PRINSIP PERENCANAAN KEUANGAN DALAM MENCAPAI KESEJAHTERAAN FINANSIAL INDIVIDU
DOI:
https://doi.org/10.61722/jemba.v2i3.873Keywords:
Planning; Finance; Sharia; Well-being; Investment; RibaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis prinsip keuangan yang berkontribusi dalam pencapaian kesejahteraan finansial individu, dengan pendekatan berbasis nilai-nilai syariah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prinsip-prinsip seperti membuat anggaran, mengelola pengeluaran, menabung dan berinvestasi dapat membantu individu mencapai kesejahteraan finansial. Dalam konteks ekonomi modern dan kebutuhan hidup yang kompleks, perencanaan keuangan yang sesuai dengan prinsip-prinsip islam seperti keadilan, keberkahan, dan tanggung jawab menjadi krusial. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui studi Pustaka terhadap literatur terkait perencanaan keuangan syariah, maqasid syariah dan indicator kesejahteraan finansial. Hasil kajian menunjukkan bahwa prinsip-prinsip seperti penetapan tujuan keuangan sesuai syariah, pengelolaan dan arus kas halal, penghindaran riba, penyusunan dana darurat, dan investasi yang etis dan produktif memberikan kontribusi signifikan dalam menunjukkan kesejahteraan finansial yang berkelanjutan dan diberkahi. Temuan ini memberikan implikasi bagi individu muslim, pendidik keuangan, dan praktisi perencanaan keuangan syariah dalam menyusun strategi yang sejalan dengan nilai-nilai islam. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan pengetahuan tentang perencanaan keuangan individu dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya mengelola keuangan dengan efektif.
References
Abbas, Q., Junqing, L., Ramzan, M., & Fatima, S. (2021). Role of Governance in Debt-Growth Relationship: Evidence from Panel Data Estimations. Sustainability, 13(11), 5954. https://doi.org/10.3390/su13115954
Amnas, M. B., Selvam, M., & Parayitam, S. (2024). FinTech and Financial Inclusion. Journal of Risk and Financial Management, 17(3), 108. https://doi.org/10.3390/jrfm17030108
Chen, B., & Chen, Z. (2023). Financial Literacy Confidence and Retirement Planning. Risks, 11(2), 46. https://doi.org/10.3390/risks11020046
Czech, K., et al. (2024). Financial Literacy: Challenges and Difficulties in Rural Areas. Agriculture, 14(10), 1705. https://doi.org/10.3390/agriculture14101705
Ekonomi, M., Syariah, K., & Negeri, K. (2019). REPUBLIK INDONESIA KEMENTRIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA.
Fitria, & Uyun, M. (2024). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perencanaan Keuangan Islam. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 7(1), 598–607. https://doi.org/10.36778/jesya.v7i1.1397
Fitriani, et al. (2025). Pentingnya Perencanaan Keuangan Bagi Generasi Muda. Community Development Journal, 6(1), 135–140.
Harahap, S., et al. (2022). Financial Literacy and Retirement Planning in Indonesia. International Journal of Financial Studies, 10(3), 66. https://doi.org/10.3390/ijfs10030066
Korankye, T., et al. (2024). Student Loan Debt and Emergency Savings. Journal of Risk and Financial Management, 17(9), 420. https://doi.org/10.3390/jrfm17090420
Liu, S., He, J., & Xu, D. (2023). Financial Literacy and Entrepreneurship in Rural China. IJERPH, 20(6), 4981. https://doi.org/10.3390/ijerph20064981
Luo, D., et al. (2024). Digital Finance and Sustainable Wealth. Sustainability, 16(18), 8266. https://doi.org/10.3390/su16188266
Mishra, D., et al. (2024). Digital Financial Literacy and Women’s Decision-Making. Journal of Risk and Financial Management, 17(10), 468. https://doi.org/10.3390/jrfm17100468
Mustafa, W. M. W., et al. (2023). Financial Literacy and Retirement Planning. Sustainability, 15(3), 2677. https://doi.org/10.3390/su15032677
Srianti, I. (2021). Pengaruh Pendapatan dan Pendidikan terhadap Perencanaan Keuangan PNS. Repository UNM.
Vieira, K. M., et al. (2023). Risky Indebtedness and Financial Well-Being. Journal of Risk and Financial Management, 16(12), 519. https://doi.org/10.3390/jrfm16120519
Artikel Jurnal (satu, dua, atau lebih dari dua penulis)
Hidayati, S.N. (2016). Pengaruh Pendekatan Keras dan Lunak Pemimpin Organisasi terhadap Kepuasan Kerja dan Potensi Mogok Kerja Karyawan. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 5(2), 57-66. http://dx.doi.org/10.30588/SOSHUMDIK.v5i2.164.
Risdwiyanto, A. & Kurniyati, Y. (2015). Strategi Pemasaran Perguruan Tinggi Swasta di Kabupaten Sleman Yogyakarta Berbasis Rangsangan Pemasaran. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 5(1), 1-23. http://dx.doi.org/10.30588/SOSHUMDIK.v5i1.142.
Bator, R. J., Bryan, A. D., & Schultz, P. W. (2011). Who Gives a Hoot?: Intercept Surveys of Litterers and Disposers. Environment and Behavior, 43(3), 295–315. https://doi.org/10.1177/0013916509356884.
Artikel Prosiding
Norsyaheera, A.W., Lailatul, F.A.H., Shahid, S.A.M., & Maon, S.N. (2016). The Relationship Between Marketing Mix and Customer Loyalty in Hijab Industry: The Mediating Effect of Customer Satisfaction. In Procedia Economics and Finance (Vol. 37, pp. 366–371). Elsevier B.V. https://doi.org/10.1016/S2212-5671(16)30138-1.
Working Paper
Armand, F. (2003). Social Marketing Models for Product-Based Reproductive Health Programs: A Comparative Analysis. Occasional Paper Series. Washington, DC. Retrieved from www.cmsproject.com.
Disertasi/Tesis/Paper Kerja
Belair, A. R. (2003). Shopping for Your Self: When Marketing becomes a Social Problem. Dissertation. Concordia University, Montreal, Quebec, Canada.
Lindawati (2015). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan Rumah Tangga Petani Usahatani Terpadu Padi-Sapi di Provinsi Jawa Barat. Institut Pertanian Bogor. Retrieved from http://repository.ipb.ac.id/ handle/123456789/85350.
Buku Teks
Kotler, P., & Lee, N. R. (2009). Up and Out of Poverty: The Social Marketing Solution. New Jersey: Pearson Education, Inc.
Laporan Instansi/Lembaga/Organisasi/Perusahaan
LPPSP. (2016). Statistik Indonesia 2016. Badan Pusat Statistik, 676. Jakarta. Diakses dari https://www.LPPSP.go.id/index.php/publikasi/326.
Artikel Surat Kabar/Majalah
Risdwiyanto, A. (2016). Tas Kresek Berbayar, Ubah Perilaku Belanja? Kedaulatan Rakyat, 22 Februari, 12.
Sumber dari internet dengan nama penulis
Chain, P. (1997). Same or Different?: A Comparison of the Beliefs Australian and Chinese University Students Hold about Learning’s Proceedings of AARE Conference. Swinburne University. Available at: http://www. swin.edu.au/aare/ 97pap/CHAN97058.html, diakses tanggal 27 Mei 2000.
Sumber dari internet tanpa nama penulis (tuliskan nama organisasi/perusahaan)
StatSoft, Inc. (1997). Electronic Statistic Textbook. Tulsa OK., StatSoft Online. Available at: http://www.statsoft.com/textbook/stathome.html, diakses tanggal 27 Mei 2000.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL ILMIAH EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.