ANALISIS PROSES DAN KETERLIBATAN PIHAK SEKOLAH DALAM PENYUSUNAN RKAS DI SMAN 1 PERCUT SEI TUAN

Authors

  • Annisa Putri Hairani Universitas Negeri Medan
  • Dina Rindiani Universitas Negeri Medan
  • Rodeo Dongoran Universitas Negeri Medan
  • Refis Telembanua Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.61722/jipm.v3i5.1509

Keywords:

RKAS Preparation, Stakeholder Participation, RKAS Preparation Procedure

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penyusunan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) di SMAN 1 Percut Sei Tuan, menganalisis keterlibatan pihak-pihak terkait, mengidentifikasi kendala selama penyusunan, dan menemukan solusi serta strategi untuk meningkatkan efektivitas penyusunan RKAS. Tujuan ini sejalan dengan upaya peningkatan transparansi, akuntabilitas, efektivitas, dan efisiensi penggunaan dana sekolah guna mendukung mutu pendidikan yang berkelanjutan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam terhadap pihak-pihak yang terlibat, di antaranya kepala sekolah, guru, bendahara, dan komite sekolah. Analisis data dilakukan dengan menguraikan jawaban responden untuk memahami proses penyusunan RKAS dan keterlibatan seluruh pihak secara menyeluruh. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penyusunan RKAS sudah dilakukan secara partisipatif dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan, namun terdapat kendala berupa keterbatasan anggaran, pemahaman teknis terhadap juknis BOS, dan tekanan waktu dalam penyusunan. Sekolah menggunakan dana SPP sebagai pelengkap dana BOS untuk memenuhi kebutuhan yang tidak tercakup. Selain itu, upaya sosialisasi internal dan peningkatan kapasitas menjadi solusi penting untuk memperbaiki kualitas penyusunan RKAS. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar SMAN 1 Percut Sei Tuan mengadakan pelatihan teknis rutin bagi guru dan staf terkait juknis penggunaan dana BOS dan aplikasi ARKAS. Penyusunan anggaran harus diprioritaskan untuk program utama yang berdampak langsung pada peningkatan mutu pendidikan. Transparansi penggunaan dana SPP juga perlu ditingkatkan dengan keterlibatan aktif komite sekolah. Selain itu, perencanaan waktu penyusunan RKAS harus diperbaiki agar tidak dilakukan secara terburu-buru, dengan membentuk tim inti yang siap mengelola data secara matang.

References

Ary Prayuni, I. (2024). Efektivitas Manajemen Madrasah. Edu-Riligia: Jurnal Kajian Pendidikan Islam Dan Keagamaan, 158-171.

Basri. (2018). Pelaksanaan Manajemen Partisipatif Dalam Meningkatkan Partisipasi Warga Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, Dan Humanior, 363-369.

Dr. Anwar Mujahidin, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Ponorogo: Cv. Nata Karya.

Dr. H. A. Rusdiana, M. (2019). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Filosofi, Konsep, Dan Aplikasi. Bandung: Uin Sgd Bandung Tresna Bhakti Press Bandung.

Handika Surya Dinataa, A. M. (2023). Analisis Penerapan Prinsip Transparansi Dan Akuntabilitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah Di Sman 12 Kota Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 49-57.

Heri Herdianto, E. D. (2024). Analisis Aplikasi Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (Arkas) Dengan Menggunakan Metode Techonology Acceptance Model (Tam) (Studi Pada Smk Swasta Di Kabupaten Ciamis). Informatics And Digital Expert (Index), 1-9.

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2020 Tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah Reguler. Diundangkan Di Jakarta, 6 Februari 2020.

Mohammad Bilutfikal Khofi, I. W. (2025). Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan Di Sekolah: Implementasi Dan Dampaknya. Hatta: Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 1-12.

Nuriyawati, M. G. (2025). Pengaruh Transparansi, Akuntabilitas, Dan Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Dana Bos Terhadap Mutu Pendidikan. Social: Jurnal Inovasi Pendidikan Ips, 143-151.

Rahmah, N. (2016). Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan Sekolah. Journal Of Islamic Education Management, 73-77.

Ramdhansyah, S. K.-K. (2024). Partisipasi Guru Dalam Penyusunan Anggaran Sekolah Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Anggaran Sekolah. Jurnal Pendidikan Indonesia, 890-901.

Sigi, A. S. (2023, Desember 17). Rapat Penyusunan Rencana Anggaran Sekolah Sma Negeri 6 Sigi Tahun Anggaran 2024 . Retrieved From Rapat Penyusunan Rencana Anggaran Sekolah Sma Negeri 6 Sigi Tahun Anggaran 2024: Https://Sman6sigi.Sch.Id/Read/60/Rapat-Penyusunan-Rencana-Anggaran-Sekolah-Sma-Negeri-6-Sigi-Tahun-Anggaran-2024

Sudari, S. N. (2024). Strategi Penyusunan Dan Implementasi Rks Dan Rkas Untuk Mewujudkan Pendidikan Berkualitas. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 330-343.

Downloads

Published

2025-10-14

How to Cite

Annisa Putri Hairani, Dina Rindiani, Rodeo Dongoran, & Refis Telembanua. (2025). ANALISIS PROSES DAN KETERLIBATAN PIHAK SEKOLAH DALAM PENYUSUNAN RKAS DI SMAN 1 PERCUT SEI TUAN. JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA, 3(5), 613–623. https://doi.org/10.61722/jipm.v3i5.1509

Issue

Section

##section.default.title##