Pengaruh Tata Letak Pembelajaran Latter U dan Penataan Tempat Duduk Siswa terhadap Pengelolaan Kelas di Jenjang Sekolah Menengah Pertama

Authors

  • Suci Rahmayany Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Astuti Darmiyanti Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.61722/jipm.v3i4.1052

Keywords:

classroom layout, letter U, seating, classroom management, problematic students

Abstract

Abstrak. Artikel ini mengkaji pengaruh tata letak ruang kelas berbentuk letter U dan strategi penataan tempat duduk terhadap pengelolaan siswa bermasalah di tingkat menengah pertama. Penataan ruang kelas dipandang sebagai bagian integral dari strategi manajemen kelas yang berkontribusi terhadap terciptanya lingkungan belajar yang kondusif. Tata letal later U memberikan keuntungan visual dan fisik dalam pengawasan, memungkinkan interaksi lebsih terbuka antara guru dan siswa, serta memperkuat kontrol terhadap dinamika kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode studi kasus untuk mendalami praktik penataan ruang dan dampaknya terhadap perilaku siswa. Temuan menunjukkan bahwa penempatan tempat duduk yang strategis, seperti menempatkan siswa bermasalah di dekat guru dan menjauh dari pemicu gangguan, mampu menurunkan intensitas perilaku penyimpang, meningkatkan fokus belajar, serta membangun hubungan interpersonal yang lebih positif. Artikel ini menekankan pentingnya kesadaran guru dalam merancang tata ruang sebagai bagian dari pendekatan pedagogis yang responsif terhadap kebutuhan siswa, khususnya dalam mengelola tantangan perilaku di kelas.

References

Al-Kansa, B. B., Agustini, S., & Pertiwi, P. I. (2023). Pengaruh Penataan Tempat Duduk Terhadap Keefektifan Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 683 –687

Brooks, D. C. (2012). Space and Consequences: The Impact of Different Formal Learning Spaces on

Instructor and Student Behavior. Journal of Learning Spaces, 1(2).

Darmalaksamana, W. (2020). Menulis artikel cepat meskipun tidak suka menulis, kelas Menulis UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1.

Egen, paul & Kauchak, Don. Strategi for Teachers Teaching Content and Thinking Skils. Pearson

Education, 2012

Emmer, E. T., & Evertson, C. M. (2016). Classroom Management of Middle and High School Teachers.

Person

Evertson, C. m., & Rmmer, E. T. (2013). Classroom Management for Middle and Hight School Teachers.

Pearson

Fatha Pringgar, R., & Sujatmiko, B. (2020). Penelitian Kapustakaan (Library Reserch) Modul Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Pembelajaran Siswa. Jurnal IT-EDU, 05(01), 317-329

Habibah, U. (2023). Kajian pustaka dalam penelitian pendidikan. EL WAHDAH, 4(1), 15 -23.

Hamalik, Oemar. Psikologi Belajar dan Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara, 2015 https://libjournal.uncg.edu/jls/article/view/285

Impelementasi penataan kelas formasi “U” dalam rangka meningkatkan motivasi dan interaksi belajar

siswa, Jurnal Serambi Mekah, 2024

Jones, V. f., & Jones, L. S. (2012). Comprehensive Communities of Support and Solving Problems. Person. Jones, V. F., & Jones, L. S. (2013) Comprehensive Classeoom Management: Creating Communities of

Support and Solving Problems. Pearson

Marzano, R. j. (2003). Classroom Management That Works: Reserch-Bsed Strategies for Every Teacher.

ASCD

Marzano, R. J., & Marzano, J. S. (2003). The Key to Classroom Management. Educational Leadership, 61(1), 6–13.

Mulyasa, e. (2013). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara Mulyasa, E. (2017). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara Mulyasa, E. (2017). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara

Nusa Group Furniture. (n.d.). Denah Tempat Duduk Kelas: Meningkatkan Efekticitas Pembelajaraan dengan Penataan yang Tepat. Diakses dari https://nusagroupfurniture.com/blog/denah- tempat-duduk-kelas/

Nusa Group Furniture. (n.d.). Denah Tempat Duduk Kelas: Meningkatkan Efekticitas Pembelajaraan dengan Penataan yang Tepat. Diakses dari https://nusagroupfurniture.com/blog/denah- tempat-duduk-kelas/

Oblinger, D. G. (2006). Learning Spaces. EDUCAUSE.https://www.educause.edu/research -and- publications/books/learning-spaces

Rands, M. L., & Gansemer-Topf, A. M. (2017). Op.cit

Safaruddin, Mardiyah, A., Dewi, R. S., & Almanawara, A. (2019). Pengaruh Penatan Posisi Tempat Duduk Terhadap ketahanan Duduk Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 85-94

Sari, N. (2023). Pengaruh Tata Letak Letter U dan Penataan Tempat Duduk terhadap Pengelolaan Siswa Bermasalah di SMP. Jurnal Nusantara Global, 5(2), 45-53

Strobel Education. (2023). Class Management & Seating Arrangements: 8 Creative Solutions. Retrieved from https://strobeleducation.com/blog/class-management-and -seatin g-arrangements/.

Suprijono, A. (2013). Pembelajaran Kooperatif: Teori & Apliasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Suprijono, A. (2013). Pembelajaran Kooperatif: Teori & Apliasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Suryosubroto, B. (2003). Manajemen Kelas, Jakarta: Rineka Cipta

Suyadi & Sutrisno. (2015). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya. Suyadi & Sutrisno. (2015). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Weinstein, Carol S., & Romano, Maryann M. Elementary Classroom Management: Lessons from Reserch and Practice. McGraw-Hill, 2014

Woolfolk, A. (2010). Educational Psycology (11 th ed.). pearson Woolfolk, A. (2016). Educational Psychology. Person.

Yuliandri, A., Abdul Karim, H., Aprison, W., & Rahmi, U. (2024). Pengaruh Penerapan Formasi Tempat Duduk Tipe U Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsM Lawang Tigo Balai. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 2(4), 8–14.

Downloads

Published

2025-06-09

How to Cite

Suci Rahmayany, & Astuti Darmiyanti. (2025). Pengaruh Tata Letak Pembelajaran Latter U dan Penataan Tempat Duduk Siswa terhadap Pengelolaan Kelas di Jenjang Sekolah Menengah Pertama. JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA, 3(4), 96–105. https://doi.org/10.61722/jipm.v3i4.1052

Issue

Section

##section.default.title##