Transformasi Ekonomi Kreatif Pasca Pandemi: Peran Marketplace Shopee sebagai Pendorong Utama
DOI:
https://doi.org/10.61722/jemba.v1i2.105Keywords:
Ekonomi Kreatif, Pasca Pandemi, Covid-19, Marketplace, ShopeeAbstract
Digitalisasi yang dipercepat oleh pandemi Covid-19 telah mengubah lanskap bisnis Indonesia, mendorong UMKM untuk mengadopsi digital marketing guna meningkatkan omzet dan mencapai kesuksesan. Marketplace seperti Shopee berperan penting dalam ekonomi kreatif, menawarkan berbagai fitur yang membantu UMKM menjangkau pasar lebih luas. John Howkins memperkenalkan konsep ekonomi kreatif yang mengandalkan ide, kreativitas, dan perlindungan Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk meneliti perkembangan ekonomi kreatif dan peran Shopee dalam mendukung UMKM. Shopee menyediakan platform yang aman dan berbagai fitur pendukung bagi UMKM untuk memasarkan produk mereka secara efektif. Program Shopee Kampus memberikan bimbingan bagi para pelaku ekonomi kreatif, membantu mereka membangun toko online, mengembangkan strategi pemasaran, dan meningkatkan konversi penjualan. Dengan memanfaatkan teknologi dan fitur-fitur Shopee, UMKM dapat tumbuh dan sukses di era digital
Kata Kunci Ekonomi Kreatif, Pasca Pandemi, Covid-19, Marketplace, Shopee
References
Arianto, B. (2021). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 6(2), 233–247. https://doi.org/10.38204/atrabis.v6i2.512
Baparekraf Republik Indonesia. (2023). Subsektor Ekonomi Kreatif. https://kemenparekraf.go.id/layanan/Subsektor-Ekonomi-Kreatif
Creative Economy Programme. (n.d.). https://unctad.org/topic/trade-analysis/creative-economy-programme
Hasim, H. (2017). Tinjauan Kualitas Produk dan Promosi Penjualan Kaos Kaki Pt. Soka Cipta Niaga Bandung. 3(3), 2588–2593.
Ipmafa, K. (n.d.). Peluang Bisnis Online Menggunakan Marketplace Shopee. https://www.patinews.com/peluang-bisnis-online-menggunakan-marketplace-shopee/
Julyanthry, Sinaga, V., Asmeati, Hasibuan, A., Simanullang, R., Pandarangga, A., All, E., Pandarangga, A., & Purba. (2020). Manajemen Produksi dan Operasi. In Yayasan Kita Menulis.
Kominfo. (2015). Ekonomi Kreatif adalah Pilar Perekonomian Masa Depan. https://www.kominfo.go.id/content/detail/5277/ekonomi-kreatif-adalah-pilar-perekonomian-masa-depan/0/berita
Nanda. (n.d.). 10 Daftar Marketplace Terbesar dan Terpopuler di Indonesia Tahun 2022. https://komerce.id/blog/marketplace-terpopuler-di-indonesia/
Pradana, M. (2016). Klasifikasi Bisnis E-Commerce Di Indonesia. Modus, 27(2), 163. https://doi.org/10.24002/modus.v27i2.554
Viona, V., Yohanes, K., Mega, L. S., Kurniawati, W., Farady Marta, R., & Isnaini, D. M. (2021). Narasi Shopee Dalam Mengembangkan Ekonomi Kreatif Berbasis Teknologi E-Commerce Di Era Modern. AGUNA: Jurnal Ilmu Komunikasi, I(2), 46–65. http://ejournal.amikompurwokerto.ac.id/index.php/AGUNA
Wisataone, V., AW, S., & Hidayati, U. (2021). Penggunaan Marketplace Untuk Meningkatkan Pemasaran Digital Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(6), 4–12.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.