STRATEGI PENGELOLAAN KELAS HUMANIS DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SEKOLAH MENEGAH ATAS

Authors

  • Siti Nur Fajriah Abdul Hadi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Astuti Darmiyanti Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.61722/jipm.v3i4.1040

Keywords:

humanistic classroom management, learning strategies, teacher roles, inclusive learning environment

Abstract

Artikel ini mengkaji penerapan strategi pengelolaan kelas humanistik dalam proses belajar mengajar di tingkat sekolah menengah atas. Pendekatan humanistik menempatkan siswa sebagai agen aktif belajar dengan menekankan penghargaan terhadap potensi individu, kebutuhan emosional, dan interaksi sosial yang sehat. Guru bertindak sebagai fasilitator yang berempati dan reflektif yang mampu menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan mendukung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui penelitian kepustakaan untuk mengeksplorasi teori dan praktik manajemen kelas humanistik yang relevan. Temuan menunjukkan bahwa strategi seperti menumbuhkan budaya kelas yang mendukung, menerapkan disiplin berbasis kesepakatan, menggunakan metode pembelajaran partisipatif, dan menerapkan supervisi akademik kolaboratif berkontribusi signifikan terhadap efektivitas dan efisiensi pembelajaran sekaligus membentuk karakter siswa. Temuan ini menyoroti pentingnya penguatan kompetensi guru dalam menerapkan pendekatan humanistik sebagai pilar landasan peningkatan mutu pendidikan di tingkat sekolah menengah atas.

References

Alfiyanti, D., & Andriani, D. V. (2024). Penerapan Pendekatan Humanistik dalam Pengelolaan Kelas untuk Mendorong Pembelajaran Inklusif. 1(1), 17–29.

Amalia, H. (2019). Penerapan Manajemen Kelas Sebagai Upaya Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 8(2), 150–173. http://ejournal.inismupacitan.ac.id/index.php/tajdid/article/view/160/61

Darmalaksmana, W. (2020). Menulis artikel cepat meskipun tidak suka menulis. Kelas Menulis UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1.

Elmi Masfufah, Erna Sari, Asshofarul Munafi’ah, & Heny Kusmawati. (2023). Strategi Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Proses Dan Hasil Pembelajaran Yang Efektif Dan Efisien. Journal of Student Research, 1(1), 215–230. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.981

Fatha Pringgar, R., & Sujatmiko, B. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) Modul Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Pembelajaran Siswa. Jurnal IT-EDU, 05(01), 317–329.

Habibah, U. (2023). Kajian pustaka dalam penelitian pendidikan. EL WAHDAH, 4(1), 15–23.

Indriani, N., & Hasanah, T. F. (2023). Konsep Manajemen Kelas Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Journal Educational Management Reviews and Research, 2(01), 57–70. https://doi.org/10.56406/emrr.v2i01.386

Lestari, M. (2024). Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Kecerdasan Spritual Siswa Melalui Pendekatan Humanistik. 9, 3108–3116.

Putriyani, P., Khairunnisa, F. N., Meida, T., & Agianisa, K. (2025). DAMPAK PENERAPAN ATURAN KELAS TERHADAP KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN Universitas Singaperbangsa Karawang. 4(2), 233–245.

Sabar Aulia Rahman, Nurlizawati, Permata, B. D., & Gusmira Wita. (2024). Efektivitas Implementasi Moving Class Pada Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 4 Bukittinggi. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 2801–2814. https://doi.org/10.58230/27454312.770

Suwarni, S., & Haryono, M. (2024). Manajemen Pengelolaan Kelas Pada Satuan PAUD SINAR PAGI Desa Maras Tengah Kabupaten Seluma. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 12(1), 216. https://doi.org/10.33394/vis.v12i1.11086

Tanjung, W. K., & Siahaan, A. (2025). Respon Guru dalam Aktivitas Supervisi Kepala Sekolah di Sekolah Menengah Pertama. 14(2), 2609–2618.

Tanjung, W. U., & Namora, D. (2022). Kreativitas Guru dalam Mengelola Kelas untuk Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(1), 199–217. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).9796

Umam, C., & Ferianto, F. (2023). Model Pendekatan Humanistik Dalam Pengelolaan Kelas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam SDN Palumbonsari 1. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 7(2), 336–344.

Downloads

Published

2025-06-04

How to Cite

Siti Nur Fajriah Abdul Hadi, & Astuti Darmiyanti. (2025). STRATEGI PENGELOLAAN KELAS HUMANIS DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SEKOLAH MENEGAH ATAS. JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA, 3(4), 52–60. https://doi.org/10.61722/jipm.v3i4.1040

Issue

Section

##section.default.title##