PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP MINAT NASABAH DALAM MENABUNG PADA BANK BSI KC MADIUN AGUS SALIM
DOI:
https://doi.org/10.61722/jemba.v1i2.95Keywords:
Marketing Mix, Customer InterestAbstract
Bank BSI KC Madiun Agus Salim is still not popular with the public. One of the factors is customers' ignorance about the concepts and products offered by Bank BSI KC Madiun Agus Salim. The main aim of this research is to test and analyze whether the service marketing mix influences customer interest in saving at BSI KC Madiun Agus Salim bank. This research is quantitative research. The population in this research is all BSI KC Madiun Agus Salim bank customers in 2023, totaling 13,829 customers. The sample in this research was 100 customers. The data collection method uses a questionnaire. Data analysis techniques use classical assumption tests, multiple linear regression analysis tests, hypothesis tests and coefficient of determination tests. The research results show that the variables product, price, promotion, place, people, process and physical evidence have a positive and significant effect on customer interest in saving at Bank BSI KC Madiun Agus Salim.
References
Akbar, A. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan dan Promosi Terhadap Minat Menabung Nasabah pada Bank Syariah Mandiri Cabang Palembang. Skripsi. (Palembang: Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, 2013), 31.
Alma, B. Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Smartphone (Studi Kasus Pada Konsumen di Kota Bandung, 2013), 22.
Anan, F. Strategi Bauran Pemasaran Produk Tabungan Mudharabah Dalam Peningkatan Minat Nasabah Di Bank Syariah Mandiri Cabang Ciputat (Bachelor's thesis, Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2020).
Diah Eka. I.P & Ely Masykuroh. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa Ponorogo di Marketplace Lazada. Niqosiya: Journal of Economics and Business Research, 3(1), (2023) 214-236.
Efdison, Z. “Bauran Pemasaran Dalam Menarik Minat Nasabah Menggunakan Produk Pt. Bank Rakyat Indonesia Di Kota Sungai Penuh. Al Dzahab: Journal Of Economics, Management, Business And Accounting, 4(2), (2023), 143-154.
Ernawati, E. D. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Minat Masyarakat Menabung Dalam Program “Ayo Menabung Aska”. Sabdamas, 1(1), (2019), 117-120.
Fatihudin, D., & Firmansyah, A, Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Ekuitas Merek, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Smartphone (Studi Kasus Pada Konsumen di Kota Bandung). Jurnal Manajemen dan Bisnis Universitas Islam Bandung, 16(1), (2018), 1-14.
Haryanti, F. N., Salsabila, S. M., & Arfiansyah, M. A. Pengaruh marketing mix terhadap minat memiliki tabungan easy wadiah pada Bank Syariah Indonesia. Journal of Economics and Business Research (JUEBIR), 2(1), (2023), 30-38.
Anan, F. Strategi Bauran Pemasaran Produk Tabungan
Herat, R. A., Rembang, M. R., & Kalangi, J. Peran bidang promosi dan pemasaran dinas pariwisata kabupaten pulau morotai dalam mempromosikan potensi pariwisata kabupaten Pulau Morotai. Acta Diurna Komunikasi, 4(4), (2015), 33.
Hidayat, R., Piliang, A., Safrizal, S., & Sugianto, S. Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Cititel Sisingamangaraja Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(05), (2022), 131-136.
Kotler, P. Manajemen Pemasaran. (Edisi 10). (Jakarta: Erlangga, 2005), 229.
Kotler, Philip, & Kevin Lane Keller. Manajemen Pemasaran (Edisi 13, Jilid 1 dan 2). Alih Bahasa: Bob Sabran. (Jakarta: Erlangga, 2011), 178.
Marlina, M. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Rahn Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Nasabah Unit Pegadaian Syariah Durian Payung Bandar Lampung) (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung, 2023). 43.
Nengsih, T. A., Arsa, A., & Putri, P. S. (2021). Determinan minat menabung masyarakat di Bank Syariah: Studi empiris di kota Jambi. Perbanas Journal of Business and Banking, 11(1), 93-111.
Rangkuti, Freddy. Analisis SWOT: Teknik Membangun Keunggulan Strategis. (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2011), 187.
Sukmana, A. H. Pengaruh strategi pemasaran pasca pandemi covid-19 terhadap minat nasabah menabung di bank bsi mataram. JPS: Jurnal Perbankan Syariah, 1(2), (2022), 26-35
Tamara, L. D., & Yulianto, A. E. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Menabung Nasabah PT Bank Jatim KCP Untag Surabaya (studi kasus pada produk tabungan simpeda di PT bank jatim KCP Untag Surabaya). Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM) 11(7), (2022). 115-116.
Tjiptono, Fandy.Pemasaran Jasa Edisi Pertama, (Malang Jawa Timur: Bayumedia Publishing, 2005), 152.
Wijaya, E., & Ariyani, P. M. Pengaruh Service Marketing Mix Terhadap Keputusan Nasabah Untuk Menabung Pada PT. Bank Mayapada Internasional Tbk Cabang A. Yani Pekanbaru. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 1(2), (2018), 283-296.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.