Analisis Observasional Hasil Belajar Siswa pada Kelas Control vs. Kelas Eksperimen di Kelas VII Tingkat Sekolah Menengah Pertama Al-Mushlih
DOI:
https://doi.org/10.61722/jipm.v3i3.990Keywords:
Pembelajaran PAI, hasil belajar, kelas kontrol, kelas eksperimen, metode observasionalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas VII SMP Al-Mushlih Telukjambe. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode observasional komparatif melalui desain Nonequivalent Control Group. Kelas eksperimen mendapatkan perlakuan dengan penerapan metode pembelajaran inovatif menggunakan media proyektor dan aplikasi kuis daring (quizizz), sementara kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada kedua kelas, dengan kelas kontrol menunjukkan peningkatan yang lebih tinggi dibandingkan kelas eksperimen. Meskipun demikian, metode pembelajaran inovatif tetap memberikan dampak positif terhadap pemahaman siswa. Penelitian ini menekankan pentingnya pemilihan strategi pembelajaran yang tepat untuk menunjang kualitas pembelajaran, khususnya pada masa transisi siswa dari jenjang pendidikan dasar ke menengah.
References
Creswell, J. W. (2012). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research (4th ed.). Pearson Education.
Sudjana, N. (2010). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Danis, A., & Ayu Lestari, K. (2024). Pengaruh Metode Eksperimen dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Materi Tumbuhan Hijau. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(03), 991–998. https://doi.org/10.47709/educendikia.v4i03.4962
Lestari, D. D., & Rasto, R. Peran Motivasi Belajar dalam Memoderasi Pengaruh Whatsapp Group terhadap Hasil Belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 9(1), 1-10.
Rudi Ahmad Suryadi, Sumiyati. (2021). Pendidikan agama Islam dan Budi Pekerti. Jakarta. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Jalan Gunung Sahari Raya No. 4 Jakarta Pusat
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.