ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BACA MAHASISWA PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI UPT PERPUSTAKAAN UNJ
DOI:
https://doi.org/10.61722/jipm.v3i4.1063Abstract
ABSTRACTAdin Nur Rahman. 2025. 1709623064. Analysis of Factors Affecting Reading Interest of Office Administration Education Students, Faculty of Economics and Business at UPT Library, State University of Jakarta.
This study aims to analyze the factors that influence students' reading interest in the Office Administration Education Study Program at UPT Library UNJ. This research uses a Mixed Methods approach with an Explanatory Sequential design, which begins with quantitative data collection through a questionnaire of 100 students, then continued with in-depth interviews with five key informants consisting of librarians, lecturers, and active student library users. The results showed that students' reading interest is influenced by internal factors, such as personal motivation and awareness of the benefits of reading, as well as external factors such as the convenience of library facilities, the role of lecturers, and the support of the social environment. Although most students have an awareness of the importance of reading, the frequency of visits to the library is still low and many experience library anxiety due to limited understanding of the library information system. The role of lecturers in providing literature-based assignments has proven to be effective in encouraging reading interest, while limited reading space and interaction with library staff are obstacles that need to be addressed. This study concluded that strengthening intrinsic motivation, improving library facilities, information literacy training, and collaboration between lecturers and librarians are important strategies in increasing students' interest in reading. This research contributes to the development of academic literacy strategies in higher education.
Keywords: Reading Interest, Students, Library, Internal Motivation, Facilities, Library Anxiety, Mixed Method
ABSTRAK
Adin Nur Rahman. 2025. 1709623064. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Baca Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi dan Bisnis di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi minat baca mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran di UPT Perpustakaan UNJ. Penelitian ini menggunakan pendekatan Mixed Methods dengan desain Explanatory Sequential, yang diawali dengan pengumpulan data kuantitatif melalui kuesioner terhadap 100 mahasiswa, kemudian dilanjutkan dengan wawancara mendalam terhadap lima informan kunci yang terdiri dari pustakawan, dosen, dan mahasiswa aktif pengguna perpustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat baca mahasiswa dipengaruhi oleh faktor internal, seperti motivasi pribadi dan kesadaran akan manfaat membaca, serta faktor eksternal seperti kenyamanan fasilitas perpustakaan, peran dosen, dan dukungan lingkungan sosial. Meskipun sebagian besar mahasiswa memiliki kesadaran pentingnya membaca, frekuensi kunjungan ke perpustakaan masih rendah dan banyak yang mengalami library anxiety akibat keterbatasan pemahaman terhadap sistem informasi perpustakaan. Peran dosen dalam memberikan tugas berbasis literatur terbukti efektif dalam mendorong minat baca, sementara keterbatasan ruang baca dan interaksi dengan staf perpustakaan menjadi kendala yang perlu ditangani. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penguatan motivasi intrinsik, perbaikan fasilitas perpustakaan, pelatihan literasi informasi, dan kolaborasi antara dosen dan pustakawan merupakan strategi penting dalam meningkatkan minat baca mahasiswa. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan strategi literasi akademik di lingkungan perguruan tinggi.
Kata Kunci : Minat Baca, Mahasiswa, Perpustakaan, Motivasi Internal, Fasilitas, Library Anxiety, Mixed Methods.
References
Anugra, H., Yusup, P. M., & Erwina, W. (2013). Faktor-Faktor Dominan yang Mempengaruhi Minat Baca Mahasiswa Survei Eksplanatori Tentang Minat Baca Mahasiswa di UPT Perpustakaan ITB. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 1(2), 137-146. https://doi.org/10.24198/jkip.v1i2.9980
Dafit, F., Mustika, D., & Melihayatri, N. (2020). Pengaruh Program Pojok Literasi Terhadap Minat Baca Mahasiswa. Jurnal Basicedu, 4(1), 117-130. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.307
Firdaus, E. A., Maulani, S., & Dharmawan, A. B. (2021). Pengukuran Minat Baca Mahasiswa Dengan Metode Clustering Di Perpustakaan Akademi Keperawatan Rs. Dustira Cimahi Menggunakan Data Mining. Nuansa Informatika, 15(1), 32-40.https://doi.org/10.25134/nuansa.v15i1.3856
Hasim, S., Khaira, M., Karunia, G. C. M. K., Limbong, J. A., & Amelia, D. (2023). Pengaruh Penggunaan Chat Gpt Terhadap Minat Baca Mahasiswa. EDUTECH, 22(3), 269-279. https://doi.org/10.17509/e.v22i3.62944
Kurniawati, A. P., Istiqomah, L. N., Rahmawati, L., & Maharani, S. (2024). Faktor Yang Mempengaruhi Kurangnya Minat Membaca Pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dewantara, 2(2), 65-72. https://jurnal.yagasi.or.id/index.php/dewantara/issue/view/6
Laka, L., & Maeja, J. D. (2023). Budaya Membaca Mahasiswa Ditinjau Dari Dukungan Keluarga dan Minat Baca. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 111-120. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18729
Maliki, B. I., Julina, J., Septiani, D. S., Ain, F., & Basrowi, B. (2022). Strategi meningkatkan minat membaca mahasiswa di beberapa universitas di banten: tinjauan manajemen pendidikan. Journal On Teacher Education, 4(1), 697-707. https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.12179
Mansyur, U. (2020). Minat baca mahasiswa: potret pengembangan budaya literasi di Universitas Muslim Indonesia. Literasi: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya, 4(2), 135-141. http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v4i2.3900
Maulida, H., & Makhtuna, W. (2023). Analisis Minat Baca Mahasiswa STKIP PGRI Banjarmasin. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 12(1), 43-51. https://doi.org/10.33506/jq.v12i1.2450
PRATALA, B. (2022). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BACA PRAJA IPDN KAMPUS JAKARTA. ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 2(3), 223-237. https://doi.org/10.51878/academia.v2i3.1528
Putri, S. (2020). Pemanfaatan internet untuk meningkatkan minat baca Mahasiswa PLS IKIP Siliwangi. Comm-Edu (Community Education Journal), 3(2), 91-96. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v3i2.3700
Sukirman, S., Firman, F., Aswar, N., & Mirnawati, M. (2021). Pengaruh Beberapa Faktor Determinan terhadap Peningkatan Minat Baca Mahasiswa. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 46-61. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.462
Wahyuni, S. (2018). Upaya peningkatan minat baca mahasiswa studi kasus pada perpustakaan stmik akakom yogyakarta. Jurnal Ikatan Pustakawan Indonesia Vol, 3(1).
Wijaya, H., Lisda, M., Weismann, I. T. J., Supartini, T., & Tari, E. (2021). Persepsi Mahasiswa Mengenai Beban Tugas Membaca Terhadap Minat Baca Mahasiswa. PEADA': Jurnal Pendidikan Kristen, 2(1), 31-55. https://doi.org/10.34307/peada.v2i1.25
Yusdianti, Y., Noviyanti, N. D., Meylani, A. N., & Fajaruddin, S. (2024). Menyelami dunia mahasiswa: Mengapa minat membaca mereka terus menurun?. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 12(2), 204-214. https://doi.org/10.30738/wd.v12i2.19118
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.