ANALISIS PENERAPAN ETIKA DAN PROFESIONALISME PENGANGGARAN SEKOLAH DI SMA NEGERI 5 BINJAI
DOI:
https://doi.org/10.61722/jipm.v3i5.1508Keywords:
Ethics, Professionalism, School Budgeting, BOS Fund, Accountability.Abstract
Anggaran sekolah merupakan instrumen krusial untuk mencapai tujuan pendidikan. Pengelolaan anggaran, terutama Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), menuntut penegakan pilar etika (transparansi, akuntabilitas, kejujuran) dan profesionalisme (kompetensi dan kepatuhan hukum). Penelitian deskriptif ini bertujuan mendeskripsikan penerapan etika dan profesionalisme serta mengidentifikasi kendala internal dan eksternal dalam penganggaran di SMA Negeri 5 Binjai. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara langsung dengan pihak-pihak terkait penganggaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan etika dan profesionalisme di SMA Negeri 5 Binjai sudah berjalan cukup baik, ditandai dengan upaya menjaga kejujuran dan tanggung jawab melalui pengawasan berlapis, serta partisipasi guru dan komite sekolah dalam penyusunan RKAS. Profesionalisme ditunjukkan dengan kepatuhan pada Juknis BOS dan pelaporan daring. Kendala utama yang dihadapi meliputi keterbatasan SDM dan beban kerja bendahara (internal), serta keterlambatan pencairan dana BOS dan perubahan regulasi (eksternal). Penelitian ini menyimpulkan bahwa etika dan profesionalisme adalah fondasi penting untuk pengelolaan keuangan pendidikan yang akuntabel dan transparan, meskipun isu transparansi anggaran di tingkat sekolah masih sensitif.
References
Hasrianti. (2024). Peran Kepala Sekolah dan Komite Sekolah dalam Peningkatan Profesionalisme Guru di Pondok Pesantren Sultan Hasanuddin Gowa. Journal GEEJ, 7(2).
Hastiyanto, F. (2017). Etika dan Akuntabilitas Sektor Publik. Spirit Publik: Jurnal Administrasi Publik, 12(2), 75. https://doi.org/10.20961/sp.v12i2.16244
Mardiasmo. (2005). Akuntansi Sektor Publik : Penentuan harga pelayanan publik. Andi.
Maslufi, L. Z., Maryam, A., & Seno, M. F. (2025). Pengaruh Transparansi Dan Tanggung Jawab Pengelolaan Keuangan Sekolah Terhadap Efektivitas Pemanfaatan Anggaran Sekolah. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi Unsurya, 10(2). https://doi.org/10.35968/jbau
Nasution, D. A. D., Ramadhan, P. R., & Barus, M. D. B. (2019). AUDIT SEKTOR PUBLIK. Uwais Inspirasi Indonesia. www.penerbituwais.com
Norsiva, S. (2024). PENERAPAN SISTEM PENGELOLAAN KEUANGAN PENDIDIKAN YANG TRANSPARAN DAN AKUNTABEL DI INDONESIA. Jurnal Skills, 3(2), 153–162.
Prayoga, R. F., & Adi, S. W. (2023). Pengaruh Profesionalisme, Implementasi Standar Akuntansi Pemerintah, Kompetensi Sumber Daya Manusia, Dan Penerapan Sistem Pengendalian Internal Terhadap Kualitas Pelaporan Keuangan Pemerintah Daerah. Universitas Muhammadiyah Surakarta Abstrak, 32, 1–10.
Rijal Badar. (2021). Pengaruh Partisipasi Anggaran dan Etika terhadap Kesenjangan Anggaran. Jurnal AKRAB JUARA, 6, 1–12.
Setyawan, M. H. D. (2015). Pengaruh Prinsip Keadilan, Transparansi, dan Akuntabilitas Pengelolaan Anggaran terhadap Produktivitas Sekolah (Persepsi Guru SMP N 3 Mertoyudan Magelang). Universitas Negri Semarang, 1(1), 119. https://lib.unnes.ac.id/20689/
Sudiarti, N. W., & Juliarsa, G. (2020). Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia dan Locus of Control terhadap Kualitas Laporan Keuangan LPD Ni. E-Jurnal Akuntansi, 30(2), 3066–3080.
Surajiyo, & Dhika, H. (2024). Teori-teori Etika Dan Peranan Prinsip Etika Bisnis Dalam Kelangsungan Usaha Perusahaan Bisnis. Jurnal Manajemen, 11(1), 68–76. https://doi.org/10.37817/jurnalmanajemen.v11i1
Wele, M. Y. E., & Mildawati, T. (2022). Pengaruh Akuntabilitas Dan Transparansi Pelaporan pertanggungjawaban Keuangan Terhadap pengelolaan Anggaran Dana Bos. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 11(5), 1–19. http://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/4797.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










