Pendidikan & Sosial, 01, 1–8.

Downloads

Published

2025-06-23

How to Cite

Muhammad Rahmat Alwafi, Budiaman Budiaman, & Nandi Kurniawan. (2025). PENGARUH CIRCLE PERTEMANAN TERHADAP SOCIAL COGNITIVE PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 16 JAKARTA. JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA, 3(4), 575–583. https://doi.org/10.61722/jipm.v3i4.1132

Issue

Section

##section.default.title##