PELUANG DAN TANTANGAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI AI DALAM DUNIA PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.61722/jipm.v3i4.1149Abstract
Pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan (AI) dalam sektor pendidikan telah menciptakan banyak kesempatan untuk perubahan dalam cara belajar yang lebih individual, adaptif, dan efektif. AI berfungsi untuk mendukung kegiatan belajar melalui sistem pendidikan yang cerdas, penilaian otomatis, dan penyediaan materi yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing siswa. AI juga dapat membantu guru dalam mendeteksi kesulitan belajar siswa lebih awal serta memberikan saran intervensi yang sesuai. Namun, di balik kesempatan tersebut, ada tantangan besar, seperti ketidakmerataan akses teknologi, rendahnya literasi digital di antara pengajar dan siswa, serta masalah etika dan perlindungan data. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis secara menyeluruh potensi dan rintangan dalam penggunaan AI di pendidikan, sambil menawarkan rekomendasi untuk strategi implementasi yang berkelanjutan dan inklusif. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, artikel ini diharapkan bisa menjadi acuan bagi para pengambil kebijakan, pengajar, dan praktisi teknologi pendidikan dalam merancang sistem pembelajaran yang berbasis AI dengan bijaksana dan bertanggung jawab.
References
Pebrian, Y., & Farhat, M. F. (2023). PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM DUNIA PENDIDIKAN. Abdi Jurnal Publikasi, 2.
Ulimaz, A., Cahyono, D., Dhaniswara, E., & Arifudin, O. (2024). Analisis Dampak Kolaborasi Pemanfaatan Artificial Intelligences (AI) Dan Kecerdasan Manusia Terhadap Dunia Pendidikan di Indonesia. Journal Of Social Science Research, 4.
Wijiati, Ifani, S. D., Damayanti, S., & Argadinata, H. (2024). Penggunaan Teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam Manajemen Pendidikan: Meningkatkan Efisiensi Tantangan di Satuan Pendidikan.
Febrianti, F. A., Abdillah, M., Bhakti, D. D., Denni, I., & Susila, A. A. R. (2025). KAJIAN LITERATUR: KETERGANTUNGAN SISWA TERHADAP TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 5.
Fatimah, N., & Octaviani, D. (2023). Sejarah Pendidikan Indonesia Baru: Perkembangan Pembelajaran Sejarah Berbasis Artificial Intelligence (AI) 4.0. Jurnal Sejarah Indonesia.
Diantama, S. (2024). Pemanfaatan Artificial Intelegent (AI) Dalam Dunia Pendidikan. DEWANTECH Jurnal Teknologi Pendidikan.
Yusuf, B. (2024). Teknologi dan personalisasi pembelajaran pendidikan Islam untuk generasi Z. Journal of Instructional and Development Researches, 4(4), 277-285.Yusuf, B. (2024). Teknologi dan personalisasi pembelajaran pendidikan Islam untuk generasi Z. Journal of Instructional and Development Researches.
Putra, R. A., Siregar, W. S., & Gusmaneli, G. (2024). Model Pembelajaran Adaptif: Untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran di Era Digital. ALFIHRIS: Jurnal Inspirasi Pendidikan.
Mufaridah, F., Yono, T., Aziza, S. N., & Aabid, M. F. (2024). Penguatan Literasi Digital Guru Untuk Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara.
Sugiono, S. (2024). Proses adopsi teknologi generative artificial intelligence dalam dunia pendidikan: Perspektif teori difusi inovasi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementerian Komunikasi dan Digital. (2024). Menghubungkan Pelosok Indonesia Menuju Masa Depan. Retrieved from https://www.komdigi.go.id/berita/pemerintahan-digital/detail/menghubungkan-pelosok-indonesia-menuju-masa-depan
UNESCO. (2022). Global education monitoring report 2020: Inclusion and education: All means all. Paris: UNESCO
World Bank. (2024). Education technology in low-income countries: Challenges and opportunities. Washington, DC: World Bank.
Badan Pusat Statistik. (2023). Statistik Telekomunikasi Indonesia 2023. Jakarta: BPS.
UNESCO. (2021). Digital transformation in education: Connectivity for all. Paris: UNESCO.
Hartanto, A. Y., Rohmah, F. N. (2024). Makin Marak Siswa Pakai AI untuk Mengerjakan Tugas. Retrieved from https://tirto.id/penggunaan-ai-di-dunia-pendidikan-makin-marak-dan-merata-gZax
Putra, L. D., Fauzan, A. M., Utami, I. P., & Sari, A. A. W. (2024). EKSPLORASI AI DI SEKOLAH DASAR: IMPLIKASI UNTUK ADMINISTRASI, PENDIDIKAN DAN EVALUASI. Jurnal Kajian Ilmiah Multidisipliner, 8(8).
Isdayani, B., Thamrin, A. N., & Milani, A. (2024). Implementasi etika penggunaan kecerdasan buatan (AI) dalam sistem pendidikan dan analisis pembelajaran di Indonesia. Digital Transformation Technology (Digitech), 4(1), 714–723
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.