Analisis Peran Digital Marketing dan Pembukuan Sederhana untuk Meningkatkan Pendapatan pada UMKM

Authors

  • Citra Pramita Hermayanti Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Rizdina Azmiyanti Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.61722/jemba.v2i3.895

Keywords:

Digital Marketing, umkm, pendapatan, media sosial, pembukuan sederhana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi digital marketing dan pembukuan sederhana dalam meningkatkan pendapatan di Desa Panjunan, Kecamatan Kalitidu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka terhadap pelaku UMKM di Desa Panjunan, Kecamatan Kalitidu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi digital marketing dan pembukuan sederhana masih belum maksimal. Banyak dari UMKM yang hanya mengandalkan aplikasi Whatsapp untuk media promosi dan mereka tidak paham mengenai pembukuan keuangan. Hal ini disebabkan oleh minimnya pemahaman dan pengetahuan mereka tentang digital marketing dan pembukuan sederhana. UMKM di Desa Panjunan perlu meningkatkan kesadaran terhadap pentingnya digital marketing dan pembukuan sederhana, sehingga bisa mulai memanfaatkan media digital marketing dan melakukan pembukuan sederhana untuk mengetahui kondisi keuangan sehingga bisa mengambil keputusan.

References

Arumsari, N. R., Lailyah, N., & Rahayu, T. (2022). Peran Digital Marketing dalam Upaya Pengembangan UMKM Berbasis Teknologi di Kelurahan Plamongansari Semarang. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat), 11(1), 92. https://doi.org/10.20961/semar.v11i1.57610

Ayesha, I., Pratama, I. W. A., Hasan, S., & Amaliyah, E. (2022). Digital Marketing (Tinjauan Konseptual).

Aziz, M. (2022). Dampak Penataan Kawasan Samber Park Kota Metro Bagi Pendapatan Para Pedagang.

Az-Zahra, N. S. (2021). Implementasi Digital Marketing Sebaggai Strategi Dalam Meningkatkan Pemasaran UMKM. National Conference Of Islamic Natural Science (NCOINS), 1(1), 77–88.

Christian, A. B. G., & Rita, M. R. (2016). Peran Penggunaan Informasi Akuntansi Dalam Pengambilan Keputusan Untuk Menunjang Keberhasilan Usaha. Jurnal EBBANK, 7(2), 77–92.

IAI. (2018). Standar Akuntansi Keuangan.

Jasri, Arfan, N., Hasanuddin, & Hasan, H. A. (2022). Penerapan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Iltizam Journal of Shariah Economic Research, 6, 212–224.

Karunia, E., Juliana, A., Syahran, Ahmatang, Hidayat, N., Hasyim, B., Irfandy Azis, M., & Shalahuddin. (2021). Digital Marketing Training for UMKM of Tarakan City. International Journal Of Community Service, 1(2).

Maulana, Y. (2022). Yuswohady: UKM Harus Manfaatkan Perkembangan Digital.

Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). PT. Remaja Rosdakarya.

Muhamad Ramadhan, D., & Permana Yusuf, B. (2022). Peran digital marketing pada UMKM di Kedai Kopi 272. Jurnal Paradigma Ekonomika, 17(2), 393–402. https://doi.org/10.22437/jpe.v17i2.18965

Muttaqien, F., Cahyaningati, R., Rizki, V. L., & Abrori, I. (2022). Pembukuan Sederhana Bagi UMKM. Indonesia Berdaya, 3(3), 671–680. https://doi.org/10.47679/ib.2022287

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial. Bandung: Simbiosa Rekatama Media. Jurnal Common, 3(1).

Nirwana, N. Q. S., & Biduri, S. (2021). Implementasi Digital Marketing Pada UMKM Di Era Revolusi Industri 4.0 (Study Pada UMKM Di Kabupaten Sidoarjo). BALANCE: Economic, Business, Management and Accounting Journal, 18(1), 29. https://doi.org/10.30651/blc.v18i1.5720

Pratama, A. S. (2024). Analisis Penerapan Akuntansi Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Jurnal Integrasi Akuntansi Dan Bisnis, 1(1), 14–30.

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/JPMM.001.1.01

Rita Fiantika, F., Wasil, M., Jumiyanti, S., Honesti, L., Wahyuni, S., Mouw, E., Jonata, Mashudi, I., Hasanah, N., Maharani, A., Ambarwati, K., Noflidaputri, R., Nuryami, & Waris, L. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif (Y. Novita & M. Hum, Eds.; Pertama). PT. GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI.

Rozi, F., Yusuf, M., & Haris Setiawan, A. (2023). Identifikasi Permasalahan dan Kebutuhan Pelatihan Digital Marketing untuk Pelaku Usaha UMKM di Bojonegoro. Attractive : Innovative Education Journal, 5(2), 945–952.

Sari, Y. (2023). Penerapan Pembukuan Sederhana Pada Pelaku UMKM Dodol di Desa Segarjaya. Abdima Jurnal Pengabdian Mahasiswa, 2(1), 325–336.

Suasana, G. K. I. G. A., Ekawati, N. W., Sudiana, I. K., & Wardana, I. G. (2020). Dampak Pendidikan Kewirausahaan pada Entrepreneur Behavior Index ( EBI ) dan Intensi Berwirausaha. Matrik: Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, 14(1), 31–42.

Sucipto, H., & Bakti, D. S. (2022). SOSIALISASI PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING DAN PEMBUKUAN SEDERHANA DALAM UPAYA PENINGKATAN UMKM DESA KARANGAN. SNEB : Seminar Nasional Ekonomi Dan Bisnis Dewantara, 4(1), 21–24. https://doi.org/10.26533/sneb.v4i1.998

Suprayogi, B., & Razak, A. (2019). IMPLEMENTASI PEMASARAN DIGITAL DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PELAKU USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) LOKAL DI DESA PAMOKOLAN KECAMATAN CIHAURBEUTI KABUPATEN CIAMIS JAWA BARAT. Simponi Nasional Ilmiah, 1(1).

Supriadi, A., Arisondha, E., & Sari, T. N. (2023). Pengelolaan Keuangan dan Pengembangan Usaha pada UMKM (N. Rismawati, Ed.; Pertama). Widina Bhakti Persada Bandung.

Wardiningsih, R., Wahyuningsih, B. Y., & Sugianto, R. (2020). Pelatihan Pembukuan Sederhana Bagi Pelaku Usaha Kecil (Mikro) di Dusun Bore Desa Kopang Rembiga Kecamatan Kopang Lombok Tengah. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 163–172.

Wati, A. P., Martha, J. A., & Indrawati, A. (2020). Digital Marketing (N. A. Fransiska, Ed.). Edultera.

Zubaida, S., Riani, A. L., & Arif, A. (2023). Dampak Positif Digital Marketing dalam Meningkatkan Perekonomian Pengrajin Bubut Kayu di Kecamatan Kasiman Kabupaten Bojonegoro. 268–277.

Downloads

Published

2025-05-15

How to Cite

Pramita Hermayanti, C., & Rizdina Azmiyanti. (2025). Analisis Peran Digital Marketing dan Pembukuan Sederhana untuk Meningkatkan Pendapatan pada UMKM. JURNAL ILMIAH EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI, 2(3), 190–202. https://doi.org/10.61722/jemba.v2i3.895

Issue

Section

Articles