The Power of Quotes: Bagaimana Kata-Kata Positif Memengaruhi Kesehatan Jiwa dan Emosi
DOI:
https://doi.org/10.61722/jipm.v3i4.1145Keywords:
Positive Quotes,Positive Emotions, Self-Reflection, Emotion Regulation, Mental HealthAbstract
Masalah kesehatan jiwa dan emosi semakin meningkat di era modern yang penuh tekanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana kutipan positif dapat memengaruhi kesehatan jiwa dan emosi individu melalui pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan beberapa individu menggunakan lima pertanyaan esai terbuka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kutipan positif mampu meningkatkan emosi positif, mendorong refleksi diri dan perubahan pola pikir (reframing), serta menguatkan regulasi emosi. Penggunaan kutipan positif sebagai bentuk intervensi sederhana menunjukkan efektivitas dalam meningkatkan kesejahteraan psikologis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kutipan positif memiliki potensi sebagai alat preventif dan promotif kesehatan jiwa yang mudah diakses dan relevan dengan budaya digital masa kini.
References
Aprilyani, R., & Fahlevi, R. (2022). Psikologi positif. PT Global Eksekutif Teknologi.
Beck, A. T. (1979). Cognitive therapy and the emotional disorders. Penguin Books.
Cohen, S., Alper, C. M., Doyle, W. J., Treanor, J. J., & Turner, R. B. (2006). Positive emotional style predicts resistance to illness after experimental exposure to rhinovirus or influenza A virus. Psychosomatic Medicine, 68(6), 809–815. https://doi.org/10.1097/01.psy.0000245867.92364.3c
Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). SAGE Publications.
Fredrickson, B. L. (2001). The role of positive emotions in positive psychology: The broaden-and-build theory of positive emotions. American Psychologist, 56(3), 218–226. https://doi.org/10.1037/0003-066X.56.3.218
Azizah, E. A., & Hendriani, W. (2023). Efektivitas Penggunaan Strategi Regulasi Emosi Ditinjau Dari Perbedaan Gender: Sebuah Tinjauan Literatur Sistematis. 6(2).
Bahiyah, S., & Savitri, S. I. (2018). Validasi Struktur Internal Alat Ukur Refleksi Diri Adaptif melalui CFA. Jurnal Psikologi, 45(2), 107. https://doi.org/10.22146/jpsi.34966
Bintamur, D. F. (n.d.). Resiliensi sebagai Mediator antara Strategi Regulasi Emosi Cognitive Reappraisal dan Kepuasan Hidup.
Jannah, M., Sholichah, I. F., & Widohardhono, R. (2023). Confirmatory Factor Analysis: Skala Regulasi Emosi Pada Setting Olahraga di Indonesia (IERQ4S). Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, 14(1), 153–160. https://doi.org/10.26740/jptt.v14n1.p153-160
Jannah, W. F., & Hadiyanto, A. W. R. (2024a). PERAN EMOSI POSITIF PADA SISWA MENGGUNAKAN TEKNIK POSITIVE REINFORCEMENT PERSPEKTIF NEUROSAINS. 09.
Jannah, W. F., & Hadiyanto, A. W. R. (2024b). PERAN EMOSI POSITIF PADA SISWA MENGGUNAKAN TEKNIK POSITIVE REINFORCEMENT PERSPEKTIF NEUROSAINS. 09.
Jennah, R. (2022). TEACHER’S INNOVATION IN CLASS MANAGEMENT TO INCREASE STUDENT LEARNING MOTIVATION IN PANDEMIC ERA. 3.
Kumala, K. H., & Darmawanti, I. (n.d.). STRATEGI REGULASI EMOSI PADA MAHASISWA DENGAN BANYAK PERAN. . . Character, 9.
Meidianawaty, V. (n.d.). Refleksi Diri dalam Pendidikan Kedokteran.
Pembelajaran PAI di Masa Pandemi Covid-19 Analisis Sebuah Metode. (n.d.).
PENERAPAN STRATEGI REFRAMING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR POSITIF. (n.d.).
Putra, A. A. P., Hariangga, E. F., Kanyaah, G. S., & Zaman, H. S. N. (n.d.). PENGARUH BAHASA POSITIF DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS. 9(2).
Putri, K. A., Jasri, S. Z., Uyun, N. K., Ningrum, A., Bilqis, Q. M., & Aini, D. K. (n.d.). “Kotak Pikiran Positif” Untuk Menumbuhkan Kebahagiaan dan Optimisme Pada Anak TPQ Chasan Puro.
Reskido, A. D. P., Sutra, S. D., Oksanda, E., & Nashori, F. (2022). Regulasi Emosi dan Kesejahteraan Psikologis Mahasiswa Muslim.
Rizki, N. L., Soesanto, E., Fathurrahman, F., & Saputra, A. S. (n.d.). Pengembangan Jati Diri Melalui Refleksi dan Eksplorasi: Peran Lingkungan Serta Cipta, Rasa, dan Karsa Dalam Membangun Kepercayaan Diri.
Saputri, D. A., Margareta, T., & Nabilla, S. (n.d.). PELATIHAN KEBERSYUKURAN UNTUK MENINGKATKAN EMOSI POSITIF BAGI MAHASISWA BARU UNIVERSITAS BATAM.
Surawan, S. (2019). Peningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar PAI Menggunakan Model Pembelajaran Pakem Pada Siswa Kelas VI SD Muhammadiyah Sumbermulyo Bantul Yogyakarta. Journal of Classroom Action Research, 1(1), 29–30. https://doi.org/10.29303/jcar.v1i1.239
Surawan, S., Syabrina, M., El Bilad, C. Z., & Azmy, A. (2022). Implementation of Character Education at Madrasahs and Integrated Islamic Schools in Central Kalimantan. Ta’dib, 25(1), 19. https://doi.org/10.31958/jt.v25i1.5333
Surawan & Mazrur (2020). Psikologi Perkembangan dan Agama. (n.d.).
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2021). Laporan kesehatan jiwa pasca-pandemi. Kemenkes RI.
Krasnova, H., Wenninger, H., Widjaja, T., & Buxmann, P. (2013). Envy on Facebook: A hidden threat to users’ life satisfaction? Proceedings of the 11th International Conference on Wirtschaftsinformatik, 1477–1491.
Lyubomirsky, S. (2008). The how of happiness: A scientific approach to getting the life you want. Penguin Press.
Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas). (2018). Laporan riset kesehatan dasar 2018. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Seligman, M. E. P. (2002). Authentic happiness: Using the new positive psychology to realize your potential for lasting fulfillment. Free Press.
Soerjono. (2009). Sosiologi: Suatu pengantar. PT RajaGrafindo Persada.
Tugade, M. M., & Fredrickson, B. L. (2004). Resilient individuals use positive emotions to bounce back from negative emotional experiences. Journal of Personality and Social Psychology, 86(2), 320–333. https://doi.org/10.1037/0022-3514.86.2.320
World Health Organization. (2001). Mental health: New understanding, new hope. WHO Press.
World Health Organization. (2013). Mental health action plan 2013–2020. WHO Press.
Yosep, I. (2013). Keperawatan jiwa. Refika Aditama.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.