PENGARUH MEDIA KARTU HURUF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA I HIDUP RUKUN DI RUMAH KELAS II UPTD SD NEGERI 122398 PEMATANG SIANTAR

Authors

  • Luisa Yanti Aprina Hia Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Theresia Monika Siahaan Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Winarto Silaban Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar

DOI:

https://doi.org/10.61722/jipm.v1i3.31

Abstract

This exploration means to decide the impact of letter card media on sub-subject I Residing as one at home to further develop the learning results of Class II UPTD understudies at SD Negeri 122398 Pematang Siantar. The examination configuration utilized is a quantitative methodology with a trial strategy as a one gathering pretest posttest plan without a correlation bunch. The populace in this review were all class II understudies at UPTD SD Negeri 122398 Pematang Siantar and the example utilized was 23 understudies at UPTD SD Negeri 122398 Pematang Siantar. The consequences of speculation testing utilizing the t test strategy matched example t test with the assistance of the SPSS Variant 21 program, in light of the computation results that the critical worth is 0.000 < 0.05, so ho is dismissed and ha is acknowledged or by impacting tcount > ttable with df = (n-1) to be specific the worth of tcount = 9.997> ttable = 1.717.

References

Alfiatun, N. U. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Huruf Terhadap Keterampilan Menulis Aksara Jawa Siswa Kelas III MI Ma'arif Mayak Tonatan Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Ahmad Zaki, D. Y. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pelajaran PKN SMA Swasta Darussa’adah Kec.Pangkalan Susu. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809–820. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v7i2.618

https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/ikhtibar/article/view/1787/1178

Arsyad Azhar. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Online 20 Juni

Amalia, H. R. (2020). Pengaruh Media Pada Pembelajaran Tematik Di MI MA'Arif Nu 1 Rancamaya Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas.

Andayani Sri. (2019). Kegiatan Bermain Kartu Huruf Bergambar Dapat Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Kelompok B TK Aisyiyah BA Pancor. Vol 1 No 2: AGUSTUS.

https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/view/272

Ardansyah, H. d. (2017). Statistika Pendidikan. (A. Daulay, Ed.) Medan: Perdana Publishing.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian.Jakarta.

Barseli, M., Ahmad, R., & Ifdil, I. (2018). Hubungan stres akademik siswa dengan hasil belajar. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1),40.https://doi.org/10.29210/120182136

https://jurnal.iicet.org/index.php/j-edu/article/view/136 online 17 Juni.

Firdaus, P. H. (2019, Maret). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Kartu Huruf. Japra, 2 Nomor 2, 65-73.

Hayes, C., Hardian, H., & Sumekar, T. (2017). Pengaruh Brain Training Terhadap

Tingkat Inteligensia Pada Kelompok Usia Dewasa Muda. Jurnal Kedokteran Diponegoro, 6(2), 402–416.

https://juliwi.com/published/E0104/Paper0104_104-117.pdf

Online 19 Juni

Jians Brian Salawati, L. S. (2019, Desember). Pengaruh Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. International Journal Of Elementary Education, 4 Number 1, 100-106.

Muhammad Hasan, M. T. (2021, Mei). Media Pembelajaran. (F. Sukmawati, Ed.) Tahta Media Group, 260, 270.

Mukarrama. (2018). Pengaruh Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Murid Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 SDN 20 Tala-Tala Kabupaten Bantaeng.

Mahnum, N. (2012, Juni). Media Pembelajaran (Kajian Terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media dan Implementasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Pemikiran Islam, 37 No.1, 27-35.

https://ejournal.uinsuska.ac.id/index.php/%20Anida/article/viewFile/310/293online 17 Juni

Nurfadilah, Septy. (2021). Media Pembelajaran. Jawa Barat: Kab.Sukabumi. CV Jejak, anggota IKAPI.

https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=zPQ4EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=septy+nurfadilah+media+pembelajaran&ots=LR3N5d-vR8&sig=_F9S0hnvh5uS7U0hojB5XVQa0ZU&redir_esc=y#v=onepage&q=septy%20nurfadilah%20media%20pembelajaran&f=false online 17 Juni

Nurrita, T. (2018, Juni). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03, Nomor 01, 171-187. Online 19 Juni

Naimah Nadhrotun. (2019). Peningkatan hasil belajar Tematik subtema hidup

rukun di sekolah menggunakan model kooperatif tipe Think Pair Share (Tps) pada siswa kelas II. (Mi H. Achmad Ali)Surabaya.

https://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=Benjamin+s.+bloom+dalam+nadhrotun+naimah+2019+tujuan+pendidikan&btnG=#d=gs_qabs&t=1687249004568&u=%23p%3D0ZbBAIJDheUJOnline 20 Juni

Nurhasanah, E. (2021, Desember). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Flashcard Huruf Hijaiyah Terhadap Hasil Belajar Iqro Pada Santri The Gold Generation. JIEPP, 1 Nomor 2, 60-68.

Rosi'a, M. I. (2021, September). Efektivitas Penggunaan Media Kartu Huruf Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 MI Miftahul Ulum Karangsari Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon. Action Research Journal Indonesia, 3 Nomor 3, 221-231.

Sapriyah. (2019). Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Prosiding Seminar Nasional Nasional Pendidikan Fkip, 2 No. 1, 470 - 477.

https://www.ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika/article/view/796/591Online 19 Juni

Salawati, J. B., & Suoth, L. (2020). Pengaruh Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. International Journal of Elementary Education, 4(1), 100. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24383 Online 19 Juni

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/view/24383/14787Online 19 Juni

Siti, R. d. (2017). Pengenalan Abjad Pada Anak Usia Dini Melalui Media Kartu Huruf. Of Early Childhood Islamic Education, 1 No. 1.

http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/2620/ Online 17 Juni

Saragih, L. M., Tanjung, D. S., & Anzelina, D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Lisenia. Jurnal Basicedu, 5(4), 5877–5889.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230

https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1250 online 17 Juni

Simaremare, J, A. Purba, N. Metode Cooperativ Learning Tipe Jigsaw Dalam

Peningkatan Motivasi an Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

https://repository.penerbitwidina.com/publications/337808/metode-cooperatiflearning-tipe-jigsaw-dalam-peningkatan-motivasi-dan-hasil-bela online 17 Juni.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif DAN R & D. Bandung: Alfabeta, Bandung.

Shalatsi Havisa, S. d. (2021, Januari). Pengaruh Metode Suku Kata Menggunakan Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong. Papeda, 3 Nomor 1, 23-31

Sudjana N. (2018). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya

Tafonao, T. (2018, Juli). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Journal Komunikasi Pendidikan, 2 No. 2, 103-114.

http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/view/113 online 17 Juni

UU No. 20 Tahun 2003 Pasal 1

file:///C:/Users/Administrator/Downloads/2019_11_1203_49_06_9ab7e1fa524ba603bc2cdbeb7bff93c3-3.pdf Online 20 Juni

Utsnani Qomari, B. N. (2021, Februari). Pengaruh Media Kartu Huruf Terhadap

Kemampuan Membaca Awal Anak Usia Dini Di Desa Rempung. Journal

Homepage, 1 Nomor 1, 31-35.

Widya Ningsih, A. S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Permainan Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 SDN 13 Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Jurnal Dharma PGSD, 1 Nomor 2, 193-201

Downloads

Published

2023-10-01

How to Cite

Luisa Yanti Aprina Hia, Theresia Monika Siahaan, & Winarto Silaban. (2023). PENGARUH MEDIA KARTU HURUF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA I HIDUP RUKUN DI RUMAH KELAS II UPTD SD NEGERI 122398 PEMATANG SIANTAR. JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA, 1(3), 80–91. https://doi.org/10.61722/jipm.v1i3.31

Issue

Section

##section.default.title##