Konstruksi Identitas Seksual Melalui Pengalaman Interaksi dengan Keluarga
DOI:
https://doi.org/10.61722/jipm.v3i4.1152Abstract
Penelitian ini membahas bagaimana identitas seksual seseorang terbentuk melalui pengalaman interaksi dengan keluarga. Fokus utamanya adalah bagaimana nilai, pola asuh, dan cara komunikasi dalam keluarga berdampak pada proses individu dalam mengenal dan menjalani identitas seksualnya. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus terhadap dua informan pria yang memiliki orientasi seksual non heteronormatif. Data diperoleh melalui wawancara mendalam. Hasilnya menunjukkan bahwa keluarga berperan besar dalam proses konstruksi identitas seksual. Hubungan emosional dengan orang tua, khususnya ayah sangat berdampak kepada cara individu menafsirkan dan mengekspresikan diri. Ketika keluarga memberi ruang aman dan dukungan emosional, individu cenderung lebih mudah menerima dirinya. Sebaliknya, tekanan norma gender dan komunikasi yang kaku justru memperkuat konflik batin dan membuat individu menutup diri. Penelitian ini menegaskan bahwa identitas seksual bukan hanya bawaan biologis, tapi dibentuk dari relasi sosial dan pengalaman emosional sehari- hari terutama dalam lingkup keluarga.
References
Akmal, M. M.,, Mubarok, D., Izzul, I. (2024). Ketuhanan Googlisme Dalam Masyarakat Virtual: Studi Kasus NRM Melalui Teori Konstruksi Sosial Peter L. Berger. Yogyakarta: Zarathustra.
Barutu, P., Hendriks, A. C., Hutagalung, S., (2021). Analisis Pengaruh Pendidikan Keluarga dan Lingkungan Sosial Terbentuknya Identitas LGBT. In Copyright©. https://www.batamnews.co.id/berita-39230-modus-komunitas-lgbt-di-batam-yang-
Byrd, A. D., (2015). ARTICLE HOMOSEXUALITY: INNATE AND IMMUTABLE? WHAT SCIENCE CAN AND CANNOT SAY. https://digitalcommons.liberty.edu/lu_law_review/vol4/iss3/4
Cass, V. C. (1979). Homosexual identity formation: A theoretical model. Journal of homosexuality, 4(3), 219-235.
Hall, W. J., Dawes, H. C., & Plocek, N. (2021). Sexual orientation identity development milestones among lesbian, gay, bisexual, and queer people: A systematic review and meta-analysis. Frontiers in psychology, 12, 753954.
He, M. (2024). Non-traditional Gender Role Parents on the LGBTQ+ Community in Chengdu, China: A Cultural and Psychosocial Examination. Lecture Notes in Education Psychology and Public Media, 33, 24-29.
Kumara, Agus Ria. “BIMBINGAN KELOMPOK, PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN” (2018). hlm 8-9.
Nurmiati, S. (2024). CHARACTERISTICS OF RESPONDENTS IN COMPLETING THE QUESTIONNAIRE ON BARRIERS TO THE USE OF E-LEARNING. Rusli Incomtech, 13(2). hlm 37
Oktrianda, M. I. A., Santoso, P. Y., & Damayanti, N. (2025). ANALISIS FENOMENA GAY DAR DALAM KOMUNIKASI NON VERBAL PADA REPRESENTASI DIRI KAUM GAY DI JAKARTA. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial dan Humaniora, 9(1), 445-455.
Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446–452. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.787. hlm 449
Rahmawati, A., Halimah, N., Karmawan, K., & Setiawan, A. A. (2024). Optimalisasi Teknik Wawancara Dalam Penelitian Field Research Melalui Pelatihan Berbasis Participatory Action Research Pada Mahasiswa Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 4(2), 135–142. https://doi.org/10.37640/japd.v4i2.2100. hlm 136
Roriska, A. K., & Kuntari, S. (2025). Peran Keluarga Dalam Pembentukan Identitas Gender Pada Mahasiswa Pendidikan Sosiologi UNTIRTA. https://doi.org/10.37817/ikraith-humaniora.v9i2
Risnita, R. (2024). Pendekatan Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Tahapan Penelitian. Jurnal Genta Mulia, 15(1), 87. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm
Sary, K., Maulidina, R., Yuniar, R., & Putri, S. U. (2023). Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Membentuk Identitas Gender. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 1(5). hlm 503-504. https://ojs.daarulhuda.or.id/index.php/Socius/article/view/128
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.