Pengaruh Tata Letak Pembelajaran Latter U dan Penataan Tempat Duduk Siswa terhadap Pengelolaan Kelas di Jenjang Sekolah Menengah Pertama
DOI:
https://doi.org/10.61722/jipm.v3i4.1052Keywords:
classroom layout, letter U, seating, classroom management, problematic studentsAbstract
Abstrak. Artikel ini mengkaji pengaruh tata letak ruang kelas berbentuk letter U dan strategi penataan tempat duduk terhadap pengelolaan siswa bermasalah di tingkat menengah pertama. Penataan ruang kelas dipandang sebagai bagian integral dari strategi manajemen kelas yang berkontribusi terhadap terciptanya lingkungan belajar yang kondusif. Tata letal later U memberikan keuntungan visual dan fisik dalam pengawasan, memungkinkan interaksi lebsih terbuka antara guru dan siswa, serta memperkuat kontrol terhadap dinamika kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode studi kasus untuk mendalami praktik penataan ruang dan dampaknya terhadap perilaku siswa. Temuan menunjukkan bahwa penempatan tempat duduk yang strategis, seperti menempatkan siswa bermasalah di dekat guru dan menjauh dari pemicu gangguan, mampu menurunkan intensitas perilaku penyimpang, meningkatkan fokus belajar, serta membangun hubungan interpersonal yang lebih positif. Artikel ini menekankan pentingnya kesadaran guru dalam merancang tata ruang sebagai bagian dari pendekatan pedagogis yang responsif terhadap kebutuhan siswa, khususnya dalam mengelola tantangan perilaku di kelas.
References
Al-Kansa, B. B., Agustini, S., & Pertiwi, P. I. (2023). Pengaruh Penataan Tempat Duduk Terhadap Keefektifan Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 683 –687
Brooks, D. C. (2012). Space and Consequences: The Impact of Different Formal Learning Spaces on
Instructor and Student Behavior. Journal of Learning Spaces, 1(2).
Darmalaksamana, W. (2020). Menulis artikel cepat meskipun tidak suka menulis, kelas Menulis UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1.
Egen, paul & Kauchak, Don. Strategi for Teachers Teaching Content and Thinking Skils. Pearson
Education, 2012
Emmer, E. T., & Evertson, C. M. (2016). Classroom Management of Middle and High School Teachers.
Person
Evertson, C. m., & Rmmer, E. T. (2013). Classroom Management for Middle and Hight School Teachers.
Pearson
Fatha Pringgar, R., & Sujatmiko, B. (2020). Penelitian Kapustakaan (Library Reserch) Modul Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Pembelajaran Siswa. Jurnal IT-EDU, 05(01), 317-329
Habibah, U. (2023). Kajian pustaka dalam penelitian pendidikan. EL WAHDAH, 4(1), 15 -23.
Hamalik, Oemar. Psikologi Belajar dan Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara, 2015 https://libjournal.uncg.edu/jls/article/view/285
Impelementasi penataan kelas formasi “U” dalam rangka meningkatkan motivasi dan interaksi belajar
siswa, Jurnal Serambi Mekah, 2024
Jones, V. f., & Jones, L. S. (2012). Comprehensive Communities of Support and Solving Problems. Person. Jones, V. F., & Jones, L. S. (2013) Comprehensive Classeoom Management: Creating Communities of
Support and Solving Problems. Pearson
Marzano, R. j. (2003). Classroom Management That Works: Reserch-Bsed Strategies for Every Teacher.
ASCD
Marzano, R. J., & Marzano, J. S. (2003). The Key to Classroom Management. Educational Leadership, 61(1), 6–13.
Mulyasa, e. (2013). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara Mulyasa, E. (2017). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara Mulyasa, E. (2017). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara
Nusa Group Furniture. (n.d.). Denah Tempat Duduk Kelas: Meningkatkan Efekticitas Pembelajaraan dengan Penataan yang Tepat. Diakses dari https://nusagroupfurniture.com/blog/denah- tempat-duduk-kelas/
Nusa Group Furniture. (n.d.). Denah Tempat Duduk Kelas: Meningkatkan Efekticitas Pembelajaraan dengan Penataan yang Tepat. Diakses dari https://nusagroupfurniture.com/blog/denah- tempat-duduk-kelas/
Oblinger, D. G. (2006). Learning Spaces. EDUCAUSE.https://www.educause.edu/research -and- publications/books/learning-spaces
Rands, M. L., & Gansemer-Topf, A. M. (2017). Op.cit
Safaruddin, Mardiyah, A., Dewi, R. S., & Almanawara, A. (2019). Pengaruh Penatan Posisi Tempat Duduk Terhadap ketahanan Duduk Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 85-94
Sari, N. (2023). Pengaruh Tata Letak Letter U dan Penataan Tempat Duduk terhadap Pengelolaan Siswa Bermasalah di SMP. Jurnal Nusantara Global, 5(2), 45-53
Strobel Education. (2023). Class Management & Seating Arrangements: 8 Creative Solutions. Retrieved from https://strobeleducation.com/blog/class-management-and -seatin g-arrangements/.
Suprijono, A. (2013). Pembelajaran Kooperatif: Teori & Apliasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Suprijono, A. (2013). Pembelajaran Kooperatif: Teori & Apliasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Suryosubroto, B. (2003). Manajemen Kelas, Jakarta: Rineka Cipta
Suyadi & Sutrisno. (2015). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya. Suyadi & Sutrisno. (2015). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Weinstein, Carol S., & Romano, Maryann M. Elementary Classroom Management: Lessons from Reserch and Practice. McGraw-Hill, 2014
Woolfolk, A. (2010). Educational Psycology (11 th ed.). pearson Woolfolk, A. (2016). Educational Psychology. Person.
Yuliandri, A., Abdul Karim, H., Aprison, W., & Rahmi, U. (2024). Pengaruh Penerapan Formasi Tempat Duduk Tipe U Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsM Lawang Tigo Balai. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 2(4), 8–14.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.