STUDI KASUS: PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA OLEH KEPALA SEKOLAH DALAM PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN DI LEMBAGA PENDIDIKAN

Authors

  • Mardivta Yolanda UIN SJECH M.DJAMIL DJAMBEK BUKITTINGGI
  • Zulfani Sesmiarni UIN SJECH M.DJAMIL DJAMBEK BUKITTINGGI

DOI:

https://doi.org/10.61722/jipm.v3i2.825

Keywords:

Training and Development, Human Resources, Principal

Abstract

Salah satu kunci keberhasilan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di institusi pendidikan adalah pengelolaan sumber daya manusia (SDM) yang efektif. Sebagai pemimpin, kepala sekolah bertanggung jawab untuk merancang, mengelola, dan mengevaluasi program pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus untuk mengeksplorasi bagaimana kepala sekolah mengelola pelatihan dan pengembangan SDM di lembaga pendidikan. Melalui wawancara mendalam dengan kepala sekolah, guru, dan staf administratif, serta observasi langsung terhadap program pelatihan yang dilaksanakan, penelitian ini mengidentifikasi berbagai strategi yang diterapkan dalam pengelolaan SDM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berkonsentrasi pada meningkatkan keterampilan teknis dan non-teknis dengan memberikan pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan sekolah. Pelatihan ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kompetensi profesional, tetapi juga untuk meningkatkan karakter dan integritas guru saat menjalankan tugas mereka. Keterbatasan sumber daya dan variasi partisipasi guru adalah masalah utama yang dihadapi. Namun, berbagai inovasi dalam pelatihan dan penggunaan teknologi dapat membantu mengatasi masalah ini. Secara keseluruhan, telah terbukti bahwa kepala sekolah dapat meningkatkan kualitas pengajaran, kinerja karyawan, dan lingkungan kerja yang lebih produktif.

References

Bariqi, M. D. (2018). Pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis.

Dessler, G. (2020). Human resource management. Florida International University.

Gustiana, R., Hidayat, T., & Fauzi, A. (2022). Pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia (suatu kajian literatur review ilmu manajemen sumber daya manusia). Jurnal Ekonomi Manajemen.

Ideswal, I., Yahya, Y., & Alkadri, H. (2020). Kontribusi iklim sekolah dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu.

Khairil’Ilmiyah, P. (2024). Peran Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Strategis Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Mts Darul Ulum Kubu Raya. Jurnal Manejemen Akuntansi.

Khakim, D., & Yasin, M. (2023). Manajemen Sebagai Pendekatan Dalam Mewujudkan Mutu Pengelolaan Kesiswaan Dan Sdm Di Lembaga Pendidikan. Manajemen Pendidikan.

Mulyasa, E. (2002). Manajemen berbasis sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Robbins, S. (2018). Manajemen Dalam Kebijakan SDM. In Edisi Revisi. Edisi Pertama. Jakarta: Bumi Aksara.

Selviyanti, N. H., Fadila, N., & Sulis, Y. D. (2023). Systematic literature review: Peran pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) dalam meningkatkan kinerja karyawan. Ekonomi.

Yusup, M. Y. M. (2015). Peran kepala sekolah sebagai pemimpin pemelajaran. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen.

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Yolanda, M., & Sesmiarni, Z. (2025). STUDI KASUS: PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA OLEH KEPALA SEKOLAH DALAM PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN DI LEMBAGA PENDIDIKAN. JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA, 3(2), 236–243. https://doi.org/10.61722/jipm.v3i2.825

Issue

Section

##section.default.title##