DAMPAK KURIKULUM MERDEKA TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.61722/jipm.v3i`1.689Keywords:
Kurikulum Merdeka,, Pendidikan Agama Kristen di Indonesia.Abstract
Kurikulum Merdeka yang diterapkan di Indonesia bertujuan untuk memberikan kebebasan bagi guru dan siswa dalam menjalankan proses pembelajaran dengan pendekatan yang lebih fleksibel dan kontekstual. Dampak dari penerapan Kurikulum Merdeka terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) di Indonesia memberikan tantangan dan peluang dalam mengembangkan metode pengajaran yang relevan dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak Kurikulum Merdeka terhadap pembelajaran PAK di Indonesia, dengan fokus pada perubahan strategi pengajaran, peningkatan keterlibatan siswa, serta pemahaman nilai-nilai agama Kristen dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam kepada guru PAK dan observasi di beberapa sekolah yang telah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan bagi guru untuk merancang pembelajaran yang lebih berpusat pada siswa dan lebih relevan dengan konteks kehidupan mereka. Meskipun demikian, tantangan seperti keterbatasan sumber daya dan kurangnya pemahaman tentang implementasi Kurikulum Merdeka dalam konteks PAK masih perlu diatasi. Secara keseluruhan, penerapan Kurikulum Merdeka memiliki potensi besar dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAK, dengan catatan adanya pelatihan dan pendampingan yang memadai bagi guru.
References
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar: Kerangka Dasar dan Pedoman Implementasi. Jakarta: Kemdikbudristek.
Freire, P. (2000). Pedagogy of the Oppressed. Continuum.
Nata, A. (2017). Pendidikan Agama Kristen dan Karakter Bangsa. Kencana.
Piaget, J. (1970). The Science of Education and the Psychology of the Child. New York: Viking Press.
Santoso, A., & Pranoto, W. (2021). "Keaktifan siswa dalam pembelajaran berbasis Kurikulum Merdeka." Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 17(1), 21-34.
Sutrisno, Anton. (2021). "Inovasi dalam Pendidikan Agama Kristen." Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, vol. 5, no. 1, 45-60.
Suryadi, D. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen dengan Kurikulum Merdeka. Yogyakarta: Pustaka Pendidikan.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge: Harvard University Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.