KONSEP ICE BREAKING DALAM MENINGKATKAN DAYA KONSENTRASI BELAJAR SISWA PERSPEKTIF SUNARTO

Authors

  • Mukhamad Abdissalam Universitas Hasyim Asy'ari
  • Evita Widiyati Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang

DOI:

https://doi.org/10.61722/jipm.v3i5.1341

Keywords:

Ice Breaking, Learning Power Concentration

Abstract

Pada hakikatnya manusia yang hidup di dunia ini membutuhkan pendidikan. Pendidikan di Indonesia sering kali dihadapkan dengan problematika yang berat. Salah satunya adalah kurang konsentrasi pada saat belajar mengajar. terdapat berbagai macam jenis dan cara agar membuat siswa menjadi bersemanagat dan berkonsentrasi ketika di dalam kelas, salah satu contohnya yaitu Ice Breaking yang mana cara ini bisa menjadi cara ketika di dalam kelas mendapatkan masalah siswa yang kurang berkonsentrasi, serta mengantuk ketika sedang proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep Ice Breaking dalam meningkatkan daya konsentrasi belajar siswa perspektif Sunarto. pendekatan peneitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah Content analysis, yaitu mengeksplorasi pendangan para ahli dan Sunarto terhadap Konsep Ice Breaking dalam meningkatkan daya konsentrasi belajar siswa. Hasil dari penelitian ini adalah menurut Perspektif Sunarto konsep Ice Breaking dalam meningkatkan daya konsentrasi blajar siswa, itu bisa digunakan oleh guru ketika mengajar dan mengalami masalah siswa yang kurang berkonsentrasi. Karena tujuan guru bukan hanya sekedar menyampaikan materi saja melainkan agar siswa dapat menikmati dan berkonsentrasi  disaat materi yang disampaikan

References

Adi Soenarno. Ice Breaking Permainan Atraktif-Edukatif. Yogyakarta: Andi Offset, 2005.

Bahri Djamarah, Syaiful. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Hamalik, Oemar. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru, 1992.

Made, Wena. Strategi Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Muhibin Syah. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1995.

Novan Ardy Wiyani. Desain Pembelajaran Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.

Republik Indonesia. Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Surabaya: Media Centre, 2005.

Sunarto. Ice Breaker dalam Pembelajaran Aktif. Surakarta: Cakrawala Media, 2012.

Sunarto. Ice Breaker dalam Pembelajaran Aktif. Surakarta: Yuman Pressindo, 2012.

Slamet Windarto. 99 Ice Breaking untuk Layanan Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Paramita Publishing, 2018.

Slamet Windarto. 99 Ice Breaking untuk Layanan Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Pramita Publishing, 2018.

Winkel, W.S. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia, 1983

Downloads

Published

2025-08-11

How to Cite

Mukhamad Abdissalam, & Evita Widiyati. (2025). KONSEP ICE BREAKING DALAM MENINGKATKAN DAYA KONSENTRASI BELAJAR SISWA PERSPEKTIF SUNARTO. JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA, 3(5), 235–240. https://doi.org/10.61722/jipm.v3i5.1341

Issue

Section

##section.default.title##