Analisis Observasional Hasil Belajar Siswa pada Kelas Control vs. Kelas Eksperimen di Kelas VII Tingkat Sekolah Menengah Pertama Al-Mushlih

Authors

  • Yurika Nur Utami Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Zahra Afirda Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nanda Nur Alisa Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Selma Sabrina Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Shabrina Putri Hamada Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Khalid Ramadhani Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.61722/jipm.v3i3.990

Keywords:

Pembelajaran PAI, hasil belajar, kelas kontrol, kelas eksperimen, metode observasional

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas VII SMP Al-Mushlih Telukjambe. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode observasional komparatif melalui desain Nonequivalent Control Group. Kelas eksperimen mendapatkan perlakuan dengan penerapan metode pembelajaran inovatif menggunakan media proyektor dan aplikasi kuis daring (quizizz), sementara kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada kedua kelas, dengan kelas kontrol menunjukkan peningkatan yang lebih tinggi dibandingkan kelas eksperimen. Meskipun demikian, metode pembelajaran inovatif tetap memberikan dampak positif terhadap pemahaman siswa. Penelitian ini menekankan pentingnya pemilihan strategi pembelajaran yang tepat untuk menunjang kualitas pembelajaran, khususnya pada masa transisi siswa dari jenjang pendidikan dasar ke menengah.

References

Creswell, J. W. (2012). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research (4th ed.). Pearson Education.

Sudjana, N. (2010). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Danis, A., & Ayu Lestari, K. (2024). Pengaruh Metode Eksperimen dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Materi Tumbuhan Hijau. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(03), 991–998. https://doi.org/10.47709/educendikia.v4i03.4962

Lestari, D. D., & Rasto, R. Peran Motivasi Belajar dalam Memoderasi Pengaruh Whatsapp Group terhadap Hasil Belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 9(1), 1-10.

Rudi Ahmad Suryadi, Sumiyati. (2021). Pendidikan agama Islam dan Budi Pekerti. Jakarta. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Jalan Gunung Sahari Raya No. 4 Jakarta Pusat

Downloads

Published

2025-05-30

How to Cite

Yurika Nur Utami, Zahra Afirda, Nanda Nur Alisa, Selma Sabrina, Shabrina Putri Hamada, & Khalid Ramadhani. (2025). Analisis Observasional Hasil Belajar Siswa pada Kelas Control vs. Kelas Eksperimen di Kelas VII Tingkat Sekolah Menengah Pertama Al-Mushlih. JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA, 3(3), 574–582. https://doi.org/10.61722/jipm.v3i3.990

Issue

Section

##section.default.title##

Most read articles by the same author(s)