Efektivitas Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Authors

  • Naailaah Anggya Putri Universitas Negeri Jakarta
  • Aqila Hasna Yunia Universitas Negeri Jakarta
  • Suyuti Suyuti Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.61722/jipm.v3i4.1142

Keywords:

Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Pembelajaran Berbasis Masalah

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kompetensi penting yang perlu dimiliki oleh siswa dalam menghadapi tantangan di era modern. Untuk mengembangkan kemampuan ini, diperlukan model pembelajaran yang mampu merangsang cara berpikir siswa secara lebih mendalam. Salah satu pendekatan yang dinilai efektif adalah Problem Based Learning (PBL), di mana siswa diajak untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran melalui pemecahan berbagai masalah yang autentik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih jauh bagaimana pengaruh penerapan model PBL terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah literature review, dengan mengumpulkan dan menganalisis berbagai referensi dari sumber-sumber terpercaya, seperti Google Scholar dan beberapa jurnal ilmiah terkait. Hasil kajian menunjukkan bahwa penerapan model PBL terbukti mampu meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan, khususnya dalam hal pengembangan kemampuan berpikir kritis. PBL memberikan ruang bagi siswa untuk mengeksplorasi berbagai solusi, mengasah kreativitas, serta membangun kerja sama tim. Dengan menghadirkan permasalahan nyata dalam proses pembelajaran, PBL mendorong siswa untuk berpikir secara lebih reflektif, logis, dan analitis. Temuan ini memperkuat bukti bahwa PBL merupakan salah satu pendekatan yang sangat efektif dalam mendukung pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa di berbagai jenjang pendidikan.

References

Fadhilatun Ni’mah, S. A. (2023). Efektivitas Model Problem-Based LearningTerhadap Berpikir Kritis dengan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Peserta Didik SMKN1 Cerme. Jurnal Pendidikan Matematika, 212-221.

Florentinus Susanto, G. S. (2023). Efektivitas Model Problem Based Lerningdan Problem Solvinguntuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran IPAS. Basicedu, 3646 -3653.

Hidayatussakinah, I. M. (2021). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN. BIOLEARNING JOURNAL, 2406-8241.

Islamiyah Nur Hidayati, C. I. (2024). Penerapan Metode Problem Based Learning dalam Meningkatkan. Journal of Instructional and Development Researches, 540-550.

Muhammad Habib Ramadhani, C. Y. (2020). EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNINGBERSASIS METAKOGNITIF TERHADAPKEMAMPUANBERPIKIR KRITIS MATEMATIS. Jurnal Pendidikan Matematika, 1064-1071.

Rahardhian, A. (2022). Kajian Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thinking Skill). Filsafat Indonesia, 2620-7990.

Resti Ardianti, E. S. (2685-7723). Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. Journal for Physics Education and Applied Physics, 2021.

Widya Hestiningtyas, Y. R. (2021). Problem Based Learning Model Analysis in Improving Student’s Critical Thinking Ability. Economic Education Analysis Journal, 543-553.

Downloads

Published

2025-06-23

How to Cite

Anggya Putri, N., Aqila Hasna Yunia, & Suyuti Suyuti. (2025). Efektivitas Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA, 3(4), 592–602. https://doi.org/10.61722/jipm.v3i4.1142

Issue

Section

##section.default.title##