ANALISIS KELAYAKAN BISNIS IEUMAHFOOD DITINJAU DARI ASPEK PASAR DAN PEMASARAN SERTA MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

Authors

  • Isnaeni Isnaeni Universitas Peradaban
  • Naufal Hilmy Haydar Universitas Peradaban
  • Emi Nur Shabrina Universitas Peradaban
  • Rindang Cahya Kemilau Universitas Peradaban
  • Siti Badiatul Umroh Universitas Peradaban

DOI:

https://doi.org/10.61722/jipm.v3i4.1233

Keywords:

Business Expansion; Business Feasibility; Human Resources; Marketing; MSMEs

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan bisnis UMKM Ieumahfood yang bergerak di sektor kuliner dengan fokus pada aspek pasar, pemasaran, serta manajemen dan sumber daya manusia sebagai dasar pertimbangan pembukaan cabang baru. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif melalui observasi langsung dan wawancara dengan pemilik usaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ieumahfood memiliki potensi besar untuk berkembang melalui inovasi produk seperti lebih dari 16 varian cireng isi, strategi harga yang kompetitif, promosi digital aktif melalui media sosial dan influencer, serta penempatan outlet di lokasi strategis yang dekat dengan pusat aktivitas masyarakat. Selain itu, Ieumahfood memiliki struktur organisasi sederhana namun efektif, sistem kerja yang terjadwal dan terintegrasi, serta pembagian tugas yang jelas pada lebih dari 50 tenaga kerja, yang menunjukkan kesiapan manajerial dalam mendukung ekspansi usaha. Penerapan segmentasi pasar secara geografis, demografis, psikografis, dan perilaku juga memperkuat daya saing usaha di tengah pasar monopolistik. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa Ieumahfood merupakan usaha yang layak untuk dikembangkan lebih lanjut melalui pembukaan cabang baru dalam rangka menjawab permintaan pasar dan memperkuat posisi merek di tengah persaingan kuliner yang semakin kompetitif.

References

Adi, M Kwartono. 2007. Analisis Usaha Kecil dan Menengah. Yogyakarta: AndiOffset.

Afiyah, Abidatul. Analisis Studi Kelayakan Usaha Pendirian Home Industry (Studi Kasus pada Home Industry Cokelat “Cozy” Kademangan Blitar). Diss. Brawijaya University, 2015.

Afrina, M. (2017). Analisa pengaruh produk, lokasi dan promosi terhadap keputusan pembelian nasabah Bank Syariah Bukopin.

Development Bank, A. (2021). Asia Small and Medium-Sized Enterprise 2021: Volume I– Country and Regional Reviews.

Eri, S. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia Eri Susan 1. Jurnal Manajemen Pendidikan, 2, 952-962.

Johan, Suwinto. 2011. Studi Pengembangan Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu

Kotler, P, & Keller, K. L. (2012). Marketing Management. Pearson

Kasmir & Jakfar. 2012. Studi Kelayakan Bisnis. Cetakan Ke Delapan. Jakarta: Kencana.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran (15th ed.). Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip. dan Armstrong, Gary. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran, EdisiKedua Belas Jilid 1. Jakarta: PT. Macan Jaya Cemerlang

Morissan, A.M, (2010), Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu, Jakarta: Kencana.

Munir, M., et al. "Study kelayakan bisnis dalam aspek lingkungan hidup." Labatila: Jurnal Ilmu Ekonomi Islam 3.02 (2019): 157-171.

Raymond, R. (2018). Peningkatan Kinerja Pemasaran Melalui Pelatihan Perencanaan Bagi Kelompok Usaha Kerajinan Taufan Handrycraft Di Kota Batam. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat).

Rudjito. 2003. Strategi pengembangan UMKM Berbasis Sinergi Bisnis, dalam Makalah yang disampaikan pada seminar peran perbankan dalam memperkokoh ketahanan nasional kerja sama Lemhanas RI dengan BRI.

Sondang P. Siagian, Fungsi- fungsi manajerial Jakarta: Bumi Aksara, 1998.

Sukirno, Sadono. 2015. Pengantar Bisnis. Penada Media. Jakarta. Suratman, 2015,, Studi Kelayakan Proyek: Teknik dan Prosedur PenyusunanLaporan, edisi 1. J & J Learning, Yogyakarta.

Suliyanto. (2010). Studi Kelayakan Bisnis. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Sundjaja, Ridwan S; Inge, Barlian; Dharma, P Sundjaja. (2013a). Manajemen Keuangan 1 (8th ed.). Jakarta: Literata Lintas Media.

Sugiyanto, Nadi, L., & Wenten, I. K. (2020). Studi kelayakan bisnis teknik untuk mengetahui bisnis dapat dijalankan atau tidak. In YPSIM Banten (Vol. 1).

Sumarni, Murti, and John Soeprihanto. "Pengantar Bisnis (dasar-dasar ekonomi perusahaan)." Edisi ke 5 (2010).

Terry, Georger R dan Rue, Laslie W, 2005 Dasar-Dasar Manajemen (Jakarta: Bumi Aksara).

Downloads

Published

2025-08-15

How to Cite

Isnaeni Isnaeni, Naufal Hilmy Haydar, Emi Nur Shabrina, Rindang Cahya Kemilau, & Siti Badiatul Umroh. (2025). ANALISIS KELAYAKAN BISNIS IEUMAHFOOD DITINJAU DARI ASPEK PASAR DAN PEMASARAN SERTA MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA. JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA, 3(4), 852–863. https://doi.org/10.61722/jipm.v3i4.1233

Issue

Section

##section.default.title##