ANALISIS PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP POLA PERGAULAN SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 09 KAYU AGUNG

Authors

  • Noor Hidayah UIN Raden Fatah Palembang
  • Sindy Febrianti UIN Raden Fatah Palembang
  • Nanda Enita Virgianti UIN Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.61722/jipm.v2i3.48

Keywords:

Elementary School, School Environment, Social Patterns

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lingkungan sekolah terhadap pola sosial siswa di SD Negeri 09 Kayu Agung. Lingkungan sekolah meliputi aspek fisik, sosial, dan budaya yang secara signifikan mempengaruhi interaksi dan hubungan sosial antar siswa. Teori-teori seperti Teori Ekologi Bronfenbrenner, Teori Belajar Sosial Bandura, Teori Keterikatan Bowlby, dan Teori Iklim Sekolah memberikan kerangka kerja konseptual yang kuat untuk memahami dinamika ini. Studi menunjukkan bahwa kondisi fisik sekolah, budaya yang diterapkan, kualitas pengajaran, dan kegiatan ekstrakurikuler memainkan peran penting dalam membentuk perilaku sosial siswa. Hasil analisis mengkonfirmasi bahwa lingkungan sekolah yang positif dapat mendorong perkembangan pola sosial yang sehat, sedangkan lingkungan yang negatif dapat memicu perilaku menyimpang. Dengan demikian, penting bagi sekolah untuk menciptakan lingkungan yang mendukung agar terbentuk perilaku sosial siswa yang konstruktif dan produktif. Penelitian ini memberikan rekomendasi praktis untuk meningkatkan infrastruktur, mengembangkan budaya sekolah inklusif, pelatihan guru, dan mengelola kelompok sebaya untuk mencapai tujuan tersebut.

References

Dalyono. M. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Firdaus Faisal M. 2022. Pengaruh Lingkungan Pergaulan dan Disiplin Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak MA Yapmi Dumai. Jurnal Tafidu; Vol. 1 No. 1

Syafriani, A. (2017). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Pola Pergaulan Siswa di SMP Negeri 1 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 22(2), 45-58.

Nurhayati, S. (2019). Budaya Sekolah dan Perilaku Sosial Siswa: Studi Kasus di SMA Negeri 3 Jakarta. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 11(1), 72-85.

Handayani, W. (2020). Dampak Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Pola Pergaulan Siswa di SMA Negeri 5 Surabaya. Jurnal Pendidikan Indonesia, 29(3), 120-135.

Downloads

Published

2024-05-20

How to Cite

Noor Hidayah, Sindy Febrianti, & Nanda Enita Virgianti. (2024). ANALISIS PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP POLA PERGAULAN SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 09 KAYU AGUNG. JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA, 2(3), 26–32. https://doi.org/10.61722/jipm.v2i3.48

Issue

Section

##section.default.title##