MENDORONG PERTUMBUHAN EKONOMI MELALUI EKOSISTEM INDUSTRI HALAL DI INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.61722/jemba.v2i4.1074Keywords:
Ekonomi Syariah, Industri Halal, Transformasi DigitalAbstract
Industri halal di Indonesia memiliki potensi besar sebagai penggerak ekonomi berkelanjutan, didukung oleh mayoritas penduduk Muslim dan meningkatnya kesadaran terhadap produk sesuai syariat. Sektor ini berkembang luas, mencakup makanan, minuman, pariwisata, fashion, kosmetik, keuangan syariah, hingga ekonomi kreatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Systematic Literature Review (SLR) untuk mengeksplorasi peran ekosistem industri halal dalam pertumbuhan ekonomi. Hasil kajian menunjukkan kontribusi signifikan terhadap PDB, ekspor, penyerapan tenaga kerja, dan cadangan devisa. Pemanfaatan teknologi digital serta penguatan peran UMKM dan generasi muda menjadi faktor penting dalam akselerasi pengembangan industri halal. Meski demikian, tantangan seperti akses sertifikasi, minimnya pemahaman pelaku usaha, dan persaingan global masih perlu diatasi. Diperlukan strategi kolaboratif antara pemerintah, masyarakat, dan pelaku industri untuk memperkuat ekosistem halal, agar Indonesia dapat menjadi pusat produksi halal dunia.
References
Adamsah, B., & Subakti, E. (2022). Perkembangan Industri Halal Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. 5(1), 71–75.
Ahmad, I., Iqbal, S., Jamil, S., & Kamran, M. (2021). A Systematic Literature Review of E-Banking Frauds: Current Scenario and Security Techniques. Linguistica Antverpiensia, 2, 3509 – 3517.
Akbar, C. (2019). Konsumsi Produk Halal di RI Tinggi, Bappenas: Kebanyakan Impor. TEMPO. https://www.tempo.co/ekonomi/konsumsi-produk-halal-di-ri-tinggi-bappenas-kebanyakan-impor-744834
Azizah, N., Rizkinnikmatussolihah, M., & Santoso, M. A. (2022). Perkembangan Industri Halal di Indonesia. Journal of Islamic Economics Studies and Practices, 1(2), 201.
Center, I. H. L. (2019). Indonesia’s Halal Economy & Strategy Roadmap. In Halal Food Safety. http://www.halalfoodsafetyuk.co.uk/indonesias-halal-economy-strategy-roadmap/
Erwina, T., Haryadi, H., & Mustika, C. (2018). Pengaruh neraca transaksi berjalan, transaksi modal dan utang luar negeri terhadap cadangan devisa Indonesia. E-Jurnal Perspektif Ekonomi Dan Pembangunan Daerah, 7(2), 57–70. https://doi.org/10.22437/pdpd.v7i2.6891
Hj. Amirah Ahmad Nahrawi, Lc, M.Ec., M. E. S., Hj. N Fitri Ani Gayo, M. Si han, Arif Fakhruddin, M. A. . ., Dr. H. Burhanuddin Amak, D. T. S., & Alvin Noor Shahab, S. H. (2020). Peran MUI dalam Praktik Washatiyah.pdf.
Jaelani, A. (2017). Halal Tourism Industry in Indonesia : Potential and Prospects. 7(3), 25–34.
Jimmi Qizwini, D. G. P. (2025). INOVASI TEKNOLOGI DAN TRANSFORMASI INDUSTRI HALAL DI INDONESIA: TANTANGAN DAN PELUANG. PERBANAS JOURNAL OF ISLAMIC ECONOMICS & BUSINESS, 5(1), 1–14.
Kahila Shanty, M., & Zaerofi, A. (2024). Peran Asuransi Syariah dalam Membangun Rantai Nilai Halal The Role of Islamic Insurance in Building Halal Value Chains. 6(1), 70. https://ejournal.uit-lirboyo.ac.id/index.php/perbankanArticleDOI:https://doi.org/10.33367//at.v6i1.1492
Katadata, T. P. (2020). Industri Halal untuk Semua. https://katadata.co.id/analisisdata/5ea3a73811d32/industri-halal-untuk-semua
Kementerian Keuangan Republik Indonesia. (2019). Nota Keuangan Tahun Anggaran 2019 (p. 479). https://www.kemenkeu.go.id/informasi-publik/keuangan-negara/uu-apbn-dan-nota-keuangan
Khusnatun, L. L., & Hutajulu, D. M. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Cadangan Devisa Indonesia. Ekono Insentif, 15(2), 79–92. https://doi.org/10.36787/jei.v15i2.583
KNEKS. (2022). Master Plan Industri Halal 2023-2029. In Kneks. https://kneks.go.id/storage/upload/1698379014-Master Plan Industri Halal Indonesia 2023-2029 Summary.pdf
Koswara, A. (2025). E-Commerce dan Industri Halal: Ragam Model Bisnis Digital Terbaru dalam Ekonomi Islam Modern. 1(1), 1–12.
Kurnia, A. B., & Putri, J. (2025). J-EBI : J-EBI : 04(01), 1–11.
Maulana, N. (2022). Potensi Pengembangan Industri Halal Indonesia Di Tengah Persaingan Halal Global. 8, 136–150. https://doi.org/10.24252/iqtisaduna.v8i2.32465
Nahrawi, A. A., Gayo, N. F. A., Arif, S. han F., Amak, B., Supriyatno, T., & Shahab, A. N. (2023). Pendamping Proses Produk Halal ( Pph ).
Nurdin, I. B. (2024). Pemanfaatan teknologi blockchain untuk meningkatkan kualitas keterjaminan halal pada produk makanan dan minuman di indonesia. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 8(1), 95–104. https://doi.org/10.30868/ad.v8i01.6469
Prabowo, R., Hasibuan, A., Islam, U., Utara, S., Industri, K., Ekonomi, P., Manufaktur, S., Contribution, I., Growth, E., & Sector, M. (2025). Open Access KONTRIBUSI INDUSTRI TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI NASIONAL INDUSTRIAL CONTRIBUTION TO NATIONAL ECONOMIC GROWTH. 02(01), 212–217.
Prastiwi, I. W., Amalia, D., Khairani, S., Islam, U., & Sumatera, N. (2025). Teori-Teori Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi. 3.
Qoni, R. (2022). Tantangan dan strategi peningkatan ekspor produk halal Indonesia di pasar global. 2(1), 52–63.
Sayoga, P., & Tan, S. (2017). Analisis cadangan devisa Indonesia dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jurnal Paradigma Ekonomika, 12(1), 25–30. https://doi.org/10.22437/paradigma.v12i1.3931
Soleh, A., Fakultas, D., Universitas, E., & Bengkulu, D. (2011). PERTUMBUHAN EKONOMI DAN KEMISKINAN DI INDONESIA. 197–209.
Sukoso, Wiryawan, A., Kusnadi, J., & Sucipto. (2020). Ekosistem Industri Halal 1 (A. A. Prihanto, M. I. SUKARNA, & H. Harimurti (eds.)). Departemen Ekonomi dan Keuangan.
Yuliawati, T., Adirestuty, F., Miftahuddin, A., & Hardiansyah, K. (2022). Kebijakan Merger Bank pada Perbankan Syariah: Studi Bibliometrik dan Perspektif Kritis. Jurnal Inspirasi, 13(1), 137–155. https://doi.org/10.35880/inspirasi.v13i1.1979
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL ILMIAH EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.