DARI HUKUMAN KE PEMBINAAN: MENERAPKAN MODEL PENGELOLAAN KELAS YANG EFEKTIF UNTUK ANAK YANG MENANTANG

Authors

  • Alysa Nirmala Cita Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Astuti Darmiyanti Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.61722/jipm.v3i4.1061

Keywords:

classroom management, reward, punishment, challenging children, coaching.

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam perbandingan antara pendekatan pengelolaan kelas berbasis hukuman (punishment) dan pendekatan berbasis pembinaan melalui penghargaan (reward) dalam menangani siswa dengan perilaku menantang. Fokus utama penelitian adalah bagaimana model reward dapat menjadi alternatif yang lebih efektif dalam membangun kedisiplinan dan motivasi belajar siswa dibandingkan pendekatan hukuman fisik atau verbal. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan mengumpulkan dan menganalisis berbagai sumber referensi berupa jurnal, buku, laporan institusi pendidikan, serta data dari lembaga seperti KPAI dan UNICEF. Hasil studi menunjukkan bahwa hukuman fisik berdampak negatif terhadap perkembangan psikologis, akademik, dan sosial anak. Sebaliknya, penerapan reward secara proporsional dan konsisten mampu meningkatkan perilaku positif, partisipasi belajar, dan hubungan siswa-guru yang lebih sehat. Oleh karena itu, pendekatan pembinaan menjadi strategi pengelolaan kelas yang lebih manusiawi dan efektif dalam jangka panjang.

Kata kunci: manajemen kelas, reward, punishment, anak menantang, pembinaan.

References

Anisah, A., Sri Wulan, & Hikmah. (2023). Kemampuan Mengelola Kelas untuk Mengantisipasi Perilaku Bullying Melalui Model Manajemen Kelas Ramah Anak. PAUD: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 1–15. https://doi.org/10.47134/paud.v1i2.126:contentReference[oaicite:0]{index=0}

Buto, Z. A., & Hafifuddin. (2021). Strategi Mendisiplinkan Anak dalam Perspektif Praktisi dan Psikologi Anak. Saree: Research in Gender Studies, 3(1), 61–78. https://doi.org/10.47766/saree.v3i1.552:contentReference[oaicite:1]{index=1}

Erwinsyah, A. (2017). Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 87–89. http://journal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/saree:contentReference[oaicite:2]{index=2}

Fatekhah, K., Rahmawati, D., & Handayani, A. (2024). Tantangan dan Peluang Guru dalam Mengatasi Kemalasan Belajar Siswa di Era Digital. Tematik: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 3(1), 30–34. https://doi.org/10.57251/tem.v3i1.1402:contentReference[oaicite:3]{index=3}

Manik, W., Fauzi, A. A., Surya, A., Hanzhalah, M. H., Amin, A. K., & Marlianda, O. (2025). Memukul Anak dan Efeknya dalam Pembelajaran. Akhlak: Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Filsafat, 2(2), 389–401. https://doi.org/10.61132/akhlak.v2i2.696:contentReference[oaicite:4]{index=4}

Meriyati. (2015). Memahami Karakteristik Anak Didik. Bandar Lampung: Fakta Press. ISBN: 978-602-8534-67-3

Salsabil, A. Y., Salsabila, D., Hardiyanti, D. A., Nabila, I. M., & Wulandari, M. (2025). Analisis Kesulitan Belajar pada Anak dengan Gangguan Perkembangan Peserta Didik pada SMP Negeri 20 Surabaya. DIAJAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 146–153. https://doi.org/10.54259/diajar.v4i1.3619:contentReference[oaicite:6]{index=6}

Sutrisna, A. A., Ruswandi, D. N. A., Tambunan, P. S., Maysyarah, & Khairunnisa. (2024). Analisis Permasalahan Belajar pada Anak Sekolah Dasar. Journal on Educatio, 6(4), 20828–20834. http://jonedu.org/index.php/joe:contentReference[oaicite:7]{index=7}

Wati, A. R. Z., & Trihantoyo, S. (2023). Strategi Pengelolaan Kelas Unggulan dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal JPFA, 6(2), 46–47. [PDF]

Downloads

Published

2025-06-11

How to Cite

Alysa Nirmala Cita, & Astuti Darmiyanti. (2025). DARI HUKUMAN KE PEMBINAAN: MENERAPKAN MODEL PENGELOLAAN KELAS YANG EFEKTIF UNTUK ANAK YANG MENANTANG. JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA, 3(4), 161–168. https://doi.org/10.61722/jipm.v3i4.1061

Issue

Section

##section.default.title##