HIERARKI PENGARUH DALAM KEBIJAKAN LISENSI KONTEN TELEVISI UEFA CHAMPIONS LEAGUE DI SCTV

Authors

  • Fauzan Rasyid Nabawi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Riyanda Lastthio Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Rindu Putri Nazareni Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Salsa Layyinun Nadzifah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Pia Khoirotun Nisa Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.61722/jipm.v2i3.60

Keywords:

Hierarki Pengaruh, Kebijakan Lisensi, Konten Televisi, SCTV, UEFA Champions League

Abstract

Dari sekian banyaknya acara olahraga di televisi, salah satunya yang paling digemari yaitu pertandingan sepakbola, banyak orang yang tidak kenal waktu dalam menonton pertandingan sepakbola di televisi, mulai dari sore, malam bahkan rela begadang demi menonton pertandingan sepabola di televisi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hierarki pengaruh kebijakan lisensi penayangan Champions League di stasiun televisi SCTV dan untuk mengetahui level mana yang paling berpengaruh pada pembentukan kebijakan lisensi konten televisi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan permasalahan dan focus penelitian. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat 5 level jika dikaitkan dengan Hierarki pengaruh memengaruhi kebijakan lisensi konten televisi, khususnya dalam kasus siaran Champions League di SCTV. Dan level yang paling berpengaruh yaitu level rutinitas media dan juga level ideologi media.

References

Ardianto, E. (2014). KOMUNIKASI MASSA SUATU PENGANTAR EDISI REVISI. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Arikunto, S. (1992). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik,. Jakarta: Bina Aksara.

Margono, S. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan Cet 2. Jakarta: Rineka Cipta.

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Morissan. (2010). TEORI KOMUNIKASI MASS. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nurudin. (2017). PENGANTAR KOMUNIKASI MASSA. Jakarta: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Reese, P. J. (1991). Mediating the Message, Theories of Influences on Mass Media Content. New York: Longman Publishers USA.

Adhiana, Y. (2020). KEBIJAKAN LAYOUT SURAT KABAR PRIANGAN (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Kebijakan Layout Surat Kabar Priangan). Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian, 7.

Andhika. (2020). Pengaruh Program UEFA Champions League di Orange TV Terhadap Minat Menonton. International Journal of Social Science and Business, 26.

Cendra, R. (2017). PENGARUH MENONTON PERTANDINGAN SEPAKBOLA DI TELEVISI TERHADAP PERILAKU SOSIAL ANAK DALAM BERMAIN SEPAKBOLA. Journal Sport Area, 196.

Sayrevi, Z. (2024). Pengaruh Tayangan Sepakbola Terhadap Kedekatan Personal terhadap Komunitas Ayam Kinantan. UTURAN: Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial dan Humaniora, 196.

Widodo, N. A. (2021). ANALISIS PENYEBAB KEKALAHAN MANCHESTER UNITED VS PARIS SAINT GERMAIN DI UEFA CHAMPIONS LEAGUE 2020. JURNAL KESEHATAN OLAHRAGA, 392.

Arwiansyah, F. (2015). Budaya Organisasi di Departemen On Air Promotion PT. Surya Citra Televisi. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Downloads

Published

2024-05-24

How to Cite

Fauzan Rasyid Nabawi, Riyanda Lastthio, Rindu Putri Nazareni, Salsa Layyinun Nadzifah, & Pia Khoirotun Nisa. (2024). HIERARKI PENGARUH DALAM KEBIJAKAN LISENSI KONTEN TELEVISI UEFA CHAMPIONS LEAGUE DI SCTV. JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA, 2(3), 81–95. https://doi.org/10.61722/jipm.v2i3.60

Issue

Section

##section.default.title##