PENGARUH MEDIA KARTU HURUF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA I HIDUP RUKUN DI RUMAH KELAS II UPTD SD NEGERI 122398 PEMATANG SIANTAR
DOI:
https://doi.org/10.61722/jipm.v1i3.31Abstract
This exploration means to decide the impact of letter card media on sub-subject I Residing as one at home to further develop the learning results of Class II UPTD understudies at SD Negeri 122398 Pematang Siantar. The examination configuration utilized is a quantitative methodology with a trial strategy as a one gathering pretest posttest plan without a correlation bunch. The populace in this review were all class II understudies at UPTD SD Negeri 122398 Pematang Siantar and the example utilized was 23 understudies at UPTD SD Negeri 122398 Pematang Siantar. The consequences of speculation testing utilizing the t test strategy matched example t test with the assistance of the SPSS Variant 21 program, in light of the computation results that the critical worth is 0.000 < 0.05, so ho is dismissed and ha is acknowledged or by impacting tcount > ttable with df = (n-1) to be specific the worth of tcount = 9.997> ttable = 1.717.
References
Alfiatun, N. U. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Huruf Terhadap Keterampilan Menulis Aksara Jawa Siswa Kelas III MI Ma'arif Mayak Tonatan Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Ahmad Zaki, D. Y. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pelajaran PKN SMA Swasta Darussa’adah Kec.Pangkalan Susu. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809–820. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v7i2.618
https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/ikhtibar/article/view/1787/1178
Arsyad Azhar. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Online 20 Juni
Amalia, H. R. (2020). Pengaruh Media Pada Pembelajaran Tematik Di MI MA'Arif Nu 1 Rancamaya Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas.
Andayani Sri. (2019). Kegiatan Bermain Kartu Huruf Bergambar Dapat Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Kelompok B TK Aisyiyah BA Pancor. Vol 1 No 2: AGUSTUS.
https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/view/272
Ardansyah, H. d. (2017). Statistika Pendidikan. (A. Daulay, Ed.) Medan: Perdana Publishing.
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian.Jakarta.
Barseli, M., Ahmad, R., & Ifdil, I. (2018). Hubungan stres akademik siswa dengan hasil belajar. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1),40.https://doi.org/10.29210/120182136
https://jurnal.iicet.org/index.php/j-edu/article/view/136 online 17 Juni.
Firdaus, P. H. (2019, Maret). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Kartu Huruf. Japra, 2 Nomor 2, 65-73.
Hayes, C., Hardian, H., & Sumekar, T. (2017). Pengaruh Brain Training Terhadap
Tingkat Inteligensia Pada Kelompok Usia Dewasa Muda. Jurnal Kedokteran Diponegoro, 6(2), 402–416.
https://juliwi.com/published/E0104/Paper0104_104-117.pdf
Online 19 Juni
Jians Brian Salawati, L. S. (2019, Desember). Pengaruh Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. International Journal Of Elementary Education, 4 Number 1, 100-106.
Muhammad Hasan, M. T. (2021, Mei). Media Pembelajaran. (F. Sukmawati, Ed.) Tahta Media Group, 260, 270.
Mukarrama. (2018). Pengaruh Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Murid Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 SDN 20 Tala-Tala Kabupaten Bantaeng.
Mahnum, N. (2012, Juni). Media Pembelajaran (Kajian Terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media dan Implementasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Pemikiran Islam, 37 No.1, 27-35.
https://ejournal.uinsuska.ac.id/index.php/%20Anida/article/viewFile/310/293online 17 Juni
Nurfadilah, Septy. (2021). Media Pembelajaran. Jawa Barat: Kab.Sukabumi. CV Jejak, anggota IKAPI.
Nurrita, T. (2018, Juni). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03, Nomor 01, 171-187. Online 19 Juni
Naimah Nadhrotun. (2019). Peningkatan hasil belajar Tematik subtema hidup
rukun di sekolah menggunakan model kooperatif tipe Think Pair Share (Tps) pada siswa kelas II. (Mi H. Achmad Ali)Surabaya.
Nurhasanah, E. (2021, Desember). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Flashcard Huruf Hijaiyah Terhadap Hasil Belajar Iqro Pada Santri The Gold Generation. JIEPP, 1 Nomor 2, 60-68.
Rosi'a, M. I. (2021, September). Efektivitas Penggunaan Media Kartu Huruf Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 MI Miftahul Ulum Karangsari Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon. Action Research Journal Indonesia, 3 Nomor 3, 221-231.
Sapriyah. (2019). Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Prosiding Seminar Nasional Nasional Pendidikan Fkip, 2 No. 1, 470 - 477.
https://www.ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika/article/view/796/591Online 19 Juni
Salawati, J. B., & Suoth, L. (2020). Pengaruh Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. International Journal of Elementary Education, 4(1), 100. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24383 Online 19 Juni
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/view/24383/14787Online 19 Juni
Siti, R. d. (2017). Pengenalan Abjad Pada Anak Usia Dini Melalui Media Kartu Huruf. Of Early Childhood Islamic Education, 1 No. 1.
http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/2620/ Online 17 Juni
Saragih, L. M., Tanjung, D. S., & Anzelina, D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Lisenia. Jurnal Basicedu, 5(4), 5877–5889.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230
https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1250 online 17 Juni
Simaremare, J, A. Purba, N. Metode Cooperativ Learning Tipe Jigsaw Dalam
Peningkatan Motivasi an Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.
https://repository.penerbitwidina.com/publications/337808/metode-cooperatiflearning-tipe-jigsaw-dalam-peningkatan-motivasi-dan-hasil-bela online 17 Juni.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif DAN R & D. Bandung: Alfabeta, Bandung.
Shalatsi Havisa, S. d. (2021, Januari). Pengaruh Metode Suku Kata Menggunakan Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong. Papeda, 3 Nomor 1, 23-31
Sudjana N. (2018). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya
Tafonao, T. (2018, Juli). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Journal Komunikasi Pendidikan, 2 No. 2, 103-114.
http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/view/113 online 17 Juni
UU No. 20 Tahun 2003 Pasal 1
file:///C:/Users/Administrator/Downloads/2019_11_1203_49_06_9ab7e1fa524ba603bc2cdbeb7bff93c3-3.pdf Online 20 Juni
Utsnani Qomari, B. N. (2021, Februari). Pengaruh Media Kartu Huruf Terhadap
Kemampuan Membaca Awal Anak Usia Dini Di Desa Rempung. Journal
Homepage, 1 Nomor 1, 31-35.
Widya Ningsih, A. S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Permainan Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 SDN 13 Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Jurnal Dharma PGSD, 1 Nomor 2, 193-201
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.