PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI INGLANFIS SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN
DOI:
https://doi.org/10.61722/jipm.v3i3.974Abstract
Pendidikan modern menuntut pembelajaran yang tidak hanya informatif, tetapi juga inovatif dan adaptif terhadap perkembangan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis PowerPoint terhadap hasil belajar siswa kelas XI Inglanfis di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan. PowerPoint sebagai salah satu media visual interaktif diyakini mampu menyajikan materi secara lebih menarik, sistematis, dan mudah dipahami, sehingga dapat meningkatkan minat, fokus, serta pemahaman siswa terhadap pelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik total sampling terhadap 35 siswa, dan data dianalisis melalui regresi linear sederhana menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan media PowerPoint dan hasil belajar siswa, yang ditunjukkan dengan nilai thitung sebesar 4,882 > ttabel 1,69236, serta nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Nilai koefisien regresi sebesar 0,869 menyiratkan bahwa setiap peningkatan penggunaan media PowerPoint akan meningkatkan hasil belajar siswa secara proporsional. Koefisien determinasi sebesar 0,419 menunjukkan bahwa 41,9% variasi hasil belajar dapat dijelaskan oleh penggunaan media PowerPoint. Temuan ini menunjukkan bahwa media PowerPoint memiliki peran strategis dalam menciptakan pembelajaran yang lebih interaktif, menyenangkan, dan bermakna.
References
ANDARIRA, LAN SEPRANI. Pengembangan Mobile Learning Apllication Berbasis Android Tentang Perilaku Prososial Dalam Pencegahan Perundungan Pada Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama Kota Bandar Lampung. Diss. UIN RADEN INTAN LAMPUNG, 2023.
Ali, Aisyah, et al. Media Pembelajaran Interaktif: Teori Komprehensif dan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2024.
Aditya, Dedy Yusuf. "Pengaruh penerapan metode pembelajaran resitasi terhadap hasil belajar matematika siswa." SAP (Susunan Artikel Pendidikan) 1.2 (2016).
Gunawan, Gunawan, and Asnil Aida Ritonga. "Media Pembelajaran Berbasis Industri 4.0." (2020).
Junaidi, Junaidi. "Peran media pembelajaran dalam proses belajar mengajar." Diklat Review: Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan 3.1 (2019): 45-56.
Muhammad, Rais. "Pengaruh penggunaan multimedia presentasi berbasis prezi dan gaya belajar terhadap kemampuan mengingat konsep." Jurnal Media Komunikasi Pendikan Teknologi dan Kejuruan 2.1 (2015): 10-24.
Riyanti, Apriani, et al. Strategi pembelajaran bahasa Indonesia. Penerbit Widina, 2022.
Rohza, Athia, and Maria Montessori. "Pemanfaatan media pembelajaran pada mata pelajaran Sejarah di Man 1 Merangin Jambi." Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development 4.4 (2022): 288-293.
Suratman, Asep, Dadi Afyaman, and Rifa Rakhmasari. "Pembelajaran berbasis TIK terhadap hasil belajar matematika dan motivasi belajar matematika siswa." Jurnal Analisa 5.1 (2019): 41-50.
Tafonao, Talizaro. "Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa." Jurnal komunikasi pendidikan 2.2 (2018): 103-114.
Wulandari, Olivia Ayu, and Indah Setyo Wardhani. "MEDIA DAN GAYA BELAJAR SISWA: STRATEGI DALAM PEMBELAJARAN EFEKTIF." Jurnal Media Akademik (JMA) 2.11 (2024).
Wahab, Abdul, et al. Media pembelajaran matematika. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 2021.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.