PEMANFAATAN LIMBAH KEJU DI RUMAH KEJU JOGJA (KEJUGJA) MENJADI KERUPUK WHEY
DOI:
https://doi.org/10.61722/jipm.v2i4.296Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Proses Produksi di Rumah Keju Jogja dalam pengendalian kualitas produk . Pelaksanaan observasi dimulai pada pertemuan minggu ke-3, yakni pada tanggal 17 Oktober 2022, yang bertempat di Rumah Keju Jogja, dengan alamat di Gg. Cucak Rowo No.4, Sedan, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581. Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi. Rumah Keju Jogja dipilih karena tempat usaha tersebut merupakan industri yang bergerak dalam bidang pengolahan susu menjadi keju,selain itu karna memang di Rumah Keju Jogja sebelumnya adalah sebuah komunitas dalam pelatihan pengolahan susu menjadi keju, sehingga terbuka untuk masyarakat umum yang ingin ikut belajar dalam proses pembuatan keju ini. Dengan semakin berkembangnya komunitas, maka dari itu mereka memberikan nama komunitas / tempat yang di beri nama Kejugja. Dalam proses produksi keju, terdapat salah satu limbah yang biasanya dibuang. Limbah ini dinamakan sebagai Whey, atau limbah cair dari proses fermentasi susu menjadi keju. Namun seiring dengan berjalannya waktu, limbah yang biasanya dibuang kini dapat dimanfaatkan menjadi olahan produk lainnya, seperti kerupuk Whey. Hal ini ditujukan untuk meminimalisir terbuangnya limbah dengan sia-sia.
References
Dewi, R. P., Budiarto, B., & Suprihanti, A. (2021). Kelayakan dan Strategi Pengembangan Usaha Keju Natural Di Rumah Keju Jogja Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi, 22(1), 88-102.
Kundarini, T., Astuti, R. D., & Setyaningsih, S. (2022). PEMANFAATAN LIMBAH WHEY KEJU MOZZARELLA MENJADI EDIBLE FILM DENGAN PENAMBAHAN KARAGENAN DAN GLISEROL. Bulletin Agro Industri, 49(2).
Lina, T., Damayanti, C. S., Fauziyah, H. A., Krisnanto, A., Ningrum, Z. K., & Erliyanti, N. K. (2022). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA KALIPUCANG MELALUI PENGEMBANGAN INOVASI PRODUK KEJU MOZZARELLA “MOOCHIZ” DAN PEMANFAATAN LIMBAHNYA. Jurnal Abdimas Teknik Kimia, 3(1), 45-49.
Nugrahani, R. (2015). Peran desain grafis pada label dan kemasan produk makanan umkm. Imajinasi: Jurnal Seni, 9(2), 127-136.
Selang, C. A. (2013). Bauran pemasaran (marketing mix) pengaruhnya terhadap loyalitas konsumen pada fresh mart Bahu Mall Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3).
Ulfah, Y., Irwansyah, I., Diyanti, F., Norsita, M., & Febriani, E. (2022). PENINGKATAN POTENSI PENDAPATAN MELALUI PENENTUAN HARGA JUAL GUNA MENINGKATKAN PEREKONOMIAN DAERAH. MINDA BAHARU, 6(1), 118-127.
Wibowo, D. H., & Zainul Arifin, S. (2015). Analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 29(1).
Wonoadi, G. L., Husein, R., & Sukamto, S. (2021). Pemanfaatan Whey Menuju Produksi yang Zerowaste. In Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat.
Yusrina, I. H., Purwasih, R., & Fathurohman, F. (2019). Pemanfaatan limbah keju mozzarella sebagai minuman fungsional dengan penambahan rasa nanas dan jeruk siam. Bulletin of Applied Animal Research, 1(1), 1-7.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.