Strategi Pemasaran Digital Dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm)

Authors

  • Maylaffayzza Rahma Asyiffa UIN Prof.K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Wahab Abdul Rozak UIN Prof.K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Rahmini Hadi UIN Prof.K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.61722/jipm.v3i4.1140

Keywords:

MSMEs, digital marketing strategy, digital transformation, competitiveness, digital literacy

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah merevolusi cara pelaku usaha menjangkau pasar, tidak terkecuali pada sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia (KemenkopUKM, 2024). Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi pemasaran digital yang dapat diadopsi oleh UMKM dalam menghadapi era transformasi digital yang kompetitif. Dengan menggunakan metode studi pustaka dan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini merangkum berbagai pendekatan pemasaran digital mulai dari penggunaan media sosial, strategi optimalisasi mesin pencari (SEO), pemasaran berbasis konten, hingga pemanfaatan platform e-commerce. Temuan menunjukkan bahwa integrasi strategi digital secara sistematis dapat meningkatkan eksistensi merek, menjangkau pasar yang lebih luas, serta meningkatkan efisiensi operasional dan hubungan pelanggan. Namun demikian, tantangan besar masih dihadapi, terutama dalam aspek literasi digital, keterbatasan infrastruktur, dan minimnya dukungan kebijakan adaptif. Penelitian ini menegaskan pentingnya kolaborasi antara pemerintah, lembaga pendidikan, komunitas digital, dan pelaku UMKM itu sendiri dalam membangun ekosistem pemasaran digital yang inklusif dan berkelanjutan (UNDP, 2023).

 

Kata kunci: UMKM, strategi pemasaran digital, transformasi digital, daya saing, literasi digital

References

Ariyani, N., & Fauzi, A. (2023). Transformasi Pariwisata Pedesaan di Jateng. Sustainability, 15(3), 2592. https://doi.org/10.3390/su15032592

Badan Pusat Statistik. (2023). Statistik UMKM Indonesia 2023. Jakarta: BPS.

Braun, V., & Clarke, V. (2019). Reflecting on reflexive thematic analysis. Qualitative Research in Sport, Exercise and Health, 11(4), 589–597. https://doi.org/10.1080/2159676X.2019.1628806

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital Marketing (7th ed.). Pearson Education Limited.

Detik.com. (2024). Infrastruktur Wisata Baturraden Masih Perlu Perbaikan. Detik Travel.

Dwivedi, Y. K., Hughes, D. L., Coombs, C., Constantiou, I., Duan, Y., Edwards, J. S., ... & Upadhyay, N. (2021). Contextualizing the role of digital technologies in innovation management in SMEs: A review and research agenda. International Journal of Information Management, 60, 102375. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2021.102375

Firdaus, A. R., Vynatria, A. D., Husna, S. L., Alfareza, M. F. N., & Hidayah, A. A. (2024). Ekonomi Kreatif Sebagai Lokomotif Baru Perekonomian Indonesia Menuju Indonesia Yang Maju. MANABIS: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(2), 44–52. https://doi.org/10.54259/manabis.v3i2.2518

Jakarta Post. (2023). Creative SMEs Struggle Without Digital Access. The Jakarta Post, 17 Januari.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (2023). Laporan Transformasi Digital UMKM Kreatif. Jakarta: Kemenparekraf.

Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2021). Marketing 5.0: Technology for Humanity. Wiley.

Mere, K., Hery Santoso, M., Utami Rahmawati, H., & Harahap, M. A. K. (2023). Peran Ekonomi Kreatif Dalam Menggerakkan Pertumbuhan Ekonomi Lokal. Community Development Journal, 4(6), 12324–12329.

OECD. (2023). Culture and Local Development: Maximizing Impact. Paris: OECD Publishing.

Oktaviani, D. (2023). Strategi Digital Branding UMKM melalui Website Mandiri. Jurnal Digital Business, 5(1), 15–27.

Republika. (2024). Pemerintah Diminta Segera Sah-kan Perda Ekonomi Kreatif Daerah. Republika Online.

Suparta, I. W. (2019). Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif untuk Mendorong Perekonomian Lokal. Prosiding Penelitian, 164.

Tan, S. Y., & Taeihagh, A. (2020). Smart City Governance in Developing Countries: A Systematic Literature Review. Sustainability, 12(3), 899. https://doi.org/10.3390/su12030899

UNCTAD. (2024). Creative Economy Outlook 2024. Geneva: United Nations.

UNDP. (2023). Inclusive Creative Economy for Local Communities. New York: UNDP Report.

UNESCO. (2023). Culture 2030 Indicators: Measuring Impact. Paris: UNESCO.

UNESCO. (2023). Digital Transformation and Inclusive Growth in Southeast Asia. Paris: UNESCO Publishing.

World Bank. (2024). Indonesia’s Tourism and Creative Economy Outlook. Washington, DC: World Bank Group.

Downloads

Published

2025-06-23

How to Cite

Rahma Asyiffa, M., Abdul Rozak, W., & Hadi, R. (2025). Strategi Pemasaran Digital Dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm). JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA, 3(4), 584–591. https://doi.org/10.61722/jipm.v3i4.1140

Issue

Section

##section.default.title##