MENGATASI KESENJANGAN DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN SISWA
DOI:
https://doi.org/10.61722/jipm.v3i3.980Keywords:
Kesenjangan Digital, Guru, Siswa dan Pembelanjaran.Abstract
Kesenjangan digital merupakan salah satu tantangan besar dalam dunia pendidikan , terutama Ketika melakukan pembelajaran daring yang dijadikan kebuituhan utama dalam Pendidikan saat ini. Artikel ini membahas strategi untuk mengatasi kesenjangan digital yang dialami siswa dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran. Melalui pendekatan yang melibatkan penyediaan perangkat, pelatihan kompetensi digital guru dan siswa, serta penguatan infrastruktur, penelitian ini menunjukan peningkatan signifikan dalam keterlibatan dan hasil belajar siswa. Implikasi dari studi ini penting pengelola kebijakan dan pendidik dalam merancang pembelajaran yang inklusif dan merata.
References
Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Pengembangan Kemampuan Digital Siswa melalui Pelatihan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(1), 1-10.
UNESCO. (2018). The Impact of Digital Literacy on Student Learning Outcomes.
Kearsley, G., & Shneiderman, B. (2018). Engagement Theory: A Framework for Technology-Based Learning and Teaching. Educational Technology, 38(5), 20-23.
Journal of Educational Technology Development and Exchange. (2018). The Impact of Technology-Based Curriculum on Student Learning Outcomes. Vol. 10, No. 2.
Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Pengembangan Kurikulum Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa. Vol. 5, No. 1.
Jurnal Teknologi Pendidikan. (2020). Dampak Kurikulum Berbasis Teknologi terhadap Minat Belajar Siswa. Vol. 10, No. 2.
Munawar (2021), Melalui IhT (In-house Training Dapat Meningkatkan Kompetensi dan Kinerja Guru SMP Negeri 1 Panji dalam Mengajar Matematika Tahun Pelajaran 2018/2019. JURNAL IKA: Ikatan Alumni PGSD UNARS. Vol. 10 No. 2, Desember 2021.
Winarsih, Tri. (2023). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva Melalui Kegiatan IhT. Jurnal Evaluasi dan Pembelajaran, 5(1), 65 71.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.