Perbandingan Efektivitas Media Pembelajaran Digital terhadap Hasil Belajar PAI antara Kelas Eksperimen dan Kelas Kontrol di SMP Al-Mushlih Karawang

Authors

  • Elisa Wulandari Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Elda Fadlia Rahmah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Hafshoh Robi’a Qolby Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Eko Julianto Rifa Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.61722/jipm.v3i3.957

Keywords:

Pendidikan Agama Islam, media pembelajaran, hasil belajar

Abstract

Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran strategis dalam membentuk karakter peserta didik, namun implementasinya kerap menghadapi tantangan, seperti rendahnya minat belajar dan metode pengajaran yang monoton. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas tiga media pembelajaran berbasis teknologi PowerPoint, video pembelajaran, dan Quizizz dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Al-Mushlih Karawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kuasi-eksperimen, yang melibatkan 27 siswa kelas 7 sebagai sampel, terdiri atas 15 siswa kelas eksperimen dan 12 siswa kelas kontrol. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, dan angket, sementara analisis data dilakukan dengan uji pretest dan posttest, serta perhitungan N-gain. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada kedua kelas, dengan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen meningkat dari 60,67 menjadi 77,67 dan kelas kontrol dari 55,83 menjadi 76,67. Media pembelajaran interaktif terbukti lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar dibandingkan metode konvensional. Ketiga media yang digunakan berperan sebagai alat bantu dalam penyampaian materi, sumber belajar, alat motivasi, serta sarana pengembangan keterampilan siswa. Meskipun peningkatan hasil belajar masih tergolong sedang, integrasi media pembelajaran digital dalam proses pembelajaran PAI memberikan dampak positif terhadap pemahaman siswa. Oleh karena itu, pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran PAI direkomendasikan untuk terus dikembangkan guna mendukung pencapaian tujuan pendidikan yang lebih optimal.

References

Afrilia, L., Neviyarni, Arief, D., & Amini, R. (2022). EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas.

Ali, D. A., Maniboey, D. L., Megawati, R., Djarwo, C. F., & Listiani, H. (2024). Media Pembelajaran Interaktif (Teori Komprehensif dan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar). Jambi: Sonpedia Publishing Indonesia.

Aziz(, A., & Zakir, S. (2022). TANTANGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA 4.0. Indonesian Research Journal on Education: Jurnal Ilmu Pendidikan.

Balqis, S. S., Sagala, R., & Fakhri, J. (2024). PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar.

Dakhi, A. S. (2020). PENINGKATAN HASILBELAJAR SISWA. Jurnal Education and development.

Dr. Muhammad Hasan. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN . PENERBIT TAHTA MEDIA GROUP.

Fahri, L. M., & Qusyairi, L. A. (2019). INTERAKSI SOSIAL DALAM PROSES PEMBELAJARAN. PALAPA: Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan.

Isnawan, M. G. (2020). KUASI-EKSPERIMEN. Lombok: Nashir Al-Kutub Indonesia.

Manik, W. (2021). KONSEP DAN TEORI BELAJAR DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal WARAQAT.

Purwianto, A. F., & Fahyuni, E. F. (2021). Pengaruh aplikasi QuizizzPAI dalam meningkatkan minat belajar siswa pada masa pandemi COVID-19 . Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam.

Sa’i, M., & Jinan, R. (2022). Media Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Gunung Djati Conference Series.

Soraya, S. Z., & Sukmawati, Y. (2023). Implementasi Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Video di SMPN 1 Balong Ponorogo. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam.

Subarkah, E. (2025, Mei 10). belajaroffice. Retrieved from belajaroffice: https://www.belajaroffice.com/pengertian-microsoft-powerpoint-fungsi-dan-manfaatnya/

Suyuti, Wahyuningrum, P. M., Jamil, M. A., Nawawi, M. L., Aditia, D., & Rusmayani, N. G. (2023). Analisis Efektivitas Penggunaan Teknologi dalam Pendidikan Terhadap Peningkatan Hasil Belajar. Journal on Education.

Tarihoran, D., Ritonga, M. H., & Lubis, R. (2021). TEORI BELAJAR ROBERT MILLS GAGNE DANPENERAPAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journa).

Ulfah, & Arifudin, O. (2021). PENGARUH ASPEK KOGNITIF, AFEKTIF, DAN PSIKOMOTOR TERHADAP HASILBELAJAR PESERTA DIDIK. Jurnal Al-Amar.

Wahab1, A., Junaedi, & Azhar, M. (2021). Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain di PGMI . JURNAL BASICEDU.

Downloads

Published

2025-05-28

How to Cite

Wulandari, E., Rahmah, E. F., Qolby, H. R., & Rifa, E. J. (2025). Perbandingan Efektivitas Media Pembelajaran Digital terhadap Hasil Belajar PAI antara Kelas Eksperimen dan Kelas Kontrol di SMP Al-Mushlih Karawang. JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA, 3(3), 533–545. https://doi.org/10.61722/jipm.v3i3.957

Issue

Section

##section.default.title##