PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN SISWA SMK NEGERI 50 JAKARTA

Authors

  • Firman Aulia Mulyawan Universitas Negeri Jakarta
  • Chiristian Wiradendi Wolor Universitas Negeri Jakarta
  • Eka Dewi Utari Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.61722/jipm.v3i`1.681

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan penulis terhadap metode pembelajaran kontekstual. Pembelajaran kontekstual merupakan pembelajaran yang relevan bagi siswa SMK, karena pada penerapannya menggunakan pendekatan kehidupan nyata. Pembelajaran kontekstual mempermudah siswa dalam menerapkan ilmu yang didapat dan di implantasikan melalui kemampuan siswa ke dalam kehidupan nyata. Metode yang digunakan pada penelitian ini merupakan metode kuantitatif, pengumpula data dilakukan menggunakan Google From yang telah di isi oleh 34 siswa dari jurusan manajemen perkantoran dan layanan bisnis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terapat pengaruh positif antara pembelajaran kontekstual terhadap keterampilan,
pengetahuan terhadap keterampilan dan pembelajaran konstektual terhadap pengetahuan dan keterampilan siswa SMK Negeri 50 Jakarta.

References

Arwita Putri, Riris Nurkholidah Rambe, Intan Nuraini, Lilis Lilis, Pinta Rojulani Lubis, & Rahmi Wirdayani. (2023). Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Di Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris, 3(2), 51–62. https://doi.org/10.55606/jupensi.v3i2.1984

Buulolo, F., Giawa, A., & Panjaitan, J. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SISWA KELAS XI SMK SWASTA GAJAH MADA MANDIRI MEDAN (Vol. 5, Issue 2).

Damanik, T. M., Pahmi, K., Nasrida, M. F., Ginting, D. T. Br., & Sitompul, D. H. (2020). The Effect of Contextual Teaching and Learning (CTL) Strategy with the Assistance of Multimedia on Students’ Learning Outcomes. 171–174. https://doi.org/10.5220/0009497901710174

Dwi, R. K., & Ma’rifati, N. (2019). IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DI MI (MADRASAH IBTIDAIYAH) (Issue 2).

Handayani, H., & STKIP Subang Han, Mp. (2015). PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR. In Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. http://edukasi.kompas.com

Hasibuan, D. H. M. I., & Pd, M. (2014). MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING): Vol. II (Issue 01).

Irwandi. (2004). PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA.

Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, J., Ahrisya, L., Praherdhiono, H., & Pramono Adi, E. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR Article History. JKTP, 2(4), 306–314. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/index

Kadir, A. (2013). KONSEP PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DI SEKOLAH. In Dinamika Ilmu (Vol. 13, Issue 3). http://irfarazak.blogspot.com/2009/04/model-pembelajar

Kholil, U., Ahmad, M., Yoon Fah, L., & Pendidikan Tapanuli Selatan, I. (2023). Textbook Effectiveness with Contextual Teaching and Learning Approach on Creative Thinking Ability Elementary School Students. https://doi.org/10.30595/Dinamika/v15i2.18862

Lawe, Y. U., Marselina, D., Stkip, P., & Bakti, C. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SD.

Morelent, Y., Naini, I., & Hamdani, R. (2019). The Effect of Contextual Approach and Learning Motivation on Students Skills in Writing News Text. KnE Social Sciences, 3(14), 644. https://doi.org/10.18502/kss.v3i14.4344

Muhartini. (2023). PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING.

Pendidikan, J., Nilasari, E., Djatmika, E. T., & Santoso, A. (2016). PENGARUH PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR.

Rahmawati, S., Dhina, &, & Rohim, C. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 6(3). http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD

Rukmi Octaviana, D., Aditya Ramadhani, R., Achmad Siddiq Jember, U. K., & Sunan Kalijaga Yogyakarta, U. (2021). HAKIKAT MANUSIA: Pengetahuan (Knowladge), Ilmu Pengetahuan (Sains), Filsafat Dan Agama. In Jurnal Tawadhu (Vol. 5, Issue 2).

Septi Hariani, A., & Effendi, Z. (2018). PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KERINCI.

Suprapto, E. (2015). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL, PEMBELAJARAN LANGSUNG DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF. In INVOTEC: Vol. XI (Issue 1).

Syam, S., Rahman, U., Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, F., & M Yasin Limpo Nomor, J. H. (2016). PENGARUH PENGETAHUAN METAKOGNISI DAN GAYA BELAJAR VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 BAROMBONG KABUPATEN GOWA.

Yulfamita Rahman, W., & Pd Wakil Kepala Sekolah SDS Muhammadiyah, S. (2020). STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL. In JIPMuktj:Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati (Vol. 1). https://jipmukjt.com/index.php/JIPMuKjt

Downloads

Published

2024-12-20

How to Cite

Firman Aulia Mulyawan, Chiristian Wiradendi Wolor, & Eka Dewi Utari. (2024). PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN SISWA SMK NEGERI 50 JAKARTA. JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA, 3(1), 160–171. https://doi.org/10.61722/jipm.v3i`1.681

Issue

Section

##section.default.title##