Efektivitas Pembelajaran Dalam Kelas Besar : Studi Observasi Di SDN Karang Sambung 03
Untuk Memenuhi Tugas Ujian Akhir Semester (UAS)
DOI:
https://doi.org/10.61722/jipm.v3i3.993Keywords:
Teaching; Teacher; StudentAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pembelajaran dalam kondisi kelas yang melebihi kapasitas ideal melalui studi observasi di SD Negeri Karang Sambung 03. Fokus penelitian mencakup hubungan interaktif antara guru dan murid, cara guru mengelola kelas, serta pendekatan pembelajaran yang diterapkan dalam situasi jumlah siswa yang besar. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan observasi langsung di kelas 3 SDN Karang Sambung 03, wawancara langsung dengan guru, serta dokumentasi kegiatan belajar mengajar. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa banyaknya jumlah siswa dalam satu kelas menyebabkan perhatian guru terhadap siswa secara individu menjadi terbatas, tingkat kebisingan meningkat, dan efektivitas pemberian umpan balik menurun. Namun demikian, melalui penerapan metode pembelajaran kelompok, pemanfaatan media visual, serta penegakan aturan kelas, guru mampu menjaga keterlibatan siswa dan mencapai target pembelajaran. Simpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa efektivitas pembelajaran dalam kelas besar dapat ditingkatkan melalui pendekatan pedagogis yang sesuai dan manajemen kelas yang tertata dengan baik.
References
Bistari, B. (2018). Konsep Dan Indikator Pembelajaran Efektif. In Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan (Vol. 1, Issue 2, p. 13). https://doi.org/10.26418/jurnalkpk.v1i2.25082
Chartier, M. R. (1972). Learning Effect. Simulation & Games, 3(2), 203–218. https://doi.org/10.1177/003755007200300206
Depari, R. B. B., Harianja, P., Purba, C. A., & Prasetya, K. H. (2022). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Siswa Smp Budi Setia Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 439–449. https://doi.org/10.36277/basataka.v5i2.200
Erina Mifta Alvira, Arel Vaganza, Andromeda Putri, & Bagus Setiawan. (2023). Analisis Permasalahan Belajar : Faktor-Faktor Efektivitas Proses Pembelajaran Pada Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial (Jupendis), 2(1), 142–153. https://doi.org/10.54066/jupendis.v2i1.1186
Erwinsyah, A. (2017). Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 87–105.
https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/392
Maylitha, E., Parameswara, M. C., Iskandar, M. F., Nurdiansyah, M. F., Hikmah, S. N., & Prihantini, P. (2023). Peran Keterampilan Mengelola Kelas dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Journal on Education, 5(2), 2184–2194. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.871
Nafi’ah, S. A., & Islakhudin, M. (2020). Pengaruh Rasio Siswa Terhadap Perkembangan Kognitif Peserta Didik Di Mi Ma’Arif Ngampeldento Salaman Kab.Magelang Jawa Tengah. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8(1), 139. https://doi.org/10.21043/elementary.v8i1.6839
Nurlatifah, S., Yanah, N., Nur, L., & Asmoro, T. (2024). Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran ( Studi Kasus di MA Al-Muhtadin Pondok Pesantren Riyadhus Samawi ) Universitas Islam Balitar Blitar , Indonesia. 2(6).
Oleh, D. (2010). BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI ( STAIN ) PALOPO.
Ramedlon, D. (2023). Kesimpulan penelitian ini adalah. Kebijakan Tentang Jumlah Siswa Dan Keefektifan Dalam Proses Pembelajaran, 6(1), 28.
Setyosari, P. (2017). Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 1(5), 20–30. https://doi.org/10.17977/um031v1i12014p020
Wahyuningsih, N., Nurbayani, E., & Saugi, W. (2020). Pengaruh Rasio Jumlah Siswa dalam Kelas Terhadap Efektivitas Pembelajaran PAI di SMK Farmasi Samarinda. In Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (Vol. 6, Issue 1, pp. 47–61). https://doi.org/10.21093/twt.v6i1.1941
Ummah, M. S. F. (2019). Metode penelitian kuantitatif. Sustainability (Switzerland), 11(1).
Muhammad Saroni, Manajemen Sekolah. Yogyakarta : Ar-ruzz, 2006
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.