PENGARUH AKUNTANSI LINGKUNGAN TERHADAP REPUTASI DAN NILAI PASAR: STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN PUBLIK DI ASEAN
PENGARUH AKUNTANSI LINGKUNGAN TERHADAP REPUTASI DAN NILAI PASAR: STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN PUBLIK DI ASEAN
DOI:
https://doi.org/10.61722/jemba.v2i1.612Keywords:
Akuntansi Lingkungan, Reputasi, Nilai PasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh akuntansi lingkungan terhadap reputasi dan nilai pasar perusahaan publik di ASEAN. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi pustaka, mengumpulkan dan menganalisis literatur yang relevan mengenai akuntansi lingkungan, tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), dan dampaknya terhadap kinerja pasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan yang menerapkan akuntansi lingkungan secara efektif cenderung memiliki reputasi yang lebih baik di mata publik dan investor. Reputasi positif ini berkontribusi pada peningkatan nilai pasar, karena investor lebih tertarik untuk berinvestasi dalam perusahaan yang dianggap bertanggung jawab secara sosial dan lingkungan. Selain itu, pengungkapan informasi lingkungan yang transparan membantu membangun kepercayaan dengan pemangku kepentingan. Penelitian ini juga menyoroti pentingnya integrasi CSR dalam strategi bisnis perusahaan untuk meningkatkan kinerja lingkungan dan reputasi. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa komitmen terhadap akuntansi lingkungan tidak hanya memenuhi kewajiban moral tetapi juga menciptakan nilai jangka panjang bagi perusahaan di pasar yang semakin kompetitif.
References
Amrillah, H. (2020). Determinan Pengungkapan Lingkungan : Perspektif Anugerah Proper. STIE Perbanas Surabaya.
Andrefe, A. C., & Kurniawati, E. P. (2024). Pengaruh Kinerja Lingkungan Terhadap Kinerja Keuangan Dengan Reputasi Perusahaan Sebagai Pemoderasi. Among Makarti, 17(1), 1. https://doi.org/10.52353/ama.v17i1.586
Angela Merici, Aboladaka, J., & Neonufa, G. F. (2023). Environmental, Social dan Governance (ESG) dan Kinerja Keuangan Perusahaan Publik di Indonesia. Owner, 7(2), 1186–1195. https://doi.org/10.33395/owner.v7i2.1371
Azizah, N., & Cahyaningtyas, F. (2023). Pengaruh Csr, Kinerja Lingkungan, Dan Biaya Lingkungan Terhadap Profitabilitas. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 17(2), 212–225. https://doi.org/10.32815/jibeka.v17i2.1557
Benanda, E., & Parasetya, M. T. (2021). Analisis Pengaruh Tata Kelola Corporate Social Responsibility dan Kinerja Corporate Social Responsibility Berorientasi Lingkungan dan Sosial Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan. Diponegoro Journal of Accounting, 10(4), 1–15. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/accounting/article/view/33013%0Ahttps://ejournal3.undip.ac.id/index.php/accounting/article/download/33013/26377
Carolina, V., & Purwantini, A. H. (2020). Pengaruh Pengendalian Internal, Struktur Kepemilikan,Sales Growth, Ketidakpastian Lingkungan, dan KoneksiPolitik terhadap Tax Avoidance (Studi Empiris PadaPerusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI Periode2015-2019). Business and Economics Conference in Utilization of Modern Technology, 154–173.
Citrajaya, D., & Ghozali, I. (2020). Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Aktivitas CSR Dalam Dimensi Tata Kelola, Lingkungan, dan Sosial Terhadap Manajemen Laba. Diponegoro Journal of Accounting, 9(2), 1–14. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/accounting
Dinda Indri L. L., Intan Sari, Riski Ilham Syah Saputra, Sonya Widia Sari, Rika Damai Yanti, & Ersi Sisdianto. (2023). Integrasi Akuntansi Lingkungan Untuk Kinerja Bisnis Dan Pertanggungjawaban Yang Komprehensif. Jurnal Mutiara Ilmu Akuntansi, 2(1), 244–254. https://doi.org/10.55606/jumia.v2i1.2370
Ernawan, E. R. (2014). Tanggungjawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility). Management Dan Bisnis, 11(2), 155–173.
Faisal, G. N., & Syafruddin, M. (2020). PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KINERJA KEUANGAN DENGAN MANAJEMEN LABA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018). Diponegoro Journal of Accounting, 9(2), 1–13. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/accounting
Friendty, F., & Anita, A. (2022). Informasi Akuntansi Lingkungan: Apa yang Memotivasi Perusahaan untuk Mengungkapkan? Jurnal Akuntansi, 6(1), 471–486. https://doi.org/10.33395/owner.v6i1.542
Haholongan. (2016). KINERJA LINGKUNGAN DAN KINERJA EKONOMI PERUSAHAAN MANUFAKTUR GO PUBLIC. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 19(3), 413–424. https://core.ac.uk/reader/234029110
Husada dan Handayani. (2021). PENGARUH PENGUNGKAPAN ESG TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN SEKTOR KEUANGAN YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2017-2019). Jurnal Bina Akuntansi, 8(2), 122–144.
Kurniawan, T., Sofyani, H., & Rahmawati, E. (2018). Pengungkapan Sustainability Report dan Nilai Perusahan: Studi Empiris di Indonesia dan Singapura. Kompartemen: Jurnal Ilmiah Akuntansi, 16(1), 1–20. https://doi.org/10.30595/kompartemen.v16i1.2100
Kusumaningrum, M., & Astuti, C. D. (2024). Pengaruh Akuntansi Lingkungan dan Green Intellectual Capital terhadap Nilai Perusahaan dengan Sustainability Report Independent Assurance sebagai Variabel Moderasi. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 4(3), 1448–1463. https://doi.org/10.37481/jmeb.v4i3.920
Listari, S. (2018). Analisis Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan pada Perusahaan-Perusahaan yang Terdaftar Dalam Indeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 6(1), 51–60. https://doi.org/10.37641/jimkes.v6i1.36
Nayseo, M. N., Oki, A., & Manehat, B. Y. (2023). Dampak Akuntansi Lingkungan Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Di Indonesia: Sebuah Studi Literatur. JAKA-Jurnal Jurusan Akuntasi, 8(1), 27–32. http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/jaka/article/view/1083%0Ahttp://jurnal.pnk.ac.id/index.php/jaka/article/download/1083/563
Pamungkas, A. (2019). Pengaruh Penerapan Enterprise Risk Management (COSO) Terhadap Nilai Perusahaan:Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI. Jurnal Akuntansi Maranatha, 11(1), 12–21. https://doi.org/10.28932/jam.v11i1.1539
Parahdila, L., Mukhzarudfa, M., & Wiralestari, W. (2023). Pengaruh Kinerja Keuangan Dan Kinerja Lingkungan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2017-2019). Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja, 7(3), 168–179. https://doi.org/10.22437/jaku.v7i3.25156
Prabantama, H. P., & Parasetya, M. T. (2022). Pengaruh Profitabilitas Dan Tata Kelola Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Intervening Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Barang Konsumsi Primer yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesi. Diponegoro Journal of Accounting, 11(4), 1–14. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/accounting
Putri, F. C. D. (2024). … Publik, Dan Kinerja Lingkungan Terhadap Pengungkapan Emisi Karbon (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Energi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). 6(4), 1544–1555. https://repository.unja.ac.id/64283/%0Ahttps://repository.unja.ac.id/64283/1/SKRIPSI Ferandien Cahya Dira Putri_C1C020068.pdf
Qintharah, Y. N. (2023). Determinan Pengungkapan Lingkungan Dimoderasi oleh Tata Kelola Terintegrasi. Jurnal Equity, 25(2), 68–85. https://doi.org/10.34209/equ.v25i2.4820
Rahma, A. (2024). Ukuran Perusahaan dan Kinerja Keuangan: Faktor Penting dalam Memprediksi Nilai Perusahaan. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 4(1), 11–19. https://doi.org/10.37481/jmeb.v4i1.648
Rohana Sagala, D., & Karlina Aprilia, R. K. (2023). Pengaruh Kinerja Lingkungan Dan Pengungkapan Lingkungan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Energi dan Basic Materials yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2021). Diponegoro Journal of Accounting, 12(4), 1–13. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/accounting
Setiawan, T., & Aprilia, A. (2022). Pengaruh Corporate Social Responsibility, Millennial Leadership, Gender Diversity terhadap Nilai Perusahaan. Owner, 6(3), 3261–3269. https://doi.org/10.33395/owner.v6i3.1014
Sheilla, S., & Natsir, K. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Consumer Goods Yang Terdaftar Di BEI. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 2(1), 206. https://doi.org/10.24912/jmk.v2i1.7461
Simon, A. Y. P., Wibowo, A. S., & Rosel, R. (2023). Pengaruh Penerapan Green Accounting Terhadap Kinerja Keuangan dengan Good Corporate Governance Sebagai Pemoderasi (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020. Jurnal Manajemen Sains Dan Organisasi, 3(3), 221–231. https://doi.org/10.52300/jmso.v3i3.7543
Sitanggang, T. N., & Doloksaribu, Y. A. S. (2021). Pertumbuhan Industri Barang Konsumsi Dinilai Melambat. Jurnal Paradigma Ekonomika, 16(4), 717–728.
Solikhah, I. (2022). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Profitabilitas dan Manajemen Laba (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2015-2017). Jurnal Akuntansi AKUNESA, 10(2), 94–106. https://doi.org/10.26740/akunesa.v10n2.p94-106
Tricahya Avilya, L., & Ghozali, I. (2022). Pengaruh Intellectual Capital, Good Corporate Governance Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Dengan Manajemen Laba Sebagai Variabel Mediasi (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2018-2020). Diponegoro Journal Of Accounting, 11(4), 1–15. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/accounting
Wahyuningsih, I., & Meiranto, W. (2021). Pengaruh Good Corporate Governance Dan Regulasi Pemerintah Terhadap Pengungkapan Informasi Akuntansi Lingkungan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2016-2019). Diponegoro Journal of Accounting, 10(4), 1–12.
Wijaya, H., Tania, D., & Cahyadi, H. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan. Jurnal Bina Akuntansi, 8(2), 109–121. https://doi.org/10.52859/jba.v8i2.148
Yusnida, S. T. (2024). Minimalisasi Dampak Negatif Penghindaran Pajak Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Tbk yang Masuk dalam Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT)). Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 10924–10934. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i3.11805
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.