Meningkatkan Profesionalisme Guru Bimbingan dan Konseling Melalui Supervisi Akademik
DOI:
https://doi.org/10.61722/jipm.v2i3.142Abstract
Guru Bimbingan dan Konseling mempunyai peran penting dalam membantu siswa mencapai potensi optimalnya. Namun, untuk menuliskannya secara efektif, guru bimbingan dan konseling memerlukan kompetensi dan profesionalisme yang tinggi. Supervisi akademik merupakan salah satu strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan profesionalisme guru bimbingan dan konseling. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh supervisi akademik terhadap profesionalisme guru bimbingan dan konseling di sekolah menengah. Penelitian ini menggunakan metode literatur review. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi akademik mempunyai pengaruh positif terhadap profesionalisme guru bimbingan dan konseling. Guru bimbingan dan konseling yang mendapat supervisi akademik secara berkala menunjukkan peningkatan kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, dan kompetensi personal. Supervisi akademik juga membantu guru bimbingan dan konseling dalam mengembangkan program layanan bimbingan dan konseling yang lebih efektif. Temuan penelitian ini memberikan implikasi penting bagi praktik pendidikan. Pertama, penelitian ini menunjukkan bahwa supervisi akademik merupakan strategi yang efektif untuk meningkatkan profesionalisme guru bimbingan dan konseling. Kedua, penelitian ini memberikan rekomendasi bagi pengawas dan kepala sekolah untuk melaksanakan supervisi akademik secara efektif. Ketiga, penelitian ini mendorong penelitian lebih lanjut mengenai faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi profesionalisme guru bimbingan dan konseling.
Kata kunci: Supervisi akademik; profesionalisme guru bimbingan dan konseling; sekolah menengah atas.
References
Alfian, A., Wiyono, B. B., Imron, A., Arifin, L., & Humaisi, H. 2019. Development of the supervision model based on clinical approach to increase managerial competence of school principal. Univers. J. Educ. Res., 7(11), 2472-2481 %20https:/www.hrpub.org/journals/article_info.php?aid=8440%20
Helmi, J. 2015. Kompetensi profesionalisme guru. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan , 7(2), 318-336.
Lopez, M. C. A. 2016. Classroom supervisory practices and their relationship to teacher effectiveness as perceived by secondary teachers. SMCC Higher Education Research Journal, 2(1), 1.
Mugi Lestari, Mungin Edi Wibowo & Supriyo. 2013. Kompetensi Profesional Guru BK dalam Pelakasanaan Layanan BK. Indonesian Journal Of Guidance and Counselling: Theory And Therapy http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk. IJGC2 (4)
Pangestu, D. B., Umari, T., & Yakub, E. 2022. Layanan Bimbingan Konseling Di Sekolah Dasar. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 6(5), 1622.
Prayitno. 2009. Wawasan Profesional Konseling. Padang: Universitas Negeri Padang
Renata, R., Wardiah, D., & Kristiawan, M. 2018. The influence of headmaster's supervision and achievement motivation on effective teachers. International Journal of Scientific & Technology Research, 7(4), 44-49.
Rowley, J., & Slack, F. 2004. Conducting a literature review. Management research news.
Shakuna, K. S., Mohamad, N., & Ali, A. B. 2016. The effect of school administration. and educational supervision on teachers teaching performance: training programs as a mediator variable. Asian Social Science, 12(10), 257-272.
Wiyono, B. B., Kusmintardjo, S., & Sucipto. 2017. The effective supervision techniques that influence teacher's performance. Man in India, 97(24), 25-33.
Wiyono, B. B., Kusumaningrum, D. E., Triwiyanto, T., Sumarsono, R. B., Valdez, A. V., & Gunawan, 1. 2019. The comparative analysis of using communication technology and direct techniques in building school public relation. 2019 5th International Conference on Education and Technology (ICET), 81-86.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.