MANAJEMEN PESANTREN DALAM PENINGKATAN KUALITAS HAFALAN QUR’AN DI MADRASATUL QUR’AN TEBUIRENG JOMBANG
DOI:
https://doi.org/10.61722/jipm.v2i4.368Abstract
Manajemen adalah suatu proses yang khas yang terdiri dari tindakan tindakan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya. Pesantren madrasatul qur’an tebuireng jombang atau biasa orang mengenal dengan pondok hufadh atau juga pondok MQ adalah Lembaga pendidikan sebagaimana Lembaga-lembaga pendidikan yang lain,hanya saja di Lembaga pendidikan ini mempunyai kehususan yaitu santri/siswa dalam pembelajaran Al Qur’an yang sangat diperhatikan.
Fokus penelitian ini ada empat yaitu, 1. Bagaimana Perencanaan program peningkatan kualitas hafalan Qur’an di Madrasatul Qur’an Tebuireng Jombang? 2. Bagaimana Implementasi program peningkatan kualitas hafalan Qur’an santri Madrasatul Qur’an Tebuireng Jombang. 3. Bagaimana evaluasi kualitas hafalan Qur’an santri Madrasatul Qur’an Tebuireng Jombang? 4. Bagaimana mengatasi hambatan dalam peningkatan kualitas hafalan Qur’an di Madrasatul Qur’an Tebuireng Jombang?
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumenter, dan teknik analisis data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkann bahwa peranan penting dari managemen itu sendiri memberikan dampak yang sangat baik sehingga membantu para santri untuk mencapai visi misi pondok pesantren madrasatul quran, metode Qiroah Mawadah yang diapakai sebagai alternatif untuk membantu santri lebih memahami dan mengerti makna dari isi Al-Qur’an.
References
Abd. Rahman, dkk. 2022. Pengertian Pendidikan, “Ilmu Pendidikan dan Unsur – unsur Pendidikan”, Jurnal Kajian Pendidikan Islam, Volume 2, Nomor 1, Juni.
Abror, metode pembelajaran al-quran, (catakan I, Suka-Press, Yogyakarta) 2022, 201
Agus, Iwan Supriono, Atik Rusdiani. 2019. Implementasi Kegiatan Menghafal Al Qur’an Santri Di LPTQ Kabupaten Siak, Jurnal Islamic Education Manajemen. Vol. 4, No. 1.
Arifuddin, dkk, pengantar manajemen konsep dan aplikasi, Aureka Media Aksara, Purbalingga, 2023, 49
Fitri, Riskal dan Syarifuddin Ondeng. 2022. Pesantren di Indonesia : Lembaga Pembentukam Karakter, Jurnal Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, Volume 2, Nomor 1, Juni.
George R. Terry. 2000. Prinsip-prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara,.
Husaini, manajemen teori, praktik, dan riset pendidikan, (bumi Aksara, Jakarta timur), 2011, 146
Khaeruddin, pengantar evaluasi pendidikan,(CV. Pustaka Felicha, 1, Sleman), 2022,7
M. Manulang, Dasar-Dasar Manajemen, (Jakarta: Ghalia Indonesia, 1996), Cet. Ke-15, hlm. 6.
Malayu S.P Hasibuan. 2016. Manajemen: Dasar, Pengertian dan Masalah (Jakarta: Bumi Aksara,), h. 2.
Marno. 2008. manajemen dan kepemimpinan pendidikan islam. Pt. Refika aditama, 1, Bandung.
Meirani, Agustina, Ngadri Yusro, Syaiful Bahri. 2020. Strategi Peningkatan Minat Menghafal Al Qur’an Santri Di Pondok Pesantren Ar-Rahmah Curup, Jurnal Kependidikan Volume 14, No. 1, Juni.
Moleong, J, Lexy. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rodliyah, Siti. 2014. “Manajemen Pondok Pesantren Berbasis Pendidikan Karakter”, Jurnal Cendekia Vol. 12, No. 2.
Said, Salim Daulay, dkk. 2023. Pengenalan Al Qur’an, Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Maret, 9 (5), 472-480.
Sholeha, Amalia, Muhammad Dahlan Rabbanie. 2020. Hafalan Al Qur’an dan Hubungannya dengan Nilai Akademis Santri, Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam Vol. 17 No. 2 Tahun.
Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulistyorini. 2009. manajemen pendidikan islam, Yogyakarta..
Undang – Undang No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










