TEKNOLOGI DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN PAK DI LINGKUP SMA
DOI:
https://doi.org/10.61722/jipm.v3i`1.690Keywords:
Implementasi Teknologi,, , Pembelajaran PAK di SMAAbstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang pesat dalam beberapa dekade terakhir memberikan dampak signifikan terhadap berbagai bidang, termasuk dalam dunia pendidikan. Waktu tidak menjadi masalah terhadap pendidikan jika menggunakan teknologi sebagai suatau kunci dalam menjalankan peran penting bagi pendidikan pada saat ini. Bahkan bisa di katakan materi di luar negeri dapat di ajarkan dalam perkampungan sekalipun karena mudahnya untuk mengakses semua bidang pendidikan tersebut. Salah satu aspek yang sangat dipengaruhi adalah cara pembelajaran yang dilakukan, tidak terkecuali dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) di tingkat SMA. Teknologi telah memperkenalkan berbagai media dan platform baru yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, membuatnya lebih menarik, dan mendukung pembelajaran yang lebih efektif. Dalam penulisan artikel ini, Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk menganalisis. Artikel ini bertujuan untuk membahas penerapan teknologi dalam pembelajaran PAK di SMA, mengidentifikasi teknologi yang sering digunakan, serta manfaat dan tantangan yang dihadapi dalam implementasinya. Pembahasan ini menggarisbawahi pentingnya pemanfaatan teknologi untuk mendukung pengajaran yang berbasis pada nilai-nilai Kristen serta mengoptimalkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran.
References
Ananda, Rusydi, Amiruddin Amiruddin, and Ed Muhammad Rifa’i. “Inovasi Pendidikan: Meleijitkan Potensi Teknologi Dan Inovasi Pendidikan,” 2017.
Hana, Anambida Wori, and Ningsih Hamu Lie. “Artificial Intelligence Sebagai Mitra Pengajaran: Pengaruh Teknologi Terhadap Pendidikan Agama Kristen.” CONSCIENTIA: Jurnal Teologi Kristen 3, no. 1 (2024).
Hendriani, Ani, Pupun Nuryani, and Teguh Ibrahim. “Pedagogik Literasi Kritis; Sejarah, Filsafat Dan Perkembangannya Di Dunia Pendidikan.” Pedagogia 16, no. 1 (2018): 44–59.
Kertati, Indra, Adelia Alfama Zamista, Arief Aulia Rahman, Okma Yendri, Aryawira Pratama, Gusti Rusmayadi, Kristina Nurhayati, et al. Model & Metode Pembelajaran Inovatif Era Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.
Khuzaini, Nanang, and Rusgianto Heri Santosa. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Trigonometri Menggunakan Adobe Flash CS3 Untuk Siswa SMA.” Jurnal Riset Pendidikan Matematika 3, no. 1 (2016): 88–99.
Mea, Firmina. “Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Melalui Kreativitas Dan Inovasi Guru Dalam Menciptakan Kelas Yang Dinamis.” Inculco Journal of Christian Education 4, no. 3 (2024): 252–75.
Nasarudin, Nasarudin, Denny Aulia Rachmawati, Mappanyompa Mappanyompa, Vivina Eprillison, Yuni Misrahayu, Halijah Halijah, Rina Nur Afifa, et al. Pengantar Pendidikan. Yayasan Tri Edukasi Ilmiah, 2024.
Putranti, Ananda Vika Wahyu. “Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di SMA Negeri 46 Jakarta.” Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, n.d.
Putro, Adi Nugroho Susanto, Muhammad Wajdi, Siyono Siyono, Aditya Noor Cahya Perdana, Saptono Saptono, Diana Yanni Ariswati Fallo, Anis Umi Khoirotunnisa, et al. “Revolusi Belajar Di Era Digital.” Penerbit PT Kodogu Trainer Indonesia, 2023.
Renyoet, Jaquiline Melissa. “Pesan Moral Dalam Film To Koll a Mockingbird (Analisis Semiotika Pada Film To Kill a Mockingbird,” 2014.
Srimuliyani, Srimuliyani. “Menggunakan Teknik Gamifikasi Untuk Meningkatkan Pembelajaran Dan Keterlibatan Siswa Di Kelas.” EDUCARE: Jurnal Pendidikan Dan Kesehatan 1, no. 1 (2023): 29–35.
Wibowo, Hari. Pengantar Teori-Teori Belajar Dan Model-Model Pembelajaran. Puri cipta media, 2020.
Ananda, Rusydi, Amiruddin Amiruddin, and Ed Muhammad Rifa’i. “Inovasi Pendidikan: Meleijitkan Potensi Teknologi Dan Inovasi Pendidikan,” 2017.
Hana, Anambida Wori, and Ningsih Hamu Lie. “Artificial Intelligence Sebagai Mitra Pengajaran: Pengaruh Teknologi Terhadap Pendidikan Agama Kristen.” CONSCIENTIA: Jurnal Teologi Kristen 3, no. 1 (2024).
Hendriani, Ani, Pupun Nuryani, and Teguh Ibrahim. “Pedagogik Literasi Kritis; Sejarah, Filsafat Dan Perkembangannya Di Dunia Pendidikan.” Pedagogia 16, no. 1 (2018): 44–59.
Kertati, Indra, Adelia Alfama Zamista, Arief Aulia Rahman, Okma Yendri, Aryawira Pratama, Gusti Rusmayadi, Kristina Nurhayati, et al. Model & Metode Pembelajaran Inovatif Era Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.
Khuzaini, Nanang, and Rusgianto Heri Santosa. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Trigonometri Menggunakan Adobe Flash CS3 Untuk Siswa SMA.” Jurnal Riset Pendidikan Matematika 3, no. 1 (2016): 88–99.
Mea, Firmina. “Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Melalui Kreativitas Dan Inovasi Guru Dalam Menciptakan Kelas Yang Dinamis.” Inculco Journal of Christian Education 4, no. 3 (2024): 252–75.
Nasarudin, Nasarudin, Denny Aulia Rachmawati, Mappanyompa Mappanyompa, Vivina Eprillison, Yuni Misrahayu, Halijah Halijah, Rina Nur Afifa, et al. Pengantar Pendidikan. Yayasan Tri Edukasi Ilmiah, 2024.
Putranti, Ananda Vika Wahyu. “Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di SMA Negeri 46 Jakarta.” Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, n.d.
Putro, Adi Nugroho Susanto, Muhammad Wajdi, Siyono Siyono, Aditya Noor Cahya Perdana, Saptono Saptono, Diana Yanni Ariswati Fallo, Anis Umi Khoirotunnisa, et al. “Revolusi Belajar Di Era Digital.” Penerbit PT Kodogu Trainer Indonesia, 2023.
Renyoet, Jaquiline Melissa. “Pesan Moral Dalam Film To Koll a Mockingbird (Analisis Semiotika Pada Film To Kill a Mockingbird,” 2014.
Srimuliyani, Srimuliyani. “Menggunakan Teknik Gamifikasi Untuk Meningkatkan Pembelajaran Dan Keterlibatan Siswa Di Kelas.” EDUCARE: Jurnal Pendidikan Dan Kesehatan 1, no. 1 (2023): 29–35.
Wibowo, Hari. Pengantar Teori-Teori Belajar Dan Model-Model Pembelajaran. Puri cipta media, 2020.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.