STRATEGI EFEKTIF DALAM MENGATASI KESULITAN PEMAHAMAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DIKALANGAN SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS: TANTANGAN DAN SOLUSI
DOI:
https://doi.org/10.61722/jipm.v3i`1.687Keywords:
Pendidikan Agama Kristen,, Strategi Pembelajaran,Abstract
Pendidikan Agama Kristen (PAK) di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) menghadapi tantangan dalam hal pemahaman materi oleh siswa. Banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep dasar dan aplikasi nilai-nilai agama Kristen dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi-strategi efektif dalam mengatasi kesulitan pemahaman materi PAK di kalangan siswa SMA, serta tantangan yang dihadapi oleh guru dalam implementasi pembelajaran. Melalui pendekatan kajian pustaka dan studi kasus, penelitian ini menemukan bahwa strategi-strategi seperti penggunaan metode pembelajaran yang interaktif, pengintegrasian teknologi dalam pembelajaran, serta pendekatan berbasis pengalaman dapat meningkatkan pemahaman siswa. Selain itu, peran guru sebagai fasilitator dan motivator sangat penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung. Tantangan utama yang dihadapi termasuk keterbatasan waktu, kurangnya minat siswa, dan perbedaan kemampuan belajar. Solusi yang diusulkan meliputi peningkatan pelatihan guru, pengembangan materi ajar yang lebih kontekstual, dan penggunaan media pembelajaran yang lebih menarik dan relevan dengan kehidupan siswa.
References
Freire, P. (2000). Pedagogy of the Oppressed. Continuum.
Nata, A. (2017). Pendidikan Agama Kristen dan Karakter Bangsa. Kencana.
Piaget, J. (1970). The Science of Education and the Psychology of the Child. New York: Viking Press.
Santoso, A., & Pranoto, W. (2021). "Keaktifan siswa dalam pembelajaran berbasis Kurikulum Merdeka." Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 17(1), 21-34.
Sutrisno, Anton. (2021). "Inovasi dalam Pendidikan Agama Kristen." Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, vol. 5, no. 1, 45-60.
Suryadi, D. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen dengan Kurikulum Merdeka. Yogyakarta: Pustaka Pendidikan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.