MENDORONG PERTUMBUHAN EKONOMI MELALUI EKOSISTEM INDUSTRI HALAL DI INDONESIA

Authors

  • Dika Eri Saputra Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Nur Ain Nazira Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Falentia Wiliana Putri Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Amalia Nuril Hidayati Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.61722/jemba.v2i4.1074

Keywords:

Ekonomi Syariah, Industri Halal, Transformasi Digital

Abstract

Industri halal di Indonesia memiliki potensi besar sebagai penggerak ekonomi berkelanjutan, didukung oleh mayoritas penduduk Muslim dan meningkatnya kesadaran terhadap produk sesuai syariat. Sektor ini berkembang luas, mencakup makanan, minuman, pariwisata, fashion, kosmetik, keuangan syariah, hingga ekonomi kreatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Systematic Literature Review (SLR) untuk mengeksplorasi peran ekosistem industri halal dalam pertumbuhan ekonomi. Hasil kajian menunjukkan kontribusi signifikan terhadap PDB, ekspor, penyerapan tenaga kerja, dan cadangan devisa. Pemanfaatan teknologi digital serta penguatan peran UMKM dan generasi muda menjadi faktor penting dalam akselerasi pengembangan industri halal. Meski demikian, tantangan seperti akses sertifikasi, minimnya pemahaman pelaku usaha, dan persaingan global masih perlu diatasi. Diperlukan strategi kolaboratif antara pemerintah, masyarakat, dan pelaku industri untuk memperkuat ekosistem halal, agar Indonesia dapat menjadi pusat produksi halal dunia.

References

Adamsah, B., & Subakti, E. (2022). Perkembangan Industri Halal Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. 5(1), 71–75.

Ahmad, I., Iqbal, S., Jamil, S., & Kamran, M. (2021). A Systematic Literature Review of E-Banking Frauds: Current Scenario and Security Techniques. Linguistica Antverpiensia, 2, 3509 – 3517.

Akbar, C. (2019). Konsumsi Produk Halal di RI Tinggi, Bappenas: Kebanyakan Impor. TEMPO. https://www.tempo.co/ekonomi/konsumsi-produk-halal-di-ri-tinggi-bappenas-kebanyakan-impor-744834

Azizah, N., Rizkinnikmatussolihah, M., & Santoso, M. A. (2022). Perkembangan Industri Halal di Indonesia. Journal of Islamic Economics Studies and Practices, 1(2), 201.

Center, I. H. L. (2019). Indonesia’s Halal Economy & Strategy Roadmap. In Halal Food Safety. http://www.halalfoodsafetyuk.co.uk/indonesias-halal-economy-strategy-roadmap/

Erwina, T., Haryadi, H., & Mustika, C. (2018). Pengaruh neraca transaksi berjalan, transaksi modal dan utang luar negeri terhadap cadangan devisa Indonesia. E-Jurnal Perspektif Ekonomi Dan Pembangunan Daerah, 7(2), 57–70. https://doi.org/10.22437/pdpd.v7i2.6891

Hj. Amirah Ahmad Nahrawi, Lc, M.Ec., M. E. S., Hj. N Fitri Ani Gayo, M. Si han, Arif Fakhruddin, M. A. . ., Dr. H. Burhanuddin Amak, D. T. S., & Alvin Noor Shahab, S. H. (2020). Peran MUI dalam Praktik Washatiyah.pdf.

Jaelani, A. (2017). Halal Tourism Industry in Indonesia : Potential and Prospects. 7(3), 25–34.

Jimmi Qizwini, D. G. P. (2025). INOVASI TEKNOLOGI DAN TRANSFORMASI INDUSTRI HALAL DI INDONESIA: TANTANGAN DAN PELUANG. PERBANAS JOURNAL OF ISLAMIC ECONOMICS & BUSINESS, 5(1), 1–14.

Kahila Shanty, M., & Zaerofi, A. (2024). Peran Asuransi Syariah dalam Membangun Rantai Nilai Halal The Role of Islamic Insurance in Building Halal Value Chains. 6(1), 70. https://ejournal.uit-lirboyo.ac.id/index.php/perbankanArticleDOI:https://doi.org/10.33367//at.v6i1.1492

Katadata, T. P. (2020). Industri Halal untuk Semua. https://katadata.co.id/analisisdata/5ea3a73811d32/industri-halal-untuk-semua

Kementerian Keuangan Republik Indonesia. (2019). Nota Keuangan Tahun Anggaran 2019 (p. 479). https://www.kemenkeu.go.id/informasi-publik/keuangan-negara/uu-apbn-dan-nota-keuangan

Khusnatun, L. L., & Hutajulu, D. M. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Cadangan Devisa Indonesia. Ekono Insentif, 15(2), 79–92. https://doi.org/10.36787/jei.v15i2.583

KNEKS. (2022). Master Plan Industri Halal 2023-2029. In Kneks. https://kneks.go.id/storage/upload/1698379014-Master Plan Industri Halal Indonesia 2023-2029 Summary.pdf

Koswara, A. (2025). E-Commerce dan Industri Halal: Ragam Model Bisnis Digital Terbaru dalam Ekonomi Islam Modern. 1(1), 1–12.

Kurnia, A. B., & Putri, J. (2025). J-EBI : J-EBI : 04(01), 1–11.

Maulana, N. (2022). Potensi Pengembangan Industri Halal Indonesia Di Tengah Persaingan Halal Global. 8, 136–150. https://doi.org/10.24252/iqtisaduna.v8i2.32465

Nahrawi, A. A., Gayo, N. F. A., Arif, S. han F., Amak, B., Supriyatno, T., & Shahab, A. N. (2023). Pendamping Proses Produk Halal ( Pph ).

Nurdin, I. B. (2024). Pemanfaatan teknologi blockchain untuk meningkatkan kualitas keterjaminan halal pada produk makanan dan minuman di indonesia. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 8(1), 95–104. https://doi.org/10.30868/ad.v8i01.6469

Prabowo, R., Hasibuan, A., Islam, U., Utara, S., Industri, K., Ekonomi, P., Manufaktur, S., Contribution, I., Growth, E., & Sector, M. (2025). Open Access KONTRIBUSI INDUSTRI TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI NASIONAL INDUSTRIAL CONTRIBUTION TO NATIONAL ECONOMIC GROWTH. 02(01), 212–217.

Prastiwi, I. W., Amalia, D., Khairani, S., Islam, U., & Sumatera, N. (2025). Teori-Teori Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi. 3.

Qoni, R. (2022). Tantangan dan strategi peningkatan ekspor produk halal Indonesia di pasar global. 2(1), 52–63.

Sayoga, P., & Tan, S. (2017). Analisis cadangan devisa Indonesia dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jurnal Paradigma Ekonomika, 12(1), 25–30. https://doi.org/10.22437/paradigma.v12i1.3931

Soleh, A., Fakultas, D., Universitas, E., & Bengkulu, D. (2011). PERTUMBUHAN EKONOMI DAN KEMISKINAN DI INDONESIA. 197–209.

Sukoso, Wiryawan, A., Kusnadi, J., & Sucipto. (2020). Ekosistem Industri Halal 1 (A. A. Prihanto, M. I. SUKARNA, & H. Harimurti (eds.)). Departemen Ekonomi dan Keuangan.

Yuliawati, T., Adirestuty, F., Miftahuddin, A., & Hardiansyah, K. (2022). Kebijakan Merger Bank pada Perbankan Syariah: Studi Bibliometrik dan Perspektif Kritis. Jurnal Inspirasi, 13(1), 137–155. https://doi.org/10.35880/inspirasi.v13i1.1979

Downloads

Published

2025-06-13

How to Cite

Dika Eri Saputra, Nur Ain Nazira, Falentia Wiliana Putri, & Amalia Nuril Hidayati. (2025). MENDORONG PERTUMBUHAN EKONOMI MELALUI EKOSISTEM INDUSTRI HALAL DI INDONESIA. JURNAL ILMIAH EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI, 2(4), 81–93. https://doi.org/10.61722/jemba.v2i4.1074

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)