ANALISIS VALIDITAS E-BOOK BERBASIS ARGUMENTASI ILMIAH DALAM MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

Authors

  • Halimatus Sa'diyah Universitas Negeri Surabaya
  • Suliyanah Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.61722/jipm.v2i4.350

Abstract

Abstract. This study aims to analyze the validity of scientific argumentation-based e-books in training students' critical thinking skills. This research uses the Research and Development (R&D) research type with the ADDIE development model (analysis, design, development, implementation, evaluation). At the analysis stage, questionnaires and interviews were distributed to understand the needs of students and teachers for learning media. At the design stage, the e-book design is adjusted to the learning objectives of temperature and heat material, critical thinking skills indicators, and scientific argumentation indicators. At the development stage, the e-book was validated by three validators who are physics experts. Based on the results of validation by three validators, the average percentage content aspects of 92.80% in the very valid category, language aspects of 91.70% in the very valid category, and presentation aspects of 95.00% in the very valid category. So that the scientific argumentation-based e-book developed is declared valid and decent to application as physics learning media to train students' critical thinking on temperature and heat material.  

Keywords: Scientific Argumentation, Critical Thinking, E-book, Learning Media.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas e-book berbasis argumentasi ilmiah dalam melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Pada tahap analisis (analysis) dilakukan penyebaran angket dan wawancara untuk memahami kebutuhan peserta didik dan guru terhadap media pembelajaran. Pada tahap desain (design) perancangan e-book yang disesuaikan dengan tujuan pembelajaran materi suhu dan kalor, indikator keterampilan berpikir kritis, dan indikator argumentasi ilmiah. Pada tahap pengembangan (development) dilakukan validasi e-book oleh tiga validator yang merupakan ahli fisika. Berdasarkan hasil validitas oleh tiga validator diperoleh persentase rata rata aspek isi sebesar 92,80% dalam kategori sangat valid, aspek kebahasaan sebesar 91,70% dalam kategori sangat valid, dan aspek penyajian sebesar 95,00% dalam kategori sangat valid. Sehingga e-book berbasis argumentasi ilmiah yang dikembangkan dinyatakan valid dan layak diterapkan sebagai media pembelajaran fisika untuk melatihkan berpikir kritis peserta didik pada materi suhu dan kalor.

Kata kunci: Argumentasi Ilmiah, Berpikir Kritis, E-book, Media Pembelajaran

References

Asri, A. S., & Dwiningsih, K. (2022). Validitas E-Modul Interaktif sebagai Media Pembelajaran untuk Melatih Kecerdasan Visual Spasial pada Materi Ikatan Kovalen. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 465-473.

Daryanto, & Karim, S. (2017). Pembelajaran Abad 21. Gaya Media.

Grafinger, D.J. (1988). Basics Of Instructional Systems Development. Alexandria: American Society for Training and Development, Issue 8803.

Istigfara, T., & Tressyalina. (2021). Validitas E-Book Interaktif Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMAN 8 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol 10 No 2; 20-28.

Kholiq, Abd. (2020). Pengembangan BD F-AR 2 (Buku Digital Fisika Berbasis Augmented Reality) untuk Melatih Literasi Sains Siswa tentang Materi Pemanasan Global. Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 8 (1), 50-58.

Makdis, Nasrul. (2020). Penggunaan E-Book Pada Era Digital. UIN Imam Bonjol Padang: Al-Maktabah, Vol.19, 77.

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar Di Abad 21 Sebagai Tuntutan Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Pendidikan, 12 (1), 29-40. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya Di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6 (2), 2099-2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082

Redhana, I. A. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13 (1), 2239-2253. https://doi.org/10.15294/jipk.v13i1.17824

Riduwan. (2015). Dasar-dasar Statistika. Bandung: CV. Alfabeta.

Salamiyah, Z., & Kholiq, Abd. (2020). Pengembangan ECTHING (E-Book Creative Thinking) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMK Pada Materi Hukum Ohm. Inovasi Pendidikan Fisika, 9(3), 342–348.

Solihah, Y. (2020). Efektivitas Penggunaan E-book dalam Meningkatkan Literasi Keagamaan Siswa Kelas Iii Mi As-Salamah Pamulang II. Tangerang Selatan. Jakarta: Institut Ilmu Al-Qur'an.

Zakiah, L., & Lestari, Ika. (2019). Berpikir Kritis Dalam Konteks Pembelajaran. Bogor: Erzatama Karya Abadi.

Downloads

Published

2024-07-15

How to Cite

Halimatus Sa’diyah, & Suliyanah. (2024). ANALISIS VALIDITAS E-BOOK BERBASIS ARGUMENTASI ILMIAH DALAM MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA, 2(4), 818–824. https://doi.org/10.61722/jipm.v2i4.350

Issue

Section

##section.default.title##