Perilaku Anak Dengan Autisme Usia 8 tahun Di YPAC Palembang

Authors

  • Reva Septiana Universitas Sriwijaya
  • Lara Juita Universitas Sriwijaya
  • Fidella Hannami Putri Universitas Sriwijaya
  • Msy. Nurhaliza Mustika Maya Puteri Universitas Sriwijaya
  • Yuni Dwi Suryani Universitas Sriwijaya
  • Dara Zulaiha Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.61722/jipm.v3i2.833

Keywords:

Child behavior, autism, 8 years old, YPAC Palembang.

Abstract

Gangguan Spektrum Autisme (GSA) adalah kondisi neurodevelopmental yang memengaruhi kemampuan individu dalam berkomunikasi, berinteraksi sosial, dan menunjukkan perilaku serta minat yang terbatas dan repetitif. Penelitian ini bertujuan untuk memahami perilaku anak dengan gangguan spektrum autisme dalam konteks pembelajaran di lingkungan sekolah inklusif. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus, yang memungkinkan peneliti untuk mengeksplorasi secara mendalam fenomena perilaku khas yang ditampilkan oleh seorang anak dengan autisme. Subjek penelitian adalah seorang anak berusia 8 tahun yang mengikuti pembelajaran di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Palembang, serta satu orang guru pendamping. Lokasi penelitian berada di Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Sako, Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, dan pelaksanaannya dilakukan pada bulan Maret 2025. Teknik pengumpulan data meliputi observasi langsung, wawancara mendalam dengan guru, serta dokumentasi menggunakan perangkat kamera untuk merekam aktivitas anak selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan adanya pola perilaku yang khas pada anak dengan autisme, antara lain minat yang terbatas dan intens terhadap kegiatan visual, perilaku echolalia (sering membeo ucapan orang lain), serta kesulitan dalam membangun interaksi sosial, seperti menjauh atau menghindar saat didekati oleh orang lain. Pola-pola perilaku ini menunjukkan bahwa anak lebih merespons stimulus visual dibandingkan interaksi verbal atau sosial. Temuan ini memperkuat pemahaman bahwa anak dengan autisme membutuhkan pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik unik mereka, terutama dalam aspek komunikasi dan interaksi. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif di sekolah inklusif, serta menjadi referensi bagi guru, terapis, dan orang tua dalam memberikan dukungan yang tepat bagi anak dengan gangguan spektrum autisme.

 

References

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., & Chotimah, O. (2022). METODE PENELITIAN KUALITATIF STUDI PUSTAKA. 6(1), 974–980.

Alfina, A., Delfianti, S., Syfa, P., & Hijriati, H. (2024). Analisis Permasalahan Anak Autisme Di PAUD Harsya Ceria. Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 5(2), 107–117. https://doi.org/10.59059/tarim.v5i2.1261

Armanila, Lestari, S. I., Indah, & Veryawan. (2023). Perilaku Anak Autis : Perkembangan Dan Penangan. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(1), 150–155. https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.1980

Blackburn, C., Tueres, M., Sandanayake, N., Roberts, J., & Sutherland, R. (2023). A systematic review of interventions for echolalia in autistic children. International Journal of Language and Communication Disorders, 58(6), 1977–1993. https://doi.org/10.1111/1460-6984.12931

Cahyani, F., Yuliana, B. D., & Fatmawati. (2025). Jurnal Pendidikan Inklusif HUBUNGAN PSIKOLINGUISTIK DALAM PROSES. Jurnal Pendidikan Inklusif, 9(1), 65–75.

Fatihah, N. S. (2024). Jurnal Kesehatan dan Teknologi Medis. Kesehatan Dan Teknologi Medis, 8(2), 21–25.

Fatmah, I. F., & Satiningsih, S. (2024). Kemandirian Anak Autisme. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 11(3), 1475–1488.

Holden, R., Mueller, J., McGowan, J., Sanyal, J., Kikoler, M., Simonoff, E., Velupillai, S., & Downs, J. (2020). Investigating Bullying as a Predictor of Suicidality in a Clinical Sample of Adolescents with Autism Spectrum Disorder. Autism Research, 13(6), 988–997. https://doi.org/10.1002/aur.2292

Ilmiah, A. N., & Cahyanti, I. Y. (2025). Penggunaan Teknik Modeling Flashcard untuk Meningkatkan Kemampuan Toilet Training pada Anak dengan Spektrum Autisme. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 8(3), 2734–2741.

Maharani, R. Z., Nursahida, R., Oktari, S. S., & Azzahra, O. D. A. (2025). LITERATURE REVIEW: THE EFFECTIVENESS OF BEHAVIORAL INTERVENTIONS IN REDUCING TANTRUMS IN CHILDREN WITH AUTISM DISORDER. Jurnal Orthopaedagogia, 3(1), 1–23.

Nisak, N. H., & Harsiwi, N. E. (2024). Analisis Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus Jenis Autisme Pada Sekolah Inklusif. ALENA : Journal of Elementary Education, 2(2), 160–169. https://doi.org/10.59638/jee.v2i2.210

Nurfadhillah, S., Nur Syariah, E., Mahromiyati, M., Nurkamilah, S., Anggestin, T., Ashabul Humayah Manjaya, R., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2021). Analisis Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus (Autisme) Di Sekolah Inklusi Sdn Cipondoh 3 Kota. BINTANG : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(3), 459–465. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Oktavia, M., & Junita Sari, M. (2024). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus dengan Anak Autis. Educational Journal of Innovation and Publication (EJIP), 3(1), 64–75. https://scholar.google.com/

Shalehah, N., Suminar, T., & Diana, D. (2023). Strategi Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Autistic Spectrum Disorder (ASD). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5757–5766. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5287

Yolanda, W., & Mukhlis, M. (2021). Gaya Belajar Siswa Autis di Sekolah Luar Biasa Negeri Pembina Pekanbaru. J-LELC: Journal of Language Education, Linguistics, and Culture, 1(3), 30–35. https://doi.org/10.25299/j-lelc.2021.7768

Yuswatingsih, E. (2021). KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL PADA ANAK AUTIS. HOSPITAL MAJAPAHIT, 13(2), 40–48.

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Reva Septiana, Lara Juita, Fidella Hannami Putri, Mustika Maya Puteri, M. N., Yuni Dwi Suryani, & Dara Zulaiha. (2025). Perilaku Anak Dengan Autisme Usia 8 tahun Di YPAC Palembang. JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA, 3(2), 322–330. https://doi.org/10.61722/jipm.v3i2.833

Issue

Section

##section.default.title##

Most read articles by the same author(s)