Efektivitas Pembelajaran Dalam Kelas Besar : Studi Observasi Di SDN Karang Sambung 03

Untuk Memenuhi Tugas Ujian Akhir Semester (UAS)

Authors

  • Dhiaul Haq Lubis Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ahmad Naufal Fajri Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Sabrina Tegar Prihandini Universitas Singaperbangsa Karawang
  • zahra afirda siti masitoh Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Siti Khulasoh Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.61722/jipm.v3i3.993

Keywords:

Teaching; Teacher; Student

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pembelajaran dalam kondisi kelas yang melebihi kapasitas ideal melalui studi observasi di SD Negeri Karang Sambung 03. Fokus penelitian mencakup hubungan interaktif antara guru dan murid, cara guru mengelola kelas, serta pendekatan pembelajaran yang diterapkan dalam situasi jumlah siswa yang besar. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan observasi langsung di kelas 3 SDN Karang Sambung 03, wawancara langsung dengan guru, serta dokumentasi kegiatan belajar mengajar. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa banyaknya jumlah siswa dalam satu kelas menyebabkan perhatian guru terhadap siswa secara individu menjadi terbatas, tingkat kebisingan meningkat, dan efektivitas pemberian umpan balik menurun. Namun demikian, melalui penerapan metode pembelajaran kelompok, pemanfaatan media visual, serta penegakan aturan kelas, guru mampu menjaga keterlibatan siswa dan mencapai target pembelajaran. Simpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa efektivitas pembelajaran dalam kelas besar dapat ditingkatkan melalui pendekatan pedagogis yang sesuai dan manajemen kelas yang tertata dengan baik.

References

Bistari, B. (2018). Konsep Dan Indikator Pembelajaran Efektif. In Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan (Vol. 1, Issue 2, p. 13). https://doi.org/10.26418/jurnalkpk.v1i2.25082

Chartier, M. R. (1972). Learning Effect. Simulation & Games, 3(2), 203–218. https://doi.org/10.1177/003755007200300206

Depari, R. B. B., Harianja, P., Purba, C. A., & Prasetya, K. H. (2022). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Siswa Smp Budi Setia Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 439–449. https://doi.org/10.36277/basataka.v5i2.200

Erina Mifta Alvira, Arel Vaganza, Andromeda Putri, & Bagus Setiawan. (2023). Analisis Permasalahan Belajar : Faktor-Faktor Efektivitas Proses Pembelajaran Pada Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial (Jupendis), 2(1), 142–153. https://doi.org/10.54066/jupendis.v2i1.1186

Erwinsyah, A. (2017). Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 87–105.

https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/392

Maylitha, E., Parameswara, M. C., Iskandar, M. F., Nurdiansyah, M. F., Hikmah, S. N., & Prihantini, P. (2023). Peran Keterampilan Mengelola Kelas dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Journal on Education, 5(2), 2184–2194. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.871

Nafi’ah, S. A., & Islakhudin, M. (2020). Pengaruh Rasio Siswa Terhadap Perkembangan Kognitif Peserta Didik Di Mi Ma’Arif Ngampeldento Salaman Kab.Magelang Jawa Tengah. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8(1), 139. https://doi.org/10.21043/elementary.v8i1.6839

Nurlatifah, S., Yanah, N., Nur, L., & Asmoro, T. (2024). Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran ( Studi Kasus di MA Al-Muhtadin Pondok Pesantren Riyadhus Samawi ) Universitas Islam Balitar Blitar , Indonesia. 2(6).

Oleh, D. (2010). BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI ( STAIN ) PALOPO.

Ramedlon, D. (2023). Kesimpulan penelitian ini adalah. Kebijakan Tentang Jumlah Siswa Dan Keefektifan Dalam Proses Pembelajaran, 6(1), 28.

Setyosari, P. (2017). Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 1(5), 20–30. https://doi.org/10.17977/um031v1i12014p020

Wahyuningsih, N., Nurbayani, E., & Saugi, W. (2020). Pengaruh Rasio Jumlah Siswa dalam Kelas Terhadap Efektivitas Pembelajaran PAI di SMK Farmasi Samarinda. In Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (Vol. 6, Issue 1, pp. 47–61). https://doi.org/10.21093/twt.v6i1.1941

Ummah, M. S. F. (2019). Metode penelitian kuantitatif. Sustainability (Switzerland), 11(1).

Muhammad Saroni, Manajemen Sekolah. Yogyakarta : Ar-ruzz, 2006

Downloads

Published

2025-05-30

How to Cite

Dhiaul Haq Lubis, Ahmad Naufal Fajri, Sabrina Tegar Prihandini, siti masitoh, zahra afirda, & Siti Khulasoh. (2025). Efektivitas Pembelajaran Dalam Kelas Besar : Studi Observasi Di SDN Karang Sambung 03: Untuk Memenuhi Tugas Ujian Akhir Semester (UAS). JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA, 3(3), 652–660. https://doi.org/10.61722/jipm.v3i3.993

Issue

Section

##section.default.title##

Most read articles by the same author(s)