PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN AUDIO-VISUAL DAN GAME EDUKATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR PAI DI SDN NAGASARI VI

Authors

  • Zuraida Aprilia Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dhera Veronika Supraba Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Selma Sabrina Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Wisam Maulana Iqbal Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Siti Khulasoh Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.61722/jipm.v3i3.966

Abstract

Abstrak. Motivasi siswa dan hasil belajar siswa adalah dua faktor penting untuk keberhasilan akademik. Bagi siswa sekolah dasar (SD), subjek pendidikan agama Islam (PAI) seringkali merupakan tantangan karena kompleksitas pembelajaran material dan pembelajaran yang rendah. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dampak metode pembelajaran audiovisual dan permainan pendidikan untuk motivasi siswa dan hasil pembelajaran dalam mata pelajaran PAI. Penelitian ini memeriksa empat kelas siswa sekolah dasar untuk menguji efektivitas metode pembelajaran yang berbeda dalam topik pendidikan agama Islam (PAI). Pada tahap awal, siswa menerima materi melalui metode kuliah tradisional. Hasilnya menunjukkan bahwa siswa memiliki motivasi yang relatif rendah untuk belajar, dan bahwa sebagian besar siswa tidak proaktif dan mengalami kesulitan memahami kedalaman materi. Selanjutnya, metode pembelajaran akan digantikan oleh pendekatan audiovisual dan permainan pendidikan pada pertemuan berikutnya. Hasil yang diperoleh menunjukkan perubahan yang signifikan. Siswa tampak lebih antusias, secara aktif terlibat dalam kegiatan belajar, dan memahami konten materi dengan lebih mudah. Motivasi belajar meningkat, dan hasil penilaian pembelajaran meningkat. Perbandingan ini menunjukkan bahwa metode audiovisual dan permainan pendidikan jauh lebih efektif dibandingkan dengan metode kuliah belaka untuk meningkatkan motivasi siswa dan hasil pembelajaran.

Kata kunci: Motivasi dan Hasil Belajar, Game Edukatif, Audio-Visual

References

Ali, Muhammad. (1992). Guru dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Biru.

Andang Ismail. (2009). Education Games Menjadi Cerdas dan Ceria dengan Permainan Edukatif. Yogyakarta: Pilar Media.

Arsyad, Azhar. (2004). Media Pengajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Assauq, Latifa. (2010). Kelebihan dan Kelemahan Media Audio Visual. Diakses dari http://www.latifa-assauqi.co.cc/2010/03/kelebihan-dan-

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Lexy J. Moleong. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ronaldo, R., & Ardoni, A. (2020). Pembuatan Aplikasi Game Edukasi Pada Pembelajaran Matematika. JEMAS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 2(1), 38-41.

Sanjaya, Wina. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyadi. (2012). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Diva Press.

Wulandari, A. D. (2012). Game Edukatif Sejarah Komputer Menggunakan Role. Inform, 1(1), 25-32.

Downloads

Published

2025-05-26

How to Cite

Zuraida Aprilia, Dhera Veronika Supraba, Selma Sabrina, Wisam Maulana Iqbal, & Siti Khulasoh. (2025). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN AUDIO-VISUAL DAN GAME EDUKATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR PAI DI SDN NAGASARI VI. JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA, 3(3), 446–453. https://doi.org/10.61722/jipm.v3i3.966

Issue

Section

##section.default.title##

Most read articles by the same author(s)