PENERAPAN DIGITAL MARKETING DALAM UPAYA PENINGKATAN UMKM PENJUALAN KHAS JAWA BARAT

Authors

  • Feny Patra Komala Pebi Universitas Terbuka
  • Andi Lopa Ginting Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.61722/jemba.v1i2.170

Keywords:

Pemasaran Digital, UMKM, Peningkatan Penjualanan

Abstract

Pemasaran digital adalah penerapan teknologi digital pada pemasaran dan pengembangan atau penyesuaian strategi pemasaran oleh perusahaan. Fokus utama dari upaya berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas hidup individu adalah pendapatan yang dihasilkan oleh UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di Indonesia, khususnya di Jawa Barat, permasalahan yang dihadapi UMKM di Jawa Barat adalah persentase usaha yang memanfaatkan pemasaran digital tidak bisa mengimbangi kecepatan perkembangan internet, dan sebagian kecil UMKM masih kekurangan keterampilan yang diperlukan untuk menerapkan pemasaran digital. Melihat permasalahan tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemasaran digital membantu pendapatan penjualan UMKM di Jawa Barat, bagaimana aplikasi digital dimanfaatkan untuk mengiklankan produk dalam upaya meningkatkan pendapatan UMKM, dan bagaimana pemasaran digital mempengaruhi pendapatan penjualan secara keseluruhan di Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan kualitatif deskripsi. Berdasarkan hasil wawancara dengan Ibu Junah, “Tape Ketan Ibu Murnah” telah menggunakan digital marketing untuk mengiklankan usahanya sebagai cara untuk memperluas penjualan lebih cepat. Hal ini karena, memungkinkan dengan menggunakan berbagai aplikasi atau situs web dalam sistem penjualan mereka, konsumen melakukan lebih banyak pembelian secara online untuk kebutuhan mereka. Sehingga, dengan UMKM menggunakan teknik pemasaran digital untuk mendongkrak penjualan. rencana pemasaran digital untuk menarik pelanggan, menumbuhkan preferensi, mempromosikan merek, meningkatkan penjualan.

References

Azmi Fadhilah, D., & Pratiwi, T. (2021). Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing: Studi Kasus pada Kelompok Usaha “Kremes Ubi” di Desa Cibunar, Kecamatan Rancakalong, Sumedang. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 12(1), 17–22.

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital marketing. Pearson.

Chakti, G. (2019). The Book of Digital Marketing: Buku Pemasaran Digital (Vol. 1). Celebes Media Perkasa.

Hadi, D. F., & Zakiah, K. (2021). Strategi Digital Marketing Bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) untuk Bersaing di Era Pandemi_Strategi Digital Marketing Bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) untuk Bersaing di Era Pandemi. Competitive, 16(1), 32–41.

Harto, D., Pratiwi, S. R., Utomo, M. N., & Rahmawati, M. (2019). Penerapan Internet Marketing Dalam Meningkatkan Pendapatan Pada UMKM. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 39–45. https://doi.org/10.30595/JPPM.V3I1.3033

Hendrawan, A., Sucahyowati, H., Cahyandi, K., Rayendra, A., & Maritim Nusantara, A. (2019). Pengaruh Marketing Digital Terhadap Kinerja Penjualan Produk UMKM Asti Gauri di Kecamatan Bantarsari Cilacap. Jurnal Administrasi Dan Kesekretarisan, 4(1), 50–61. https://doi.org/10.36914/JAK.V4I1.189

Lindawati, S., Hendri, M., & Hutahaean, J. (2020). Pemasaran Digital. Yayasan Kita Menulis.

Megadini, R., & Anggapuspa, M. L. (2021). Perancangan Feed Instagram Sebagai Media Promosi Tape Ketan Surabaya. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 3(1), 69–81. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/42446

Purwidiantoro, M. H., Kristanto S W, D. F., & Hadi, W. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM). Eka Cida, 1(1), 30. https://mail.journal.amikomsolo.ac.id/index.php/ekacida/article/view/19

Pramawati, I. D. A. A. T., Putri, K. M. D., & Mulyawan, I. P. A. (2020). Implementasi Digital Marketing Pada UMKM di Kabupaten Klungkung Dalam Meningkatkan Komoditas Profit. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2).

Prasetyo, E. T., Sastrodiharjo, I., & Suraji, R. (2022). Upaya Peningkatan Omset Penjualan UMKM melalui Penerapan Digital Marketing Terhadap UMKM di Bekasi (Efforts to Increase MSME Sales Turnover through the Application of Digital Marketing to MSMEs in Bekasi). Jurnal Pemberdayaan Umat (JPU), 1(2), 61–70.

Sa’adah, L., & Umam, K. (2021). Dampak Covid-19 Terhadap Pendapatan Pedagang (Studi Kasus Di Pasar Peterongan Jombang). Economicus, 15(1), 13–23.

Sagita, G., & Wijaya, Z. R. (2022). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Bakmi Tando 07. EBISMEN, 1(3).

Santoso, Y. I. (2020). “Menghitung dampak Covid-19 terhadap dunia usaha hingga UMKM.” https://nasional.kontan.co.id/news/menghitung-dampak-covid-19-terhadapdunia-usahahing ga-UMKM?page=all.

Saputra, D. H., Sutiksno, D. U., Kusuma, A. H. P., Romindo, R., Wahyuni, D., Purnomo, A., & Simarmata, J. (2020). Digital Marketing: Komunikasi Bisnis Menjadi Lebih Mudah. Yayasan Kita Menulis.

Sobandi, A., & Somantri, B. (2020). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online. Winter Journal: IMWI Student Research Journal, 1(1), 41–52.

Waqfin, M. S. I., Wulandari, S. R., Tifliya, F. M., Indrayani, S., Wahyudi, W., & Roziqin, M. K. (2021). Penerapan Digital Marketing Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan pada UMKM di Desa Kepuhdoko Jombang. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 155–159.

Wijoyo, H., Ariyanto, A., & Wongso, F. (2021). Strategi Pemasaran UMKM di masa pandemi. Insan Cendekia Mandiri.

Downloads

Published

2024-06-14

How to Cite

Feny Patra Komala Pebi, & Andi Lopa Ginting. (2024). PENERAPAN DIGITAL MARKETING DALAM UPAYA PENINGKATAN UMKM PENJUALAN KHAS JAWA BARAT. JURNAL ILMIAH EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI, 1(2), 283–296. https://doi.org/10.61722/jemba.v1i2.170

Issue

Section

Articles